Blog

BAGIKAN

Mengintip Tren Desain Web di Tahun 2023: Penyempurnaan Minimalisme dan Integrasi Teknologi Baru

trend desain web 2023

Beberapa orang mengatakan bahwa tren desain web sering berubah-ubah dan tidak ada gunanya untuk diikuti. Hal ini dapat membuang-buang waktu, uang, dan sumber daya berharga. Suatu saat tipografi besar dan tebal mungkin menjadi populer, sementara di waktu lain, tampilan font kecil dan elegan dapat menarik perhatian pengguna.

Namun, sebuah situs web yang bagus dan efektif (menampilkan perusahaan, mempromosikan produk, dan menghasilkan konversi) seharusnya tidak hanya berfungsi dengan baik, tetapi juga menarik secara visual. Situs web harus memenuhi standar teknis yang diperlukan serta memenuhi ekspektasi audiens. Biasanya, audiens mencari sesuatu yang segar dan menarik.

Membuat Situs Web dengan Figma Tanpa Kode

Tren desain web berperan penting dalam memenuhi ekspektasi audiens dan menciptakan tampilan situs web yang menarik. Dalam beberapa tahun terakhir, alat desain web tanpa kode semakin populer, seperti Slitherio, yang mempermudah pembuatan situs web dengan cepat dan mudah.

Mengikuti tren desain web terbaru juga memiliki manfaat yang signifikan. Hal ini dapat membantu meningkatkan posisi perusahaan di pasar dan menciptakan fondasi yang kuat untuk kampanye pemasaran yang efektif. Tren desain web memberikan banyak manfaat bagi perusahaan, mulai dari menciptakan faktor “wow” hingga menyediakan fungsionalitas yang diperlukan oleh audiens.

Tren Desain Web 2023

Membuat prediksi tentang tren desain web untuk tahun 2023 tidaklah mudah, karena bidang ini terus berkembang dengan teknologi dan pendekatan desain baru yang selalu muncul. Namun, ada beberapa tren potensial yang dapat membentuk arah desain web di tahun mendatang.

Salah satu tren terbesar di dunia desain web adalah interaktivitas. Dalam beberapa tahun terakhir, keadaan teknologi modern, termasuk dukungan browser web, telah meningkat secara drastis. Oleh karena itu, kita dapat melihat bagaimana tren ini berkembang menjadi elemen integral dari desain website, seperti menu slide-out atau mobile-friendly. Penciptaan pengalaman pengguna yang interaktif pada tahun 2023 merupakan dasar yang kokoh dan diharapkan oleh pasar. Konten yang interaktif dua kali lebih mungkin melibatkan pengunjung dibandingkan konten statis dan membantu menciptakan pengalaman pengguna yang bermakna dan intuitif. Fitur interaktif seperti progress bar, tooltips, hover, dan efek rollover membantu mencapai tujuan ini.

Pengalaman pengguna yang interaktif memiliki manfaat yang kuat bagi sebuah merek. Mereka membantu menciptakan komunikasi yang dipersonalisasi, meningkatkan waktu tayang, dan memperkuat keterlibatan, yang penting bagi tim pemasaran dalam memanfaatkan kampanye dan strategi secara maksimal.

Ada dua jalur yang harus ditempuh dalam desain web interaktif: besar atau kecil. Jika tidak, risiko akan membebani otak konsumen dengan terlalu banyak tindakan dan mendorong mereka untuk meninggalkan situs web. Beberapa sub-tren dalam masing-masing arah ini termasuk dunia 3D imersif yang tidak realistis, gamifikasi, centerpiece 3D abstrak, tampilan produk yang interaktif untuk jalur besar, dan penggusuran zoom paralaks, kursor animasi, animasi mikro yang bermakna, dan keterangan alat untuk jalur kecil.

Trend Dunia 3D Imersif yang Tidak Realistis

Tren ini melibatkan pembuatan pemandangan yang tidak realistis dengan detail abstrak dan terkadang tidak masuk akal. Hal ini memiliki daya tarik yang unik dan dampak yang kuat pada pengguna, mendorong mereka untuk menikmati dunia mewah di mana mereka dapat menghindari rutinitas yang membosankan.

Biasanya, proyek yang mengadopsi tren ini memiliki tampilan visual yang berat. Mereka memiliki banyak efek dinamis dan fitur interaktif yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi pemandangan. Beberapa proyek juga memiliki latar belakang audio dan elemen video yang terintegrasi.

Gratifikasi

Tren gamifikasi kini menjadi populer dalam dunia web. Meskipun tidak ada jaminan bahwa gamifikasi dapat dieksekusi secara sempurna dan bebas dari kesalahan, terutama karena beberapa browser masih mengalami masalah ketidakcocokan atau merender elemen yang berbeda dan tidak terduga yang didukung oleh WebGL dan Three.js sebagai dasar dari banyak konsep gamifikasi, namun pengguna terobsesi dengan itu. Gamifikasi dapat menambahkan faktor “wow” yang menarik bagi audiens.

Keuntungan terbesar dari gamifikasi adalah bukan berarti hanya permainan, tetapi juga memungkinkan untuk menambahkan fitur, mekanik, dan elemen UI yang mirip dengan game ke situs web. Oleh karena itu, opsi gamifikasi yang sesuai dengan identitas merek, anggaran, kemampuan tim, dan ekspektasi pasar dapat ditemukan dengan mudah. Contohnya, dengan menggunakan proses penyelesaian yang mewah, kuis, teka-teki, peta interaktif, dan infografis untuk menarik perhatian pengguna.

Tampilan Produk Interaktif

Mengadopsi tampilan produk interaktif atau animasi adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan tampilan situs web, meskipun tidak memiliki anggaran besar atau tim teknologi yang canggih.

Tampilan produk interaktif memiliki banyak manfaat. Ini akan membuat pengunjung tetap terlibat dengan menciptakan perasaan yang halus namun kuat untuk menemukan dan memberikan alasan kuat dalam memilih sebuah situs web. Tampilan produk interaktif juga dapat membuat pengunjung bertahan lama dan membuat mereka kembali lagi.

Situs web dapat dihias dengan tampilan produk dengan efek hover atau rollover, gerakan hiper, transisi mewah, atau animasi lucu untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Namun, perlu diingat untuk tidak terlalu berlebihan dengan detail, kekacauan, atau kelebihan gambar karena dapat merusak keseluruhan tampilan produk.

Centerpieces 3D abstrak

Terakhir namun tidak kalah penting, tahun 2023 akan melihat lebih banyak centerpieces 3D abstrak yang akan mempesona dengan kepribadian dan karisma perusahaan dengan cara yang unik dan memberikan kesan pertama yang kuat.

Alasan di balik tren ini cukup sederhana. API JavaScript untuk merender grafik 2D dan 3D interaktif semakin fleksibel, stabil, dan kompatibel dengan browser dan perangkat. Ini berarti semakin banyak pengembang web akan menggunakan teknik ini untuk menguji batas mereka dan menciptakan sesuatu yang mewah dan indah.

Perlu diingat bahwa untuk mengikuti tren ini, dibutuhkan solusi-solusi yang abstrak dan unik. Mereka juga didukung oleh teknik-teknik inovatif untuk mengatasi dan menunjukkan batas-batas dan kemungkinan teknologi saat ini.

Scrolling  Zoom Paralaks

Paralaks telah ada selama berabad-abad, dan selalu berkembang dan maju. Beberapa tahun lalu, teknik paralaks horizontal dan vertikal digunakan untuk menciptakan pengalaman mendongeng yang luar biasa di dua sumbu terkenal. Namun, sekarang teknik tersebut mendorong batas dengan memperkenalkan dimensi baru, sumbu Z, untuk menciptakan kedalaman yang lebih realistis.

Scrolling zoom paralaks adalah tren baru yang diadopsi oleh beberapa merek besar. Dengan teknik ini, pengunjung dibawa pada pengalaman yang unik, di mana situs web mereka terlihat bergerak masuk dan keluar. Gerakan tiga dimensi ini merupakan salah satu yang harus dicontoh untuk mengikuti tren yang sedang berkembang ini.

Kursor Mouse yang Disesuaikan dan Dianimasikan

Pada tahun 2023, fokus pengembangan situs web akan beralih ke kursor mouse yang dapat disesuaikan dan dianimasikan. Interaksi pengguna dengan elemen situs web akan menjadi sangat penting dalam memengaruhi apakah mereka tetap berada di situs atau meninggalkannya. Tren saat ini adalah untuk mengubah alat yang esensial dan dangkal ini menjadi instrumen yang menyenangkan dan memiliki kemampuan yang lebih luas.

Solusi kursor yang disesuaikan dan dianimasikan dapat memberikan dampak positif pada pengalaman pengguna dan memotivasi mereka untuk menjelajahi situs lebih lama. Dalam hal ini, pengguna tidak hanya mengarahkan dan mengaktifkan elemen pada antarmuka pengguna, tetapi juga menikmati proses tersebut atau memperoleh informasi yang bermanfaat selama proses tersebut berlangsung.

Selain memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan, beberapa solusi kursor dapat juga berkontribusi pada aksesibilitas. Misalnya, kursor yang terlalu besar dapat membantu mereka yang memiliki gangguan penglihatan untuk bergerak di sepanjang situs web tanpa kesulitan, sedangkan kursor dengan tooltip pop-up dapat memperjelas fungsi elemen. Beberapa solusi bahkan dapat mengubah tampilan kursor saat mengklik konten tertentu, sehingga proyek menjadi lebih intuitif dan praktis.

Kebangkitan Tooltip

Tren baru lain yang sedang naik daun di dunia desain web adalah kebangkitan tooltips. Dalam rangka meningkatkan pengalaman pengguna dan memenuhi kebutuhan audiens, desainer web memanfaatkan ikon, pintasan, dan cuplikan teks dengan tooltip informatif dan deskriptif untuk memperjelas tujuan elemen dan menjelaskan langkah selanjutnya yang harus diambil oleh pengguna.

Dengan menggunakan tooltips, dapat meningkatkan kegunaan dan pengalaman pengguna dengan menghilangkan pintasan yang tidak jelas atau memiliki interpretasi yang dapat diperdebatkan. Selain itu, tooltips juga menawarkan ruang baru bagi desainer web untuk bermanuver dalam membuat antarmuka yang lebih intuitif dan mudah dipahami.

Untuk mengikuti tren ini, desainer web dapat memulai dengan memilih ikonografi dan teks yang tepat untuk digantung pada tooltip. Pilihlah ikon yang kurang familiar atau belum banyak digunakan oleh pasar, atau gunakan teks yang membutuhkan klarifikasi. Tambahkan instruksi, deskripsi, atau gambar singkat namun jelas ke dalam tooltip dan tunjukkan pada hover agar pengguna dapat dengan mudah memahami dan menggunakannya.

Animasi Mikro yang Bermakna

Tren baru dalam pengembangan situs web pada tahun 2023 selanjutnya adalah penggunaan animasi mikro yang bermakna. Animasi mikro ini akan difokuskan pada meningkatkan pengalaman pengguna dan kegunaan platform web secara keseluruhan, selain memberikan hiburan dan kesenangan.

Animasi mikro yang bermakna ini dapat memiliki banyak kasus penggunaan, seperti membantu pengguna melalui interaksi mereka dengan situs web, memberikan petunjuk arah yang benar, mengklarifikasi elemen yang membingungkan, memberikan umpan balik visual, menampilkan perubahan dengan lebih jelas, dan membuat elemen navigasi penting lebih menonjol.

Contoh penerapan animasi mikro yang bermakna dapat dilihat pada sektor eCommerce, di mana animasi mikro digunakan untuk memberikan gambaran singkat namun jelas tentang produk yang ditawarkan. Dengan demikian, pengguna dapat memperoleh informasi yang lebih lengkap tentang produk tanpa perlu membaca deskripsi produk yang panjang.

Penggunaan animasi mikro yang bermakna dapat meningkatkan kegunaan dan pengalaman pengguna pada situs web. Oleh karena itu, animasi mikro perlu diterapkan dengan tepat dan sesuai dengan konteks agar dapat memberikan manfaat maksimal bagi pengguna.

Terakhir, tetapi tidak kalah penting

Fitur interaktif memiliki kemampuan unik untuk berkembang cukup cepat. Suatu hari itu hanya kursor mouse yang disesuaikan, hari berikutnya sudah ada jejaknya. Oleh karena itu, memegang tangan pada denyut nadi sangat penting.

Pengalaman interaktif bukan satu-satunya tren besar di bidang desain web. Maksimalisme digital, claymorphism, estetika 90-an, warna cerah, pembuktian media sosial yang kreatif, tipografi terintegrasi, inklusivitas, dan lain-lain juga menjadi pemain utama di arena ini. Mari kita pertimbangkan mereka sedikit lebih dekat.

Kesehatan Situs Web sebagai Bagian dari Desain

Menampilkan kesehatan situs web kepada pengguna penting karena beberapa alasan. Pertama, ini memungkinkan pengguna untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang status situs web saat ini dan masalah potensial apa pun yang mungkin memengaruhi pengalaman mereka. Ini sangat penting untuk situs web yang diandalkan pengguna untuk tugas-tugas penting, karena membantu mencegah frustasi dan memastikan bahwa pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka dengan lancar.

Selain itu, menampilkan informasi kesehatan situs web dapat membantu membangun kepercayaan pengguna dengan menunjukkan transparansi dan komitmen untuk menjaga keandalan situs. Jika pengguna mengetahui masalah apa pun yang mungkin memengaruhi situs web, mereka cenderung memiliki kepercayaan pada situs tersebut dan bersedia untuk terus menggunakannya.

Selain itu, menampilkan informasi kesehatan situs web juga dapat bermanfaat bagi pemilik situs web, karena memungkinkan mereka mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin memengaruhi situs dengan cepat. Dengan melacak dan menampilkan status berbagai komponen situs web, lebih mudah untuk menentukan di mana masalah terjadi dan mengambil langkah untuk memperbaikinya. Ini dapat membantu meminimalkan waktu henti dan memastikan bahwa situs web berfungsi secara optimal.

Secara keseluruhan, menunjukkan kesehatan situs web kepada pengguna penting untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan pengguna serta memastikan kelancaran fungsi situs web.

Ada dua opsi untuk menampilkan kesehatan situs web:

  1. Halaman status

Menampilkan status kesehatan situs web kepada pengguna merupakan hal yang sangat penting. Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang situasi terkini dan masalah yang mungkin terjadi pada situs web. Hal ini terutama penting bagi situs web yang sering digunakan untuk tugas-tugas penting, karena hal ini membantu menghindari frustasi dan memastikan bahwa pengguna dapat menyelesaikan tugas mereka dengan lancar.

Selain itu, menampilkan informasi kesehatan situs web juga dapat membantu membangun kepercayaan pengguna dengan menunjukkan transparansi dan komitmen untuk menjaga keandalan situs. Jika pengguna mengetahui adanya masalah, mereka akan lebih percaya pada situs tersebut dan akan terus menggunakannya.

Tidak hanya bermanfaat bagi pengguna, menampilkan informasi kesehatan situs web juga bermanfaat bagi pemilik situs web. Dengan menampilkan status berbagai komponen situs web, pemilik situs dapat lebih mudah mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi dengan cepat. Hal ini dapat membantu meminimalkan waktu henti dan memastikan bahwa situs web berfungsi dengan baik.

Secara keseluruhan, menunjukkan status kesehatan situs web kepada pengguna sangat penting untuk menjaga kepuasan dan kepercayaan pengguna, serta untuk memastikan kelancaran fungsi situs web.

  1. Lencana status

Lencana status adalah grafik kecil yang menampilkan informasi tentang status situs web saat ini, seperti persentase waktu aktif. Alat ini sangat berguna bagi pemilik dan pengguna situs web karena memberikan cara yang jelas dan ringkas untuk melihat status situs saat ini secara cepat.

Bagi pemilik situs web, lencana status dapat menjadi alat yang berguna untuk memantau waktu aktif situs mereka secara real-time. Dengan menampilkan persentase waktu aktif, pemilik situs dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah apa pun yang mungkin terjadi pada situs. Hal ini dapat membantu meminimalkan waktu henti dan memastikan bahwa situs web selalu berfungsi dengan baik

Sementara itu, bagi pengguna, lencana status dapat menjadi cara yang berguna untuk melihat status situs web dengan cepat. Jika lencana menunjukkan bahwa situs sedang mengalami masalah atau downtime, pengguna dapat memilih untuk kembali lagi nanti atau menggunakan situs alternatif. Ini dapat membantu mengurangi frustasi dan meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

Secara keseluruhan, lencana status adalah alat yang sangat berguna bagi pemilik dan pengguna situs web. Alat ini memberikan cara yang mudah untuk melacak dan memantau waktu aktif situs web, serta membantu meminimalkan waktu henti dan meningkatkan pengalaman pengguna.

Maksimalisme Digital

Kita merasa lelah dengan solusi yang terlalu sederhana dan filosofi “kurang lebih”. Menjadi sangat sederhana dan lugas di dalam dunia digital yang sudah sangat jenuh memang memiliki keuntungan-keuntungannya. Namun, pendekatan yang terlalu membatasi ini dapat berdampak negatif pada pemikiran kreatif. Dengan adanya berbagai teknologi yang luar biasa di ujung jari kita, hampir tidak mungkin untuk mengabaikan kesempatan untuk tampil. Inilah sebabnya mengapa maksimalisme digital kembali muncul dan menemukan tempatnya kembali di dalam desain web. Siap atau tidak, itu akan menjadi tren desain web di tahun 2023.

Maksimalisme digital adalah tentang menjadi kuat, membedakan diri, dan berani dengan memanfaatkan teknik-teknik canggih dan mengeksploitasi pendekatan tradisional sejauh mungkin untuk mendorong batas. Ini memungkinkan individu untuk bereksperimen dan membiarkan imajinasi mereka menjadi liar di lingkungan yang terbuka.

Jadi, apa yang diharapkan dan bagaimana memanfaatkan tren ini? Ikuti praktik terbaik berikut:

  1. Hargai elemen melalui perpaduan gaya, warna, dan nada
  2. Gabungkan pola yang berulang, bentuk, dan elemen
  3. Bermain dengan kontras motif, gaya, dan bahkan teknik
  4. Padukan gaya dari periode dan zaman yang berbeda
  5. Dorong benturan desain dan peluk kekacauan
  6. Manfaatkan scrapbooking
  7. Hapus pentingnya ruang putih dan antarmuka lapang di dalam area hero atau blok tertentu
  8. Gunakan skema warna yang berani dan bentrok
  9. Mengadopsi teknik tumpang tindih
  10. Ajak semua orang untuk menggunakan garis atau grafik secara berlebihan

Ketika bermain dengan maksimalisme digital, sangat penting untuk tetap berpegang pada aturan dasar: memastikan konten dapat dibaca dengan baik dan tetap dapat diakses, responsif, dan mobile-friendly.

trend desain 2023

Estetika tahun 90-an dan 00-an

Estetika tahun 90-an dan 00-an semakin populer di kalangan desainer web. Beberapa seniman mengambil inspirasi dari kebrutalan dan kekasaran internet jadul, sedangkan yang lain fokus pada gaya retro. Namun, gaya ini telah dirombak ulang dengan cermat untuk memberikan pengalaman terbaik.

Untuk mengikuti tren ini, desainer web perlu memiliki keterampilan yang baik dalam menyeimbangkan antara kesan kasar dan modern. Berikut adalah beberapa fitur ikonik yang dapat diadopsi:

  1. Skeuomorphisme
  2. Desain piksel dan ikon desktop
  3. Blok warna menu cerah
  4. Kursor yang mencolok
  5. Penggunaan bahan mentah
  6. Area pahlawan yang padat dan berat secara visual
  7. Penggunaan slogan ironis dan penggoda
  8. Desain utilitarian mencolok dengan tepi tajam dan palet warna yang direndam

Selanjutnya, desainer dapat mengambil interpretasi nostalgia yang lebih kompleks dengan menambahkan efek dinamis canggih yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan generasi Milenial dan Gen Z.

Claymorphism

Claymorphism adalah tren desain yang didasarkan pada pondasi Neumorphism dan khususnya populer di kalangan desainer grafis. Dalam era desain berwarna-warni, gradien yang inspiratif, ilustrasi 2D dan 3D, tipografi hidup, dan gaya retro, claymorphism berkembang pesat.

Seperti yang dijelaskan oleh Adrian Bece, claymorphism menggunakan dua jenis bayangan, inner shadow dan outer shadow, untuk menciptakan efek 3D dan lembut yang lebih canggih daripada Neumorphism. Dalam beberapa kasus, claymorphism mengingatkan kita pada karakter kartun dengan permukaan yang sangat lembut namun dengan getaran digital. Contohnya di platform Dribbble atau Behance. Saatnya menggunakan claymorphism di desain web.

Meskipun claymorphism memiliki potensi yang sangat besar, penggunaannya masih dibatasi pada beberapa kasus seperti tombol ajakan bertindak, beralih elemen, bagan, kartu-kartu, ikon, dan ilustrasi pahlawan. Claymorphism sangat cocok digabungkan dengan tren besar lainnya di tahun 2023, yaitu interaksi mikro dan animasi. Beberapa desainer dan pengembang web juga menambahkan sedikit efek dinamis ke dalam desain claymorphic mereka.

Namun, perlu diperhatikan bahwa desain claymorphism bisa terlihat terlalu kekanak-kanakan jika tidak diterapkan dengan tepat. Jika warna dan bayangan digunakan dengan salah, desain web bisa terlihat kurang dewasa dan kurang elegan. Oleh karena itu, penting untuk memilih palet warna yang sesuai, menjaga aksesibilitas, menjaga hierarki visual, dan memastikan kontras yang tepat untuk meningkatkan keterbacaan.

Pewarnaan Cerah dan Gradien Pastel Halus

Mari kita jujur, dalam hal tren warna, industri desain web mengabaikan trendsetter di bidang ini, yaitu Pantone. Jangan berharap untuk melihat warna Viva Magento (Pantone 2023) dalam waktu dekat. Mungkin warna ini akan muncul di beberapa proyek, tetapi tidak akan signifikan. Namun, ini tidak berarti bahwa tidak akan ada tren warna lainnya. Sebaliknya, kita akan melihat parade warna utama.

Untuk memulai tahun baru dengan kuat, dua tren besar yang dapat dicoba adalah “warna dopamin” dan gradien pastel yang halus.

“Warna Dopamin” adalah tren peningkatan pewarnaan dalam desain web yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan berhenti. Tren ini berasal dari istilah “dopamine fashion” – berpakaian dengan warna-warni yang membangkitkan kebahagiaan – yang banyak digunakan oleh industri fesyen musim panas ini. Tren ini tentang memilih palet warna cerah, berani, dan hidup yang membuat pengunjung merasa senang, percaya diri, atau santai. Di dunia pasca-penguncian dengan ketegangan geopolitik yang intens, pengguna digital membutuhkan platform web yang dapat memberikan pengalaman positif dan menghibur.

Bagaimana cara menerapkan tren ini pada antarmuka pengguna web? Sama seperti di industri fesyen, tidak ada solusi yang cocok untuk semua orang karena hubungan antara warna dan emosi itu rumit. Asosiasi pribadi dengan emosi tertentu bersifat subjektif. Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa warna tertentu terkait dengan emosi tertentu secara universal. Misalnya, warna hitam diasosiasikan secara luas dengan kepercayaan diri dan kekuatan karena mayoritas dari kita percaya orang berkulit hitam terlihat berwibawa. Oleh karena itu, beberapa petunjuk yang diambil dari stereotip dapat digunakan untuk menghasilkan kesan positif pada target pasar.

Mulailah bereksperimen dengan palet warna yang cerah dan mencolok. Ungu, hijau, kuning, merah muda, dan neon akan bekerja dengan sangat baik. Ambil inspirasi dari kebangkitan kembali gaya psychedelic era 70-an yang kaya akan pelangi warna optimis untuk mempesona dan memanjakan mata.

Gradien Pastel

Jika percikan neon yang terang terlihat di seluruh latar belakang keunguan bukanlah pilihanmu, ada tren besar lain dalam desain web – yaitu gradien pastel. Didukung oleh tren imersif lainnya seperti claymorphism, solusi halus dan seimbang, gradien pastel dapat menjadi pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin tetap netral atau menanamkan berbagai emosi lainnya dalam desain web mereka.

Kabar baiknya adalah gradien sederhana dapat digunakan di mana saja, mulai dari ilustrasi hingga tampilan produk hingga ikon, menghasilkan estetika yang keren, kreatif, dan terkadang indah. Para desainer telah menghasilkan campuran yang tidak beraturan dan multiwarna untuk memenuhi berbagai skenario kasus penggunaan. Ada beberapa area di mana gradien pastel membuka potensinya, seperti:

  1. Cocok dengan claymorphism. Gradien pastel dapat digunakan dalam ilustrasi dan ikon untuk memperkuat efek keseluruhan
  2. Cocok dengan latar belakang yang dinamis dan animasi. Gradien pastel sangat cocok dengan kanvas cair
  3. Menarik saat digunakan bersamaan dengan tekstur berpasir, berbutir, cair, atau metalik
  4. Menghentikan perhatian dalam centerpieces 3D interaktif abstrak atau animasi yang mengalir
  5. Menambahkan elemen memesona ke video atau penggoda produk
  6. Mendukung tampilan produk

Namun, ketika menerapkan gradien, sangat penting untuk diingat bahwa meskipun mereka serbaguna dan trendi, ini tidak berarti mereka harus merupakan perpaduan nada. Terkadang, less is more. Terlalu banyak hal bisa membuat pelanggan merasa terganggu. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencapai keseimbangan dan memastikan gradien pastel menambah dampak keseluruhan daripada menghancurkannya. Selain itu, lebih baik melakukan beberapa pengujian A/B untuk memahami apa yang diharapkan audiens dari dan solusi apa yang paling sesuai.

Inspirasi Kreatif Media Sosial

Kepercayaan menjadi hal utama yang harus dimiliki oleh perusahaan di era digital. Di dunia digital yang anonim, kepercayaan dan kredibilitas menjadi dua hal yang sangat diinginkan oleh audiens. Hal ini mempengaruhi proses pengambilan keputusan dan dapat mengubah pengguna biasa menjadi duta merek.

Membangun kepercayaan merupakan tantangan yang sebenarnya dan semakin rentan. Namun, hal ini perlu dilakukan apabila ingin berhasil di dalam niche. Studi menunjukkan bahwa orang lebih cenderung untuk mengambil tindakan tertentu jika mereka mempercayai perusahaan atau melihat orang lain melakukan hal yang sama.

Karena itu, dapat diprediksi bahwa semakin banyak perusahaan akan memperkenalkan bukti sosial pada situs web mereka. Namun, perusahaan tidak akan menjadikannya membosankan. Mereka akan menggunakan kreativitas mereka untuk mengatasi kebisingan, menyampaikan pesan yang tepat, dan membuat pelanggan ingat bahwa produk layak dipercaya.

Tren ini menunjukkan bahwa ulasan, umpan balik, dan statistik yang digunakan untuk mengukur dan memenuhi syarat merek akan semakin menarik dan menyenangkan. Pada tahun 2023, hal ini akan tetap menjadi pemain yang layak yang berkontribusi pada pengalaman pengguna secara keseluruhan, mendukung tema umum, dan membangkitkan minat, membangun kepercayaan untuk mendorong interaksi dan meningkatkan konversi.

Untuk mengikuti tren ini, jangan menjadikan bukti sosial sebagai hal yang sepele. Perkenalkan interaksi mikro, animasi, efek dinamis, dan elemen grafis yang bergaya ke area dengan ulasan dan umpan balik. Buat mereka menyatu dengan lingkungan situs web dan menghasilkan kesan yang kuat.

trend desain web 2023

Tipografi

Tahun sebelumnya, kita telah menyaksikan banyak tren fantastis di dalam kategori desain web, mulai dari tipografi yang disederhanakan hingga fotografi detail, penggunaan font tradisional dengan wajah besar, hingga penggunaan jeda kata. Sama seperti pewarnaan, tipografi juga merupakan elemen penting dari antarmuka pengguna yang menunjukkan tren-tren yang terus berkembang sepanjang tahun.

Meskipun sulit untuk memprediksi tren apa yang akan menggairahkan pikiran para desainer web bulan depan dan apa yang dibutuhkan oleh audiens kita agar situs web kita terlihat menarik bagi mereka, ada beberapa tren utama yang harus diperhatikan karena mereka telah memberikan tampilan modern bagi situs web kita. Mari kita lihat beberapa tren desain web yang sedang terjadi. Tren-tren ini akan menjadi awal yang sempurna untuk tahun mendatang.

Integrasi Tipografi

Tren desain situs web dari tahun 2022 terus populer hingga tahun 2023. Tren ini telah digunakan dalam berbagai industri untuk menarik perhatian target pasar yang berbeda dan terbukti efektif untuk semua jenis bisnis. Biasanya, tipografi digunakan pada area pahlawan atau jarang di bagian tengah atau kaki halaman.

Integrasi tipografi terutama menekankan pada pembuatan karya tipografi digital yang rumit dan mempesona. Tipografi harus terintegrasi secara mulus ke dalam komposisi, meningkatkan efek keseluruhan dan memperkuat pesan yang ingin disampaikan. Pada saat yang sama, tipografi juga harus bisa memecah keseragaman dan tata letak tradisional sehingga halaman terlihat ramping dan ultra-modern.

Berikut adalah beberapa cara untuk menerapkan tren ini:

  1. Gunakan tampilan font yang besar, tebal, dan rapi dengan kombinasi kanvas bergaya lembar memo
  2. Gunakan jenis huruf yang unik dan karismatik dengan corak kepribadian merek yang ditempatkan tepat di atas kanvas yang bersih dan abstrak
  3. Padukan tipografi dengan animasi atau visualisasi 3D
  4. Bermain dengan jenis huruf dan efek dinamis
  5. Letakkan tipografi di atas gambar, ilustrasi, potret, dan latar belakang yang cerah, atau biarkan tipografi bersentuhan dengan semua elemen ini, menampilkan hanya sebagian dari frasa
  6. Cobalah bentuk dan pola geometris yang unik untuk menciptakan solusi keramaian neo-brutal
  7. Gunakan daya tarik yang terlalu disederhanakan namun elegan dan karismatik dengan mengintegrasikannya ke dalam keseluruhan desain

Tata Letak Tipografi

Tata letak tipografi adalah tren lain yang sukses bermigrasi dari tahun 2022 ke tahun 2023 dengan popularitas yang terus meningkat. Tren ini membawa beberapa solusi fantastis ke dunia digital.

Fitur utama dari pendekatan ini adalah tipografi yang berani, mengesankan, dan rumit, dengan sedikit elemen visual lainnya. Tipografi ini bergantung pada bahasa atau pesan yang kuat untuk menarik pengguna. Dengan begitu, ia tidak hanya menyampaikan pesan, tetapi juga menghasilkan dampak visual pada audiens.

Ciri-ciri utama dari tren ini yang dapat diaplikasikan dalam desain situs web antara lain:

  1. Menggunakan jenis huruf besar, tebal, tetapi sederhana yang didukung oleh animasi atau efek gulir
  2. Menggunakan tipografi besar, interaktif, dan animasi yang menarik
  3. Mengkombinasikan jenis huruf yang rumit dengan efek yang dipicu mouse pada permukaan yang bersih dan monoton
  4. Mengatur kata dan frasa secara cerdas dalam font tradisional dan memperkaya dengan interaksi mikro atau efek hover dan rollover

Desain Teks Melengkung

Desain teks melengkung adalah tren desain yang masih populer hingga tahun 2023. Tren ini memiliki daya tarik yang kuat karena titik fokus kecil yang memperkuat dampaknya pada desain secara keseluruhan. Desain ini menambahkan efek dinamis dan interaksi mikro yang dapat memperbaiki pengalaman pengguna dan membuat desain terlihat modern.

Solusi fantastis ini memiliki berbagai kasus penggunaan yang berbeda, seperti desain teks berbentuk lingkaran penuh yang biasanya digunakan di area hero, sedangkan teks berbentuk busur umumnya digunakan pada kartu dan widget di bagian tengah situs web.

Untuk memperbanyak desain teks melengkung, pertama-tama pahami dasar-dasar dari efek montok, yang berdiri di balik segala bentuk melengkung seperti lingkaran, busur, dan spiral. Selanjutnya, tentukan bidang penggunaannya dan hias teks melengkung dengan efek dinamis seperti berputar, memutar, atau bergerak sepanjang sumbu. Akhirnya, letakkan desain teks melengkung di tempat yang tepat, yang dapat dengan mudah menempati tempat yang inginkan atau bahkan tumpang tindih dengan gambar atau teks atau duduk tepat di sudut.

Kata-kata terakhir tentang tren tipografi

Saat memilih untuk mengadopsi tren tipografi tertentu, penting untuk memastikan agar tipografi mudah dibaca. Buatlah bagian tengah tipografi yang rumit, namun jika tidak menyampaikan pesan yang benar, hal itu dapat merugikan perusahaan daripada menguntungkan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan bahwa audiens memahami makna di baliknya. Satu-satunya pengecualian adalah ketika tipografi tidak memiliki konteks apapun dan semata-mata digunakan untuk memberi kesan.

Inklusivitas

Inklusivitas adalah tren besar di semua industri, termasuk dalam desain web. Filosofinya adalah untuk tidak membedakan pengguna berdasarkan usia, jenis kelamin, ras, etnis, seksualitas, bahasa, budaya, agama, negara, dan latar belakang. Ini tentang menghilangkan bias dan asumsi dari situs web Anda dan memastikan bahwa pengguna tidak merasa dikecualikan.

Bagaimana cara desainer web menerapkan tren inklusivitas di situs web? Ada banyak cara untuk melakukannya, seperti menggunakan gambar inklusif, ilustrasi, dan ikon yang memperlihatkan orang-orang dari berbagai latar belakang. Desainer web juga dapat membuat versi situs web gelap dan terang dan membiarkan pengunjung memilih opsi yang paling sesuai dengan mereka.

Inklusivitas juga berhubungan dengan aksesibilitas. Oleh karena itu, desainer web dapat meningkatkan aksesibilitas situs web mereka dengan memberikan panel kontrol untuk pengunjung agar dapat memilih profil aksesibilitas yang sesuai dengan kebtuhan mereka. Contoh dari hal ini dapat dilihat di majalah berita WebDesigner Depot yang menyediakan panel kontrol untuk pembaca agar dapat memilih profil aksesibilitas yang ideal bagi mereka tanpa mengalihkan mereka dari halaman utama situs web.

Ingin menjadi ahli desain web? Bergabunglah dengan program Digital Design & Illustration di IDS dan dapatkan keterampilan yang dibutuhkan untuk menciptakan situs web yang menakjubkan dan efektif. Jangan biarkan kurangnya keterampilan menghambat ambisimu! Mulai belajar hari ini dan menjadi ahli desain web yang diimpikan. Daftar sekarang di IDS dan mulai perjalananmu menuju karier yang sukses di bidang desain web.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer