Blog

BAGIKAN

Tips Sukses Lolos Casting untuk Memulai Karier di Dunia Akting

Casting Film

Semua orang yang ingin masuk ke dunia akting dan memerankan sebuah film haruslah melewati satu langkah yaitu casting. Casting adalah sebuah cara yang dilakukan oleh seorang director supaya mendapatkan pemeran film yang tepat untuk karakter tertentu.

Casting diibaratkan sebagai sebuah proses melamar pekerjaan dan menghadap langsung ke HRD. HRD dalam hal ini adalah seorang casting director, sehingga peserta casting haruslah mengeluarkan semua kemampuan yang dimiliki agar dinilai layak untuk memerankan sebuah peran yang dibutuhkan.

Bowi Budianto dari ACI (Asosiasi Casting Indonesia) membeberkan tips sukses lolos casting kepada para peserta yang mengikuti casting.

Casting Film

1. Memiliki Pondasi yang Bagus

Tips sukses lolos casting pertama yang perlu diketahui adalah memiliki pondasi yang bagus. Seorang yang mengikuti casting haruslah memiliki pondasi dan pengetahuan yang bagus tentang dunia akting, terutama dunia casting. Pengetahuan itu berupa kedalaman materi karakter yang ingin diperankan, dan kebutuhan terkait proyek yang sedang dikerjakan.

2. Memiliki Kemampuan Akting

Salah satu masalah yang sering dijumpai oleh seorang casting director ketika menyeleksi casting adalah ia kerap bertemu dengan orang yang tidak siap akting. Tips kedua ini mengharuskan seorang yang ingin mengikuti casting untuk bisa memastikan bahwa ia mempunyai kemampuan akting yang bagus dan bisa bersaing.

3. Knowledge Casting

Selanjutnya, pengetahuan tentang casting itu juga penting. Ketika kamu sudah memiliki pondasi yang bagus dan berkemampuan akting yang juga bagus, mempunyai pengetahuan tentang casting itu juga perlu untuk kamu ketahui. Apakah proses casting itu dilakukan untuk sebuah film, sinetron, atau televisi.

Masalah terbesar yang sering terjadi adalah ketika seorang yang mengikuti casting tidak mengetahui peran apa yang tengah dicari oleh seorang casting director. Dampaknya, kamu akan kesulitan dalam menyesuaikan kebutuhan peran yang diinginkan oleh seorang casting director.

4. Good Attitude

Tips sukses lolos casting berikutnya yang perlu diketahui adalah seorang yang sedang casting haruslah memiliki sikap yang bagus. Sikap di sini bukanlah berusaha untuk bersikap manis kepada casting director, namun good attitude adalah ketika seorang peserta casting bisa datang tepat waktu menghargai, dan berhubungan baik dengan casting director. Ini akan mempengaruhi apakah kamu bisa lolos atau tidak.

5. Memperbanyak Skill

Salah seorang casting director menyampaikan bahwa aktor haruslah memiliki kemampuan spesifik yang bisa mendukung peran yang dimainkan. Pasalnya, akting adalah kehidupan sehari-hari yang divisualkan. Oleh karena itu, aktor perlu mempelajari semua kemampuan yang ada di kehidupan nyata untuk diperankan di dunia film.

Contoh, casting director sering kesulitan ketika ingin mencari aktor untuk memerankan peran tertentu, misalnya atlet atau sejenisnya. Seorang aktor perlu mempelajari cabang olahraga yang dibutuhkan agar bisa memainkan peran tersebut.

6. Terus Belajar

Selanjutnya, hal yang perlu dilakukan oleh seorang yang menginginkan menjadi seorang aktor adalah terus belajar. Belajar di sini adalah dengan tidak terlalu terlena dengan popularitas dan godaan keterkenalan yang ditimbulkan ketika kamu usai memerankan sebuah film.

Hal itu berdasar pada banyaknya aktor yang kemudian malas belajar ketika sudah merasa terkenal. Hal ini perlu dihindari agar karier profesional kamu sebagai seorang aktor bisa terus menanjak dan membaik seiring dengan berjalannya waktu.

7. Menghargai Peran

Dalam sebuah proyek film, semua aktor akan memainkan perannya masing-masing. Mulai dari pemeran utama, pemeran pembantu, sampai cameo. Sebagai seorang aktor atau aktris perlu menghargai peran yang diberikan kepadanya. Meskipun kamu mendapatkan jatah untuk memainkan peran selama satu scene, kamu perlu memainkannya dengan semaksimal mungkin.

Hal ini juga berhubungan dengan sikap dan attitude yang kamu tunjukkan. Jika kamu tidak menghargai peran yang kamu mainkan meskipun sedikit, maka ini akan menyulitkan kamu untuk berkembang lebih lanjut.

Demikian adalah artikel tentang tips sukses lolos casting yang perlu untuk kamu ketahui. Untuk mendapatkan peran yang diinginkan dari proses casting, kamu perlu memastikan bahwa kamu punya kemampuan akting yang bagus dan bisa memenuhi syarat-syarat yang dibutuhkan oleh casting director.

Untuk kamu yang bercita-cita ingin menjadi seorang pemain film atau ingin terjun di dunia akting, International Design School punya program workshop akting Bisa Acting Siap Casting. Pada program ini kamu akan di bimbing oleh para Casting Director ternama, so pasti kamu akan mendapatkan banyak ilmu mengenai seni peran dan juga tips untukbisa lolos casting. Tunggu apalagi, yuk segera gabung!

Sumber: Tips Sukses Lolos Casting untuk Memulai Karier di Dunia Akting

JOIN NOW!

Jago Bikin Film