Blog

BAGIKAN

Tips Sukses Studi di Luar Negeri: Persiapkan Diri dengan Baik

Studi Di Luar Negeri

Melanjutkan studi di luar negeri merupakan impian banyak orang. Bayangan indahnya negara tujuan untuk studi (sekaligus liburan) membuat banyak warga Indonesia yang berangan-angan untuk dapat menggapai mimpinya tersebut. Tentu sebelum tercapainya angan tersebut, ada beberapa persiapan studi di luar negeri yang sebaiknya diketahui agar memiliki persiapan yang lebih matang.

Persiapan studi di luar negeri bisa dimulai sedini mungkin, dimulai dari mencari informasi mengenai kampus-kampus tujuan beserta jurusannya, berapa biaya menuju ke sana, beasiswa apa saja yang tersedia, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, berikut kami rangkumkan beberapa hal yang merupakan hal-hal yang perlu disiapkan sebelum studi di luar negeri:

  • Belajar Bahasa

Jika ingin belajar di luar negeri, salah satu yang perlu dipersiapkan sejak awal adalah bahasa. Tentu bahasa yang dipelajari akan berbeda tergantung dengan negara yang akan kamu tuju. Banyak negara yang mensyaratkan keahlian Bahasa Inggris agar dapat belajar di negara tersebut, biasanya hasil tes yang diterima adalah IELTS atau TOEFL iBT. 

Jika kamu ingin ke negara-negara lain yang bahasa pengantarnya bukan bahasa Inggris misal Jepang, Korea, atau Jerman, terkadang mereka meminta sertifikat bahasa sesuai negara tersebut. Oleh karena itu pastikan kamu mengetahui persyaratan kampus dan negara yang ingin kamu tuju dan persiapkan keahlian bahasamu sejak jauh-jauh hari.

  • Membuat Paspor

Seperti yang kita ketahui, salah satu syarat administrasi agar dapat pergi ke luar negeri adalah dengan memiliki paspor. Jika kamu memiliki minat untuk berkuliah ke luar negeri, persiapkan paspor berbulan-bulan sebelumnya agar tidak kesulitan ketika sudah akan berangkat untuk studi. Jangan lupa juga untuk persiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan untuk pembuatan paspor, agar tidak ada masalah dalam pembuatan paspormu nanti.

Studi Di Luar Negeri

  • Cari Tahu Budaya Negara Tujuan

Saat kita mau pergi ke negara lain, salah satu yang paling terasa berbeda adalah budaya. Setiap negara memiliki budayanya masing-masing sehingga kamu sebaiknya memilih negara yang memiliki budaya yang paling cocok untukmu. Pastikan dirimu tidak memiliki masalah dalam beradaptasi terhadap suasana baru agar kehidupanmu di negara tujuanmu nanti tidak menghadapi banyak hambatan.

  • Membuat Rencana Perkuliahan

Rencana perkuliahan tentu penting untuk dipersiapkan sebelum studimu dimulai. Bahkan membuat rencana perkuliahan ini dimulai sejak kamu memutuskan untuk benar-benar ingin studi di luar negeri. Pemilihan negara serta kampus yang kamu tuju pun termasuk ke dalam rencana perkuliahan. Selanjutnya hal yang perlu diperhatikan adalah finansial. Apakah kamu akan membiayai perkuliahanmu sendiri atau mau mencari beasiswa?

  • Mencari Informasi Beasiswa Serta Biaya Hidup

Selanjutnya, jika kamu memang berminat untuk kuliah dengan beasiswa, kamu bisa mulai mencari-cari info mengenai beasiswa setiap negara. Ada banyak negara yang menawarkan beasiswa bagi para warga Indonesia yang mau kuliah di negara tersebut. Biasanya, pemerintah negara masing-masing memiliki kriteria biaya apa saja yang akan ditanggung oleh mereka. Mulai dari biaya semesteran, biaya hidup, bahkan ada yang sampai membiayai tes bahasa!

Untuk memilih beasiswa mana yang akan kamu apply tentu tergantung kepada kebutuhanmu dan kualifikasi masing-masing beasiswa. Selain itu, pertimbangan biaya hidup pun sebaiknya kamu pikirkan secara matang. Apakah biaya hidup yang diberikan oleh beasiswa sudah cukup untuk biaya sehari-hari atau kamu butuh pekerjaan sampingan agar bisa hidup dengan layak di negara tujuan.

Persiapan studi di luar negeri memang membutuhkan persiapan yang matang. Hal ini dibutuhkan demi kenyamananmu selama hidup di negara orang dan jauh dari keluarga. Oleh karena itu, kamu perlu niat dan tekad yang kuat sebelum dapat melanjutkan studi di luar negeri.

Semoga setelah membaca artikel ini, kamu jadi tambah semangat untuk menggapai mimpimu untuk studi ke luar negeri ya!

Yuk, mulai rencanakan studimu ke luar negeri bersama IDS sekarang juga! Kunjungi website IDS dan dapatkan informasi lengkap mengenai program pathway ke luar negeri yang sesuai dengan minat dan kebutuhanmu. Jangan ragu untuk memulai pengalaman belajar yang tak terlupakan dan meningkatkan kemampuan bahasa serta keterampilanmu di bidang akademik dan profesional.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree