Blog

BAGIKAN

Tips Membuat Konten Video yang Viral dan Menarik

Konten Video

Bila kita perhatikan, terkadang video-video viral yang beredar di internet seperti tidak memiliki formula yang tetap. Kadang, terdapat video yang direkam amatir dengan isi konten yang terkesan acak dan bebas namun mampu mendapat atensi yang banyak dari warga net. Kadang pula, video yang sengaja direkam dengan kualitas tinggi dan isi konten yang telah disusun sedemikian rupa gagal menjaring banyak orang. Sebab perlu kamu ingat jika menjadi viral itu bonus. 

Tujuan dari membuat konten video viral adalah agar kita semakin dikenal banyak orang. Saat ini bagi sebagian orang content creator dijadikan pekerjaan utama. Selain itu, setiap brand kini membutuhkan social media marketer yang digunakan untuk menumbuhkan dan memperluas pasar. Sosial media digunakan untuk menjaga eksistensi dan eksisten tersebut dapat dipertahankan ketika content creator dikenal banyak orang.

Konten video bisa dikatakan viral jika konten tersebut berhasil mengambil alih sosial media dan menggapai audiens yang besar dengan cepat, serta dibagikan banyak pengguna. Baik melalui Instagram, Youtube, Twitter, ataupun TikTok. Untuk besaran penonton, tidak ada jumlah yang pasti, berapa banyak penonton yang dibutuhkan untuk membuat sebuah konten video yang viral. 

Banyak yang mengatakan jika beberapa elemen umum dari video yang viral dapat dipelajari, sehingga konten videomu dapat ditemukan banyak orang. Sebenarnya jawabannya bisa sangat sederhana. Banyak konten video viral mengandung emosi dan membuat penonton merasakan hal yang sama. Dari sebuah penelitian, tiga motivasi bagi audiens saling berbagi konten adalah untuk memberikan konten atau nilai yang menghibur kepada orang-orang, membantu mendefinisikan diri sendiri, dan mendorong orang lain untuk berkembang.

Konten Video

Untuk itu, kali ini IDS akan berbagi mengenai tips membuat konten video viral. Simak ulasannya sekarang agar video yang kamu buat bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan ribu penonton. 

  • Tentukan Tujuanmu

Memiliki keinginan untuk membuat konten video mu viral tidaklah cukup. Kamu juga harus mengetahui alasan mengapa konten yang kamu buat harus viral. Misalnya, apakah kamu ingin meningkatkan brand awareness, mengembangkan bisnis online, atau apakah kamu ingin menghasilkan konversi dari konsumenmu.

Setiap tujuan membutuhkan pendekatan yang berbeda, disesuaikan dengan target audiens.

  • Kenali Audiensmu

Jika kamu tidak mengetahui apapun mengenai target audiens, maka kamu tidak akan menghasilkan apa-apa, alias gagal. Untuk membuat konten dengan memiliki performa yang baik, kamu perlu mengetahui jenis konten apa yang akan beresonansi dengan mereka dan membangkitkan keinginan mereka untuk membagikan videomu.

Untuk mengetahui target audiens, sebaiknya kamu memiliki karakter dan empathy map. Kedua hal tersebut akan memberikanmu pengetahuan mengenai hal apa yang menarik perhatian audiens serta apa yang mereka cari secara online.

  • Mulai dengan Membuat Brief

Mula-mula, rancanglah sebuah rencana dengan menyeluruh dan buat ringkasan strategi kreatif serta storyboard. Dengan begitu, kamu dapat menyusun tujuan, pesan, durasi video, cara penyampaian pesan, dan lainnya secara lebih jelas. Beberapa hal yang termasuk dalam brief, adalah; judul, deskripsi, konten terkait, platform, format video, kata kunci, pencarian berbasis SEO, serta call to action.

  • Buat Audiens Terkesan

Setiap video viral selalu menarik perhatian. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kata “Anda” atau “Kamu” pada lima detik pertama videomu. Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah membuat alur cerita yang tidak terduga, buat twist, buat konten yang relatable, melibatkan emosi audiens, masukkan klip atau audio yang menarik perhatian, dan lupakan tentang promosi.

  • Berceritalah!

Inti dari konten adalah bercerita. Karena saat ini lebih populer video dalam durasi yang pendek, maka kamu harus menceritakan sebuah kisah dalam waktu singkat, serta pilihlah konteks yang umum. Sehingga kamu tidak perlu menceritakan latar belakang dari kisah yang kamu sampaikan. Cara ini merupakan cara yang baik agar kontenmu bisa dinikmati audiens dengan menarik perhatian mereka.

Beberapa tips membuat konten video viral lainnya adalah: buat video yang tidak bertele-tele dan konsisten, tambahkan caption dan copy, gunakan hashtag, promosikan videomu, serta libatkan diri di bagian komentar, bangun hubungan yang baik dengan audiens.

Ingin belajar lebih dalam mengenai proses pembuatan sebuah konten video? Yuk tingkatkan keterampilanmu dengan mengikuti les videografi di IDS! Daftar sekarang dan raih kesempatan untuk menjadi ahli dalam pembuatan konten video yang kreatif dan menarik.

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry