Blog

BAGIKAN

Menjadi Animator Profesional: 5 Tips untuk Memulai Karier di Dunia Animasi

animator

Topik animasi selalu menarik untuk dibicarakan, terutama dalam konteks perkembangan pesat industri animasi saat ini. Banyak individu yang tertarik untuk terlibat dalam industri ini karena peluang karier yang cerah. Lulusan jurusan animasi memiliki daya tarik tinggi bagi rumah produksi dan perusahaan yang beroperasi dalam bidang animasi.

Baru-baru ini, IDS menyelenggarakan sebuah webinar dengan judul “Tips Memulai dan Mengembangkan Karier dalam Industri Animasi.” Webinar ini dipresentasikan oleh Gionela Rengganis, seorang 3D modeler dan texture artist di MNC Animation, yang juga merupakan alumnus IDS dengan jurusan Digital Animation & Games.

Dalam acara webinar tersebut, Gionela (Gio)  berbagi perjalanan kariernya, dimulai dari masa studinya di IDS hingga posisi saat ini. Gio juga berbagi pengalaman pribadi dalam mencari pekerjaan di industri animasi, dan memberikan berbagai tips tentang cara membangun citra diri secara profesional untuk mencapai pekerjaan impian, terutama dalam lingkup kreatif seperti animasi.

Perkembangan Industri Animasi

teknologi terbaru dalam dunia animasi

Gio menjelaskan bahwa dalam beberapa dekade terakhir, dunia animasi mengalami kemajuan signifikan, didorong oleh faktor-faktor seperti kemajuan teknologi, aksesibilitas alat dan perangkat lunak animasi, serta permintaan yang terus berkembang dari pasar hiburan dan industri kreatif.

Kemajuan teknologi komputer dan grafis menjadi pendorong utama, memungkinkan penggunaan perangkat lunak animasi canggih, pemodelan 3D, dan rendering fotorealistik. Animasi 3D menjadi lebih dominan, memberikan visual dan realisme yang mendalam.

Industri film dan televisi mengalami ledakan konten animasi, baik dalam film-film box office maupun serial di platform streaming. Industri game juga berperan penting dalam perkembangan animasi, dengan animasi berkualitas tinggi yang memperkaya pengalaman pemain.

Animasi juga diterapkan dalam pendidikan, bisnis, media sosial, dan pemasaran, berperan sebagai alat efektif untuk menyampaikan informasi kompleks dengan cara yang mudah dipahami. Semakin banyak peluang karier di berbagai bidang animasi, dari produksi hingga edukasi dan pemasaran, mengingat terus berkembangnya teknologi dan permintaan.

Gio menyampaikan bahwa perkembangan ini membuka prospek masa depan yang cerah bagi industri animasi, menawarkan peluang luas bagi para profesional dan pelaku industri di berbagai sektor kreatif.

Hal Penting dalam Industri Animasi

Program Studi Animasi

Dalam webinar tersebut, Gio juga menyampaikan bahwa industri animasi adalah bidang yang komplek, terdapat beberapa hal penting yang menjadi kunci kesuksesan dalam industri ini. Berikut adalah beberapa hal penting dalam industri animasi:

  1. Kreativitas: Kreativitas adalah jiwa dari industri animasi. Kemampuan untuk berpikir di luar kotak, menciptakan karakter, alur cerita, dan dunia yang unik adalah inti dari kesuksesan dalam industri ini. Para profesional animasi harus mampu menggabungkan imajinasi dan keahlian teknis untuk menciptakan karya yang orisinal dan memukau.
  2. Keahlian Teknis: Industri animasi menggunakan berbagai perangkat lunak dan teknologi canggih. Keahlian dalam perangkat lunak animasi 2D dan 3D, komputer grafis, pemodelan karakter, rendering, dan teknik animasi lainnya sangat penting. Selain itu, pemahaman tentang desain visual, seni, dan fotografi juga dapat meningkatkan kualitas karya animasi.
  3. Tim Kerja yang Solid: Produksi animasi melibatkan kolaborasi tim yang solid. Setiap anggota tim harus dapat bekerja sama, berkomunikasi dengan baik, dan menghargai kontribusi masing-masing. Kerjasama yang baik memastikan proyek berjalan lancar dan mencapai hasil yang terbaik.
  4. Perencanaan yang Baik: Animasi memerlukan perencanaan yang matang sejak awal hingga akhir. Tahap perencanaan mencakup penyusunan konsep, pengembangan skrip, perancangan karakter, storyboard, dan lainnya. Perencanaan yang baik membantu menghemat waktu dan sumber daya, serta menghindari perubahan besar yang dapat mengganggu jalannya produksi.
  5. Fokus pada Kualitas: Kualitas adalah kunci untuk menciptakan animasi yang menarik dan profesional. Dalam industri yang sangat kompetitif, animasi berkualitas tinggi akan membedakan karya kamu dari yang lainnya dan menarik perhatian audiens.
  6. Mengikuti Tren dan Inovasi: Industri animasi selalu berubah dan mengikuti tren baru. Penting untuk tetap update dengan perkembangan terbaru dalam teknologi dan desain animasi. Di sisi lain, berani berinovasi juga merupakan hal yang penting untuk memberikan sentuhan kreatif yang unik dalam karya kamu.
  7. Ketekunan dan Konsistensi: Industri animasi dapat menjadi penuh tantangan dan persaingan. Ketekunan dan konsistensi dalam menghadapi rintangan serta memperbaiki kualitas karya adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam jangka panjang.
  8. Networking: Membangun jaringan yang kuat dengan profesional dan pelaku industri lainnya dapat membuka peluang baru, menginspirasi, dan memperluas kesempatan kerja.
  9. Keterbukaan terhadap Kritik: Menerima dan merespons kritik dengan bijaksana adalah bagian penting dari pertumbuhan sebagai animator. Kritik dapat membantu meningkatkan kualitas karya kamu dan membawa kamu menuju kesempurnaan.
  10. Keseriusan terhadap Deadline: Menghormati deadline adalah prinsip yang sangat penting dalam industri animasi. Ketepatan waktu sangat dihargai karena membantu mengatur jadwal produksi dan memastikan penyelesaian proyek tepat waktu.

