Blog

BAGIKAN

Tips Promosi Film Independen

film indie indonesia

Mengerjakan hobi seperti membuat film pendek bisa menjadi saat-saat menyenangkan bagi kamu si penyuka film, terlebih jika kamu dibantu oleh teman-teman kamu, bisa menjadi saat-saat yang sangat amat menyenangkan! Film pendek yang kamu buat bersama teman-teman biasa disebut sebagai film independen atau film indie. Film indie merupakan film yang dibuat di luar studio film besar.

Hal yang menyenangkan dari membuat film indie adalah karena si pembuat film dapat menyebarkan ideologinya sendiri ke dalam film, berbeda dari film yang bernilai komersial. Namun karena film indie berbeda dari film komersil, itu juga berarti film indie memiliki tantangan dalam pendistribusian filmnya.

Tapi artikel ini ditulis untuk membantu kamu yang ingin mempromosikan film yang baru saja kamu produksi. Yuk, simak dan catat baik-baik, ya!

film indie indonesia

Menentukan Target Penonton

Hal yang pertama yang perlu kamu tahu adalah: kriteria seperti apa yang cocok untuk menonton film kamu. Apakah untuk remaja yang masih duduk di bangku sekolah? Orang-orang dewasa yang merantau ke kota untuk bekerja? Atau untuk semua umur dan segala latar belakang kehidupan?

Penting untuk mengetahui sasaran penonton, agar mudah untuk menyampaikan pesan dari film yang telah kamu buat. Selain itu, mengetahui sasaran penonton kamu juga akan memudahkan kamu untuk memilih platform promosi beserta konten-konten pendukungnya.

Manfaatkan Media Digital

Karena banyak orang telah terhubung ke media digital, tidak ada salahnya menggunakan platform satu ini.

Entah itu Instagram, Twitter, atau Facebook, unggah konten-konten mengenai film pendek kamu di dalamnya. Ajak lebih banyak orang untuk menonton film pendek kamu.

Kamu bisa mencoba menaikkan trafik organik di sosial media atau menggunakan fitur iklan apabila kamu telah mempersiapkan biaya lebih untuk mempromosikan film kamu.

Buat Konten Pendukung Film

Buatlah konten pendukung untuk mempromosikan film pendek kamu. Buat poster, trailer, foto atau video di balik layar, deleted scene, wawancara aktor dan kru, serta konten lain untuk mendukung film tersebut.

Unggah konten-konten tersebut lewat sosial media agar dapat dinikmati banyak orang. Selain dapat menarik mereka yang belum menonton, konten tersebut dapat mengikat mereka yang sudah menonton serta penasaran dengan proses di balik layarnya.

Tayangkan Film Melalui Media Digital

Selain menggunakan media digital untuk promosi, mengapa tidak sekalian menayangkan filmnya melalui youtube atau platform streaming lain?

Jumlah pengguna internet yang makin masif merupakan alasan yang baik untuk menggaet banyak penonton. Selain itu membuat event menonton bersama secara daring sudah lama populer, terutama setelah pandemi hadir di tahun-tahun belakangan ini.

Setelah selesai menonton, kamu bisa meneruskan acara dengan acara bincang-bincang atau diskusi mengenai filmnya. Dengan begitu, kamu bisa melihat tanggapan penonton, mempelajarinya, dan membuat karya-karya kamu selanjutnya menjadi lebih baik lagi.

Ikuti Festival Film

Kamu tidak perlu ragu lagi untuk mendaftarkan film indie buatan kamu di festival film karena ternyata ada lebih banyak manfaat yang bisa kamu dapat disamping mempromosikan film yang kamu buat.

Kamu bisa mencari distributor untuk film kamu, kamu juga dapat memperluas jaringan, mendapat informasi mengenai pendanaan film, serta mendapatkan lebih banyak penonton untuk mempromosikan film kamu.

Dalam festival film, banyak orang akan hadir. Tidak hanya penonton, tetapi juga distributor, kritikus, hingga investor. Terlepas dari kalah atau menangnya kamu nanti, kamu akan membuka banyak kesempatan baru jika mengikuti festival film.

Begitulah cara mempromosikan film untuk film independen atau film indie yang kamu buat.

film indie indonesia

Terlepas dari cara promosi apapun yang ingin kamu coba, tidak ada yang paling penting dari promosi dari mulut ke mulut oleh penonton. Jadi pastikan untuk membuat film indie yang berkualitas. Tidak harus mahal, kamu hanya perlu memastikannya memenuhi segi estetika serta teknik yang baik.

Semoga artikel ini membantu. Terus semangat untuk berkarya, ya!

Sumber: studioantelope.com

2023_IDS EDU Seminar_2-2_1080x1350
Fast Track to International Degree