Blog

BAGIKAN

Tips Mengembangkan Strategi Karier di Tempat Kerja Modern

strategi kerja

Pendidikan, pelatihan, dan pengembangan karyawan terus menjadi prioritas utama bagi para pemimpin perusahaan saat ini. Dari yang memberikan pelatihan, diberikan rewards, dan menciptakan lingkungan kerja yang lebih adil. Akan banyak  manfaat bagi sebuah organisasi atau perusahaan yang memprioritaskan pelatihan di tempat kerja yang berkelanjutan bagi karyawan mereka untuk menunjang kariernya.

Meskipun kamu mungkin sudah memiliki inisiatif untuk memberikan pembelajaran yang kuat untuk para karyawan mu, penting untuk meninjau kembali strategi karier ini dan memastikan mereka terus berkembang untuk memenuhi perubahan kebutuhan bisnis dan anggota tim mu. Saat kamu mempersiapkan masa depan pekerjaan, organisasi perlu melihat pembelajaran di tempat kerja sebagai solusi dengan berbagai aplikasi strategi karier, termasuk potensi untuk memberi dampak besar pada pertumbuhan bisnis mu jika dijalankan dengan benar.

Mari kita lihat seperti apa sebenarnya pembelajaran di tempat kerja modern dan menyoroti elemen kunci yang perlu dipertimbangkan saat mengembangkan strategi karier di tempat kamu bekerja untuk hari ini dan masa depan. 

strategi kerja

Belajar di tempat kerja modern

Mari kita lihat lebih dekat beberapa solusi pelatihan ditempat kerja khusus yang diprioritaskan oleh perusahaan saat ini.

Mengembangkan program peningkatan dan pembelajaran ulang yang fleksibel 

Perkembangan teknologi yang dipercepat dan keadaan dunia yang terus berubah secara konstan mempengaruhi keterampilan yang dibutuhkan untuk tetap kompetitif. Survei InStride baru-baru ini menunjukkan bahwa 68% pemimpin bisnis melaporkan kesenjangan keterampilan saat ini di seluruh basis karyawan mereka, hal lainnya menunjukkan perlunya inisiatif pengembangan keterampilan.

Program peningkatan keterampilan hadir dalam berbagai format yang sebagian besar bergantung pada jenis keterampilan yang dibutuhkan untuk sebuah perubahan ke arah yang lebih baik. Misalnya, seorang karyawan yang ingin mempertajam keterampilan pengkodean teknis mereka dapat memanfaatkan kursus online pengembangan enam minggu. Di sisi lain, seseorang yang ingin dipromosikan menjadi manager mungkin mempertimbangkan opsi jangka panjang dan mendaftar di program MBA (Magister Business Administration) di sebuah universitas.

Apapun formatnya, penting untuk mempertimbangkan bahwa kebutuhan setiap karyawan yang ingin diberikan pelatihan dan pembelajaran berbeda. Solusi pengembangan keterampilan yang kamu gunakan harus fleksibel dan cukup komprehensif untuk bekerja bagi semua anggota tim dari bagian kebersihan hingga manajemen.

Memanfaatkan solusi pendidikan digital untuk Pembelajaran di tempat kerja

Kemajuan sebuah teknologi tidak hanya mengubah bagaimana seseorang dapat merubah cara mereka dalam berbisnis. Saat ini, karyawan tidak lagi terikat pada ruang kelas fisik seperti sebelumnya. Dimana jika ingin bersekolah atau melakukan pelatihan. Harus ada diruangan yang sama dengan yang mengajarkan. 

Dengan adanya pendidikan online, sebuah perusahaan dapat memberikan pelatihan yang fleksibel kepada pada karyawan untuk dapat belajar di kantor atau rumah mereka.  Pendekatan modern ini membuat pendidikan lebih sederhana untuk seseorang yang telah bekerja. 

Format pembelajaran online dapat mencakup:

  • Berbentuk Video
  • Kursus interaktif
  • Podcast
  • Buku elektronik atau E-Book
  • Kuliah langsung menggunakan aplikasi seperti Zoom
  • Tes dan kuis yang dimodifikasi

Solusi pembelajaran ini sama sama memberikan kemudahan dan manfaat bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Karena dapat membuatnya lebih mudah untuk mengukur dampak strategi karier pembelajaran di tempat kerja mereka dan mengurangi beban administrasi.

Jangan Memikirkan penggantian biaya kuliah atau program bantuan

Program bantuan atau membiayai biaya kuliah karyawan dapat membantu karyawan mendapatkan gelar, kredensial, atau sertifikasi dari berbagai institusi akademik. Dengan memberikan biaya kuliah atau program bantuan gratis tentang pembelajaran kepada karyawan, maka kamu dapat memberikan sebuah akses yang dapat merubah hidup karyawan tersebut.dan tentu saja hal ini akan memberikan keuntungan kepada perusahaan mu. Karena karyawan tersebut akan mengaplikasikan ilmu nya untuk membangun perusahaan kamu. 

Banyak program bantuan biaya kuliah tradisional seringkali tidak efektif. Hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk kurangnya keterlibatan karyawan dengan program ini, kebijakan penggantian biaya yang rumit, dan hambatan keuangan.

Sebaliknya, bisnis paling inovatif berpikir di luar program penggantian biaya kuliah tradisional dan menerapkan solusi pendidikan tenaga kerja yang menghilangkan hambatan ini dan mudah diakses oleh semua karyawan, terlepas dari situasi keuangan mereka atau keadaan lainnya.

Peluang, program, dan strategi pembelajaran di tempat kerja

Di bawah ini, kamu akan menemukan daftar peluang belajar ditempat kerja modern yang harus kamu pertimbangkan untuk ditawarkan kepada karyawan mu:

  1. Magang. Pemimpin yang sangat terspesialisasi di organisasi atau perusahaan mu dapat secara langsung melatih karyawan nya, dengan memberikan program magang, sehingga ilmu nya akan bertambah dengan adanya sistem kerja sama dengan orang lain. Tentu saja magang ini merupakan tentang keahlian mereka. 
  2. Mentorship. Kesempatan instruksi antara anggota staf junior dan senior dapat membantu memelihara hubungan yang saling menguntungkan dan dapat memupuk skill pengembangan profesional dan keterampilan.
  3. Program pendidikan tenaga kerja. Berinvestasi dalam program pendidikan yang memberi karyawan kemampuan untuk mendapatkan gelar, kredensial, atau sertifikat dari lembaga akademik. 
  4. Belajar mandiri. Dorong karyawan untuk mencari cara untuk belajar secara informal di luar tempat kerja. Ini dapat mencakup akses ke peluang sukarela atau acara dan konferensi yang relevan dengan industri. Seperti mengikuti seminar tentang skill atau pekerjaan yang mereka tekuni. 
  5. Pelatihan. Manfaatkan pakar internal atau eksternal untuk menyelenggarakan lokakarya, kuliah, atau seminar seputar topik berbasis keterampilan yang relevan untuk mendukung pembelajaran dan berbagi pengetahuan.

Meskipun kamu mungkin sudah memiliki beberapa atau semua praktik yang ada diatas, penting untuk meninjaunya kembali secara berkala dan menilai keefektifannya. Misalnya, lihat materi pelatihan yang kamu berikan. Apakah materi yang ada masih relevan dengan karyawan mu? Atau apakah materi sudah ketinggalan zaman dan membutuhkan pembaharuan materi?

strategi kerja

Pentingnya pembelajaran berkelanjutan di tempat kerja

Dalam banyak kasus yang ada, proses pembelajaran karyawan berakhir setelah proses pembelajaran yang dilakukan selesai atau sesi pelatihan ulang yang jarang dilakukan. Proses pembelajaran seperti ini mungkin efektif untuk meningkatkan keterampilan karyawan dalam jangka pendek, Tetapi hal tersebut tentunya tidak akan cukup untuk memberikan bisnis kamu kemajuan, karena ilmu yang didapatkan tidak maksimal. Sehingga karyawan akan lupa tentang apa yang mereka pelajari jika hanya dilakukan satu kali saja.

Sebaliknya, organisasi harus melihat pembelajaran di tempat kerja sebagai proses berkelanjutan yang berkontribusi pada pengembangan karyawan yang berkelanjutan daripada upaya Belajar lalu Selesai. Program pendidikan berkelanjutan berinvestasi dalam keberhasilan jangka panjang pendidikan karyawan dan retensi keterampilan dan pengetahuan dengan memberikan kesempatan belajar yang relevan dan berkelanjutan.

Beberapa manfaat nyata dari pembelajaran berkelanjutan di tempat kerja meliputi:

  1. Pengembangan pipeline kepemimpinan internal. Pipeline adalah sebuah konsep penjualan yang dianalogikan seperti sebuah pipa (pipeline adalah jaringan pipa). Cara ini digunakan untuk melacak pelanggan potensial selama melewati tahapan-tahapan dalam proses pembelian. Dalam hal ini, pipeline akan berfungsi sebagai saringan untuk melihat karyawan yang memiliki kemampuan atau skill yang lebih baik. Dalam bisnis mu di masa depan, manfaat ini dari memberikan pembelajaran dapat melihat karyawan yang memiliki bakat yang menjanjikan, terampil dan siap untuk mengambil tanggung jawab yang meningkat di posisi kepemimpinan tingkat lanjut.
  1. Keterlibatan karyawan yang lebih baik. Karyawan mu tidak pernah mandek atau merasa terjebak dalam pekerjaan buntu jika mereka terus belajar, tumbuh, dan maju. Siklus pengembangan keterampilan yang berkelanjutan diikuti dengan pengakuan pembelajaran yang berhasil meningkatkan moral dan membantu karyawan mu merasa senang dengan pekerjaan mereka.
  2. Pengurangan omset. 94% karyawan mengatakan mereka akan bertahan di pekerjaan mereka saat ini jika perusahaan menawarkan kesempatan belajar yang lebih baik. Memasukkan pendidikan ke dalam kehidupan sehari-hari di organisasi atau perusahaan mu akan memotivasi pekerja untuk tetap produktif dan menghemat waktu dan uang. 

Bagaimana mengukur strategi pembelajaran di tempat kerja Anda

Seperti halnya strategi bisnis apa pun, sangat penting untuk terus mengawasi kesehatan, efektivitas dan keinginan karyawan untuk melakukan pembelajaran di tempat kerja kamu setelah diterapkan. Jika kamu akan meluangkan waktu dan sumber daya untuk menjadikan pembelajaran di tempat kerja sebagai pusat strategi karier karyawan mu, Kamu perlu memastikan upaya tersebut benar-benar membuahkan sebuah hasil.

Berikut adalah beberapa indikator kinerja utama yang paling penting untuk digunakan:

  1. Retensi keterampilan. Berapa lama setelah pelatihan karyawan mempertahankan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh? Apakah mereka memerlukan pelatihan tambahan untuk mengembangkan informasi dan kemampuan yang mereka dapatkan?
  2. Waktu untuk memperoleh kemahiran. Berapa lama waktu yang dibutuhkan karyawan mu untuk mengintegrasikan pelatihan? Seberapa cepat keterampilan baru dipelajari? Seberapa baik keterampilan ini dilakukan?
  3. Transfer pengetahuan. Seberapa efektifkah karyawan mu menerapkan pembelajaran pada aktivitas di tempat kerja? Apakah pemahaman mereka tentang pelatihan murni teoritis atau apakah mereka berhasil menggunakan keterampilan ini dalam peran masing-masing yang sering mereka lakukan?
  4. Keterikatan. Berapa persentase karyawan Anda yang memanfaatkan inisiatif pendidikan yang kamu berikan? Berapa laba atas investasi pembelajaran yang kamu lakukan?

Bagaimana menciptakan budaya belajar di tempat kerja

Komponen penting dari pendidikan di tempat kerja yang sukses adalah kebutuhan untuk mengembangkan budaya belajar. Karyawan mu jauh lebih mungkin untuk memanfaatkan sumber daya pendidikan yang telah kamu berikan jika kamu mampu menumbuhkan lingkungan kerja yang prima untuk pertumbuhan dan mendorong pembelajaran.

Berikut adalah beberapa cara kamu dapat lebih mengintegrasikan pembelajaran ke dalam budaya perusahaan mu:

  1. Rayakan kesuksesan. Buat karyawan mu tetap termotivasi dengan mengakui pencapaian mereka.
  2. Lihat pembelajaran sebagai strategi bisnis. Sejajarkan pengembangan karyawan dengan tujuan yang lebih besar dari perusahaan mu untuk memastikan upaya kamu mendorong pertumbuhan dan memberikan ROI.
  3. Mulailah dengan C-suite. Budaya perusahaan dimulai dari puncak organisasi ini berarti manajemen tingkat atas harus memprioritaskan pembelajaran dan pengembangan mereka sendiri bersama orang lain.
  4. Prioritaskan pengembangan keterampilan. Tingkatkan kepercayaan diri karyawan dengan berkomitmen pada program pengembangan keterampilan yang dapat membantu mereka mencapai tingkat berikutnya dalam karir mereka. Bersikaplah transparan dan berikan anggota tim hasil nyata untuk mendorong partisipasi.
  5. Mendorong komunikasi. Berdayakan karyawan di semua tingkatan untuk berbagi pengalaman belajar mereka dan saling mendukung dalam pertumbuhan bersama mereka.

Kunci untuk pembelajaran di tempat kerja yang berdampak

Manfaat pendidikan dan pembelajaran tenaga kerja dapat kamu lihat hasilnya sendiri, tetapi perlu diterapkan dengan benar dan dimanfaatkan secara efektif agar berhasil. Pendekatan strategis untuk pembelajaran di tempat kerja, dikombinasikan dengan teknologi yang tepat, memungkinkan kamu untuk menumbuhkan budaya kerja yang berkembang yang menghargai pertumbuhan karyawan dan membuat perusahaan atau bisnis mu untuk kesuksesan jangka panjang.

Sumber: instride.com

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree