Blog

Tutorial Menggambar Karakter Anime Untuk Pemula

Karakter Anime

Kalau berbicara mengenai negara dengan julukan matahari terbit pasti tidak bisa lepas dengan Anime. Anime berarti animasi yang digambar menggunakan tangan ataupun lewat komputer. Penyebutan anime merujuk pada kata animation yang disingkat. Meski sama-sama berasal dari Jepang manga dan anime memiliki pengertian yang berbeda. Manga disajikan dalam bentuk buku atau komik, sedangkan anime merujuk pada semua jenis animasi.

Seseorang yang menyukai anime atau segala hal yang berbau Jepang disebut dengan Otaku. Namun meskipun kita bukan Otaku sekalipun pasti kita pernah menonton sebuah anime. Ketika menonton anime, anime menghadirkan berbagai macam jalan cerita dari yang klise hingga yang tidak biasa. Anime juga terkenal dengan ceritanya yang kompleks. Satu judul anime bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun hingga cerita tamat. 

Menonton anime tidak akan terasa membosankan karena gambarnya yang penuh warna dan cerah. Hal lainnya yang membuat anime unik adalah gaya menggambarnya yang berbeda dari kartun biasa. Tidak seperti kartun yang banyak menggunakan bentuk 3D atau CGV, hingga kini anime tetap disajikan dalam bentuk 2D. Bila kamu tertarik untuk menggambar karakter anime, berikut tutorialnya!

Tutorial Menggambar Karakter Anime

  1. Buat Struktur Kepala

Buat Struktur Kepala

Saat membuat kepala hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menggambar bentuk lingkaran. Buatlah garis horizontal yang agak panjang tepat di bagian tengah lingkaran. Selanjutnya tandai bagian tengah garis dengan tanda strip. Kemudian tambahkan 2 garis vertikal, tarik garis lurus di bagian agak bawah lingkaran sisakan ruang sekiranya ¼ bagian dari luas lingkaran, setelahnya tambahkan garis lurus lagi yang berada tepat di garis luar lingkaran. Garis-garis tersebut akan menjadi panduan kamu untuk menggambar fitur wajah seperti mata, hidung, mulut, telinga, dan dagu. 

  1. Menggambar Fitur Wajah

Menggambar Fitur Wajah

Untuk membuat dagu, tarik garis vertikal di luar lingkaran di antara dua garis horizontal. Setelahnya buat garis V yang saling terhubung. Bagian mata terletak pada garis vertikal pertama, kamu bisa menggambar mata di bagian tersebut. Menggambar mata pada karakter anime dimulai dengan membuat garis melengkung, lalu gambar garis pendek agak miring yang memanjang ke bawah dari sudut mata. Barulah kamu membuat bentuk oval untuk bola matanya, namun untuk bagian bawah bola mata akan lebih indah bila kamu menggunakan garis lurus sebagai batas mata dibanding dibiarkan melengkung sepenuhnya. Supaya karakter anime yang kamu buat lebih hidup, tambah 2 atau 3 buah lingkaran di dalam iris mata. Biarkan 2 lingkaran berwarna putih yang memperlihatkan refleksi cahaya. Nah, setelahnya kamu bisa mengarsir bagian pupil dengan gradien warna hitam yang semakin tipis ke bawah. Tambahkan alis di atas mata dengan menarik garis 2 garis lurus, buat garis pertama lebih pendek namun terhubung dengan garis kedua. Kemudian arsir. Terakhir, tambahkan bulu mata di atas dan di bawah mata.

Sedangkan untuk hidung, kamu bisa menggambarnya pada garis bawah lingkaran dan mulut berada di bawahnya. Hidung biasanya digambarkan hanya dengan 2 garis kecil yang memperlihatkan lubang hidung atau segitiga kecil. Sementara mulut dapat digambarkan dengan garis melengkung yang tipis. 

Telinga sendiri berada pada bagian luar lingkaran dengan garis vertikal pertama sebagai bagian tengah telinga. Membentuk telinga dapat digambarkan dengan bentuk segitiga tidak sama sisi atau bentuk segi lima. Karena bagian telinga biasa ditutupi rambut, maka kamu bisa juga melewati bagian ini.

  1. Tambahkan Rambut

Tambahkan Rambut

Rambut memiliki berbagai bentuk dari yang lurus, bergelombang, hingga keriting. Untuk membuat garis bergelombang sederhana misalnya, mulailah dari membuat poni. Tarik garis sedikit melengkung dari garis lingkaran sampai ke mata. Arah lengkungan mengikuti garis horizontal yang membagi kepala. Setelahnya, gambar rambut dari bagian atas kepala. Garis horizontal dapat menjadi patokan atau tempat menarik lengkungan pertama. Buatlah