Blog

BAGIKAN

Tren Warna 2023: Perkembangan Warna-warna Terbaru dan Inspirasi Penggunaannya

Tren Warna 2023Setiap tahun, biasanya akan ada tren warna yang diprediksi akan menjadi Color of The Year. Biasanya Pantone merupakan sumber yang dijadikan acuan dalam menentukan tren warna setiap tahunnya. Pantone juga biasanya memiliki analisis warna-warna yang akan banyak dipakai di ajang pekan mode seperti New York Fashion Week. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tren warna 2023 pun sudah dirilis oleh Pantone. Selain Pantone, ada WGSN (Worth Global Style Network) yang menjadi referensi untuk memprediksi tren warna pada setiap tahunnya.

Tren Warna 2023

  1. Viva Magenta

Viva Magenta

Dilansir dari website resmi Pantone, Pantone memilih warna Magenta sebagai Color of The Year untuk tahun 2023. Termasuk ke dalam keluarga warna merah, magenta menunjukan ekspresi dari kekuatan. Viva magenta diibaratkan sebagai warna yang menunjukkan keberanian dan tidak memiliki rasa takut. Selain itu, viva magenta pun diibaratkan sebagai warna yang mengekspresikan perayaan dari kebahagiaan serta rasa optimis.

  1. Digital Lavender

Digital Lavender

Berbeda dengan Pantone, WGSN memilih digital lavender sebagai Color of The Year 2023. Menurut website resmi WGSN, warna ungu akan kembali menjadi warna kunci di 2023 yang merepresentasikan  wellness dan digital escapism. Proses penyembuhan diri akan menjadi prioritas utama bagi orang-orang yang ingin melindungi serta fokus terhadap kesehatan mentalnya. Warna Digital Lavender dianggap akan terhubung kepada prioritas tersebut dan menawarkan perasaan yang stabil dan seimbang.

Para peneliti pun menyarankan warna dengan panjang gelombang yang lebih pendek, seperti Digital Lavender, yang membangkitkan ketenangan serta ketentraman. Dengan warna yang sudah familiar dalam kultur digital, WGSN memprediksi warna Digital Lavender untuk mempertemukan dunia virtual serta dunia nyata.

  1. Beetroot Purple

Beetroot Purple

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, selain menentukan Color of The Year, Pantone juga merilis prediksi tren warna pada ajang New York Fashion Week. pada tahun ini, Beetroot Purple merupakan salah satu warna yang diprediksi akan menjadi tren di NYFW. Warna yang memiliki sentuhan fuschia ini sekilas membuat kita mengingat akan warna Barbie. Hal ini seperti indikasi bahwa rona fuschia akan menjadi pembaruan tren Barbiecore yang terjadi di tahun 2022. Selain itu, di tahun 2023 ini pun Barbie merilis film terbarunya yang dibintangi oleh Margot Robbie.

  1. Tangelo

Tangelo Color

Pantone mendeskripsikan warna ini sebagai “a tangy, tasty vitamin enriched orange” dan memprediksi warna ini akan menjadi tren di dunia fashion. Warna Tangelo pun disebut-sebut dapat menjadi alternatif selain warna pink yang dapat digunakan untuk menampilkan gaya busana yang vibran dan dinamis. Beberapa desainer memilih warna ini dalam koleksinya agar menampilkan desain yang bergaya sporty seperti yang diaplikasikan pada koleksi Marni spring/summer 2023. Selain itu, Bottega Veneta pun  memilih warna ini untuk diinterpretasikan ke dalam gaun midi aksen fringes miliknya.

  1. Gray Lilac

Lilac Gray

Dua warna sebelumnya memiliki rona yang lebih “berani”. Selain warna-warna berani tersebut, Pantone pun memprediksi warna yang lebih kalem dalam tren warna 2023 miliknya. Gray Lilac merupakan salah satu warna yang dikategorikan sebagai “core classic”. Walau warna abu-abu biasanya identik dengan kesan yang kaku dan formal, Gray Lilac merupakan warna yang berbeda karena membuat warna abu-abu terkesan lebih soft dengan sentuhan lilac.

  1. Macchiato

Macchiato Color

Bagi para penyuka kopi, warna macchiato bisa juga digunakan sehari-hari untuk baju yang kamu kenakan karena menurut Pantone, warna ini masuk ke dalam tren warna di tahun 2023. Fendi dan Sacai pun sudah membuktikannya dengan menggunakan warna ini pada desain yang mereka keluarkan di tahun 2023 ini. Fendi dengan mantel klasiknya dan Sacai dengan flare pants-nya, membuat warna macchiato patut dicoba untuk menjadi tema warna pakaianmu di tahun ini.

  1. Leek Green

Leek Green Color

Dideskripsikan sebagai “a vegetal green with subtle flavor”, leek green diprediksi akan mendominasi perputaran fashion di tahun 2023. Walau terkesan pucat, warna ini bisa juga membuat para penggunanya terlihat lebih elegan. Bahkan desainer seperti Dion Lee dan Proenza Schouler membuat desain berpotongan seksi menggunakan warna ini.

Tren warna setiap tahunnya memang akan berubah dan mengikuti perubahan tren warna ini menjadi hal yang penting bagi para desainer. Nah dari tren warna 2023 ini, warna apa yang akan menjadi warna favoritmu di tahun ini?

JOIN NOW!