Tips Mebangun Karier di Industri Animasi

Jurusan Animasi

Tak lupa Gio pun berbagi tips dalam membangun karier di industri animasi. Berikut adalah lima tips terbaik untuk membantumu meraih sukses dalam dunia industri animasi:

  1. Pendidikan dan Keterampilan: Mulailah dengan fondasi pendidikan yang kuat dalam bidang animasi. Tempuh kursus atau program yang relevan untuk memahami prinsip-prinsip dasar animasi, pemodelan 3D, rendering, dan alat perangkat lunak terkini. Tingkatkan keterampilan teknis kamu secara terus-menerus agar dapat beradaptasi dengan perkembangan industri.
  2. Portofolio Kreatif: Bangun portofolio kreatif yang menampilkan berbagai proyek animasi kamu. Portofolio yang kuat akan membantu kamu mempresentasikan kemampuan dan gaya unik kamu kepada calon pemberi kerja atau klien. Sertakan berbagai jenis pekerjaan, dari karakter animasi hingga efek visual, untuk menunjukkan keterampilan yang beragam.
  3. Jaringan dan Koneksi: Berhubunganlah dengan profesional animasi lainnya, baik melalui media sosial, acara industri, atau komunitas online. Jaringan yang kuat dapat membuka pintu peluang kerja, kolaborasi, dan berbagi pengalaman. Pertimbangkan bergabung dengan asosiasi atau klub animasi lokal atau internasional.
  4. Praktik dan Magang: Upayakan untuk mengikuti magang atau praktik di perusahaan animasi terkemuka. Ini akan memberimu pengalaman nyata di lapangan, memperluas jaringan kontak, dan memungkinkan kamu belajar dari para profesional yang telah berpengalaman. Pengalaman praktis ini dapat membedakan kamu di pasar kerja yang kompetitif.
  5. Kreativitas dan Ketekunan: Industri animasi seringkali menuntut kreativitas dan ketekunan yang tinggi. Teruslah eksplorasi ide-ide baru, eksperimen dengan teknik animasi berbeda, dan jangan takut untuk mengatasi tantangan. Kesuksesan dalam industri ini memerlukan tekad dan semangat untuk terus belajar dan berkembang.

Dengan pendidikan yang kuat, portofolio yang mengesankan, jaringan yang solid, pengalaman praktis, dan kreativitas yang tak terbatas, kamu dapat membangun karier yang sukses dan berpengaruh di dunia industri animasi.

Yuk Kuliah Animasi di IDS | International Design School!

Program Digital Animation & Games memiliki tujuan mengajarkan mahasiswa keterampilan kreatif dan teknis dalam produksi animasi dan efek visual untuk industri film, televisi, dan game yang berkembang. Mahasiswa akan mempelajari seluruh proses pembuatan animasi dan game, mulai dari ide, storytelling, desain karakter, hingga menciptakan karya dengan standar internasional. 

Mereka akan mendalami penggunaan perangkat lunak seperti Autodesk Maya & Unreal yang menjadi standar industri, serta mempelajari teknik animasi, visual effects, dan desain game. Penting bagi mahasiswa untuk mengembangkan kreativitas dan imajinasi, menghasilkan ide unik, dan merancang karakter yang menarik. Lulusan program ini akan siap bersaing dan sukses dalam industri yang kompetitif.

College Program

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree