Blog

BAGIKAN

Tips dan Trik Jadi Pemain Film dan Televisi

pemain film

Menjadi seorang pemain film adalah cita-cita banyak orang. Tips dan trik menjadi pemain film dan televisi pun mulai banyak diminati dan banyak dipelajari oleh anak muda yang menginginkan bekerja di bidang seni peran.

Menjadi seorang pemeran film atau televisi haruslah mengetahui berbagai triknya. Hal ini dilakukan agar para aktor dan aktris bisa bekerja dan memainkan perannya dengan maksimal. Berikut ini adalah tips dan trik jadi pemain film dan televisi yang disampaikan oleh Almanzo Konoralma.

1. Lepas dari Kukungan Insecure

Sikap yang dimiliki oleh pemain film dan televisi pertama adalah mereka perlu melepaskan diri dari kukungan ketidakpercayaan diri. Semua pemain film harus mempunyai sikap percaya diri dan menghapuskan semua keinginan untuk melakukan evaluasi.

Almanzo Konoralma menggambarkan bagian pertama ini bahwa para artis haruslah melepaskan debu-debu yang menempel. Debu-debu yang menempel ini adalah ketidakpercayaan diri dan keinginan untuk mendengarkan semua omongan orang lain.

2. Melakukan Relaksasi

Kedua, hal yang wajib dimiliki oleh artis dan aktor yang bermain di seni peran adalah melakukan relaksasi. Badan seorang artis haruslah rileks. Bisa mendengar apa saja yang diucapkan oleh lawan main, bisa mendengar perintah sutradara, dan lain sebagainya.

Seorang artis yang tidak bisa melakukan relaksasi akan kurang bisa menerima informasi dan bahkan dikatakan tidak akan bisa bermain peran dengan baik. Relaksasi dilakukan dalam rangka untuk menetralkan ekspresi seorang artis. Jika seorang artis tidak bisa rileks, maka peran yang dimainkan akan tidak bisa berjalan maksimal.

3. Memiliki Kemampuan Berekspresi

Seorang artis haruslah memiliki kemampuan untuk berekspresi. Seni peran adalah sebuah seni yang menjual ekspresi. Ada beberapa latihan yang perlu dilakukan untuk mendapatkan kemampuan berekspresi.

Latihan itu adalah relaksasi, konsentrasi, dan kontraksi. Ketiga latihan itu sangat penting untuk mendapatkan sebuah ekspresi yang natural dari wajah seorang artis.

4. Memiliki Kemampuan Analisis yang Baik

Analisis yang dimaksud di dalam tips dan trik jadi pemain film dan televisi ini bukanlah analisis akademis yang dilakukan dalam rangka mencari jawaban-jawaban yang bersifat teoritis. Analisis yang dimaksud adalah kemampuan untuk mencari tahu sebab mengapa ia memerankan sebuah adegan.

Misalnya mengapa ia harus berjalan dengan gaya tertentu, mengapa ia harus menangis, dan lain sebagainya. Kemampuan menganalisis ini akan membuat artis mendapatkan jawaban yang logis dan akan bisa menjalankan perannya dengan baik.

pemain film

5. Daftar Sekolah Akting/ Sanggar

Seni peran atau akting bukanlah sebuah kemampuan yang bisa dipelajari secara otodidak. Belajar secara otodidak akan memiliki banyak kekurangan. Oleh karena itu, kamu perlu daftar ke sebuah sekolah akting atau sanggar.

Dengan daftar ke sekolah akting, kamu akan belajar banyak hal tentang akting dan bisa memperoleh ilmu langsung dari orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Selain itu, link dan jaringan kamu tentang dunia perfilman ini akan semakin luas jika kamu juga bergabung dalam komunitas-komunitas kecil yang bergerak di dunia seni peran.

6. Sering Mengikuti Casting

Setelah mempelajari berbagai macam cara untuk berakting dengan baik, maka langkah konkret selanjutnya yang wajib dilakukan oleh orang yang ingin menjadi seorang aktris atau aktor adalah dengan sering-sering mengikuti casting. Casting adalah pintu masuk untuk menuju dunia peran.

Casting bisanya bisa diikuti oleh siapa saja dan tidak dipungut biaya apapun. Kamu bisa ikut casting secara langsung yang biasanya diadakan di sebuah rumah produksi. Jika kamu lolos, maka kamu tinggal menunggu untuk dihubungi dan akan diberikan sebuah peran dalam film.

7. Bergabung dengan Manajemen Artis

Untuk menjadi seorang pemain film yang profesional, kamu perlu bergabung dengan manajemen artis. Di sini kamu akan dinaungi dalam sebuah wadah yang bisa membantumu untuk berkembang dan mendapatkan pekerjaan sebagai seorang artis. Selain itu, kamu juga akan bertemu dengan orang-orang yang diperjuangkan dengan kamu.

Di sini kamu akan dicarikan peran film yang cocok untuk kamu, mulai dari peran figuran sampai pada peran utama. Manajemen artis biasanya akan memungut biaya dari kamu. Namun, ada juga yang gratis dengan menggunakan sistem bagi hasil dari honor yang kamu terima.

Demikian adalah artikel tentang tips dan trik jadi pemain film dan televisi. Tentu masih banyak hal yang perlu kamu lakukan untuk menjadi seorang pemain film dan televisi. Artikel ini hanya akan mengantarkanmu untuk mendapatkan informasi yang lebih dalam lagi.

Untuk kamu yang bercita-cita ingin menjadi seorang pemain film atau ingin terjun di dunia akting, International Design School punya program workshop akting Bisa Acting Siang casting. Pada program ini kamu akan di bimbing oleh para Casting Director ternama, so pasti kamu akan mendapatkan banyak ilmu mengenai seni peran dan juga tips untukbisa lolos casting. Tunggu apalagi, yuk segera gabung!

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree