Blog

BAGIKAN

Tips dan Trik Mengembangkan Karier di Komik Webtoon

webtoon

Ketika mendengar kata “komik,” pikiran saya segera tertuju pada gambar-gambar naratif berurutan yang menggambarkan cerita atau situasi. Komik adalah bentuk media visual yang menggabungkan ilustrasi, teks, dan panel-panel berurutan untuk menyampaikan cerita, pesan, atau humor. 

Komik dapat menghadirkan berbagai genre, seperti petualangan, fantasi, superhero, drama, atau komedi. Keunikan komik terletak pada kemampuannya menggabungkan elemen gambar dan kata-kata untuk menciptakan pengalaman membaca yang unik dan memvisualisasikan dunia imajinatif di mata pembaca.

Sedangkan Webtoon adalah bentuk komik digital yang dirancang khusus untuk dibaca secara online melalui platform atau situs web tertentu. Berbeda dengan komik tradisional yang menggunakan panel-panel horizontal, webtoon umumnya memiliki panel-panel vertikal yang lebih panjang, sehingga pembaca dapat menggeser layar untuk membaca cerita dengan lancar. Fitur ini memungkinkan pengalaman membaca yang lebih interaktif dan kontinu.

Webtoon seringkali mengeksplorasi fitur-fitur kreatif digital seperti animasi sederhana, efek suara, dan interaksi dengan pembaca. Hal ini memungkinkan pembuat webtoon untuk menciptakan cerita yang lebih dinamis dan menarik perhatian audiens muda yang lebih terbiasa dengan konten digital.

Platform-platform webtoon populer seperti LINE Webtoon, Webtoon Canvas, dan Naver Webtoon telah menjadi tempat bagi ribuan kreator untuk mengunggah dan membagikan karya-karya mereka kepada masyarakat luas. Webtoon telah menjadi tren besar dalam industri komik digital, dengan berbagai genre dan cerita yang menarik berbagai jenis pembaca.

Komik dan webtoon adalah dua bentuk media visual naratif yang memiliki kesamaan, tetapi juga beberapa perbedaan penting:

komikus

Komik: 

  • Komik adalah bentuk media visual yang menggabungkan gambar dan teks dalam panel-panel berurutan untuk menceritakan cerita.
  • Biasanya, komik dicetak dalam format fisik atau diterbitkan dalam bentuk digital.
  • Setiap panel menggambarkan adegan atau momen tertentu dalam cerita, dengan teks dialog atau narasi yang mendampingi gambar.
  • Komik memiliki sejarah panjang dan beragam, dengan berbagai genre seperti petualangan, fantasi, drama, horor, dan komedi.
  • Komik bisa memiliki berbagai gaya seni dan tata letak, tergantung pada preferensi pembuat dan penerbit.

Webtoon:

  • Webtoon adalah format komik digital yang secara khusus dirancang untuk dibaca secara online, biasanya di platform atau situs web tertentu.
  • Webtoon cenderung memiliki panel-panel yang lebih panjang dan vertikal, sehingga memungkinkan pembaca menggeser layar untuk membaca cerita secara berkesinambungan.
  • Webtoon sering mengeksplorasi kebebasan kreatif dengan memanfaatkan fitur digital, seperti efek suara, animasi sederhana, dan interaksi.
  • Meskipun ada banyak genre yang sama seperti komik tradisional, webtoon juga mungkin lebih terbuka terhadap cerita-cerita alternatif dan eksperimental.
  • Popularitas webtoon telah tumbuh pesat, terutama di kalangan generasi muda yang lebih terbiasa dengan konten digital.

Dengan demikian, perbedaan utama antara komik dan webtoon terletak pada formatnya (cetak vs. digital), gaya presentasi (panel vertikal vs. berurutan), dan fitur-fitur kreatif yang dimungkinkan oleh media digital pada webtoon.

Apakah di antara kalian ada yang bercita-cita menjadi pembuat komik digital? Baru-baru ini, IDS mengadakan webinar dengan topik “Membangun Karier Sukses dalam Komik Webtoon”, yang dibawakan oleh Shelfy Inderasari. Ia adalah Artist Assistant di Webtoon dan juga merupakan alumni IDS jurusan Digital Animation & Games.

Setelah dimulai dengan kata pembukaan, Shelfy memulai sesi webinar dengan berbicara tentang minatnya dalam seni, terutama dalam menggambar yang sudah ia sukai sejak masa kecil. Meskipun pernah mengambil jurusan dan bekerja dalam bidang non kreatif, yang ternyata bukan minatnya, Shelfy akhirnya memutuskan untuk mengubah jalur karier sesuai minatnya. Inilah saat di mana ia menemukan tentang IDS dan kemudian resmi menjadi mahasiswa IDS pada tahun 2019.

Setelah tahap pengenalan dan berbagi pengalaman dari hobi hingga perjalanan kuliah di IDS serta kini bekerja di Webtoon, saatnya masuk pada inti materi yaitu menjelaskan langkah awal untuk membangun karier di dunia Webtoon. Apa saja langkah-langkahnya? Yuk simak penjelasannya.

cara mudah membuat komik di webtoon

Langkah awal untuk membangun karier di dunia Webtoon melibatkan serangkaian tindakan yang penting dan strategis. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diambil:

  1. Pemahaman tentang Webtoon: Memahami apa itu Webtoon, formatnya, tren saat ini, dan platform-platform terkait seperti LINE Webtoon atau platform lainnya.
  2. Pengembangan Bakat: Mengasah keterampilan dalam menggambar, ilustrasi, dan gaya seni yang unik. Pelajari teknik-teknik yang berhubungan dengan komik digital, termasuk penggunaan panel vertikal dan efek animasi.
  3. Penelitian Pasar: Mempelajari karya-karya populer di platform Webtoon untuk memahami jenis cerita, gaya visual, dan genre yang banyak diminati oleh pembaca.
  4. Pembuatan Karya Pertama: Membuat komik pertama dengan fokus pada kualitas visual dan narasi yang menarik. Hal ini dapat menjadi prototipe atau episode pendek untuk menunjukkan kemampuan kepada calon pembaca dan penerbit.
  5. Pilih Platform: Menentukan platform Webtoon yang sesuai untuk mengunggah karya kamu, seperti LINE Webtoon, Naver Webtoon, atau platform webtoon lain yang populer.
  6. Mengunggah Karya: Mengunggah episode pertama atau prototipe karya kamu ke platform yang dipilih. Pastikan untuk mengikuti pedoman dan persyaratan yang ditetapkan oleh platform.
  7. Promosi: Mempromosikan karya kamu melalui media sosial, blog, atau situs web pribadi. Gunakan jejaring sosial untuk membangun audiens dan menarik perhatian.
  8. Kontinuitas: Mempertahankan konsistensi dalam mengunggah episode baru secara teratur. Menjaga ritme pengunggahan akan membantu membangun basis pembaca yang setia.
  9. Interaksi dengan Pembaca: Terlibatlah dengan pembaca melalui komentar, umpan balik, dan tanggapan terhadap pertanyaan. Ini membangun hubungan yang lebih erat dengan audiens kamu.
  10. Pengembangan dan Peningkatan: Teruslah belajar dan mengembangkan keterampilan kamu dalam menggambar, menulis, dan merancang cerita. Ambil umpan balik dari pembaca dan terus tingkatkan kualitas karya kamu.
  11. Eksplorasi Kolaborasi: Pertimbangkan untuk bekerja sama dengan penulis, ilustrator, atau profesional lain untuk memperluas karya dan menciptakan proyek bersama yang lebih besar.
  12. Pemasaran dan Kemitraan: Ketika karya kamu mulai dikenal, kamu bisa menjajaki peluang kerjasama atau kemitraan dengan penerbit atau platform yang lebih besar.

Langkah-langkah ini membantu membangun fondasi yang kuat untuk karier dalam industri Webtoon. Disiplin, dedikasi, dan kualitas karya yang konsisten akan memainkan peran penting dalam meraih keberhasilan dalam dunia komik digital.

Apakah kamu tertarik untuk meraih karier di industri animasi? Bergabunglah dengan program Digital Animation & Games di IDS Education!

banner college

Mengapa IDS? Karena program ini mengajarkan kemampuan kreatif dan teknis dalam produksi animasi dan efek visual untuk film, televisi, dan industri game yang berkembang pesat. Mulai dari ide, cerita, desain karakter, hingga hasil karya berstandar internasional, kamu akan belajar semua tahap pembuatan animasi dan game. Menggunakan perangkat lunak industri Autodesk Maya & Unreal, kamu akan mendalami pelajaran. Program ini juga melibatkan teknik-teknik animasi, efek visual, dan desain game untuk menciptakan karya yang mengesankan.

College Program

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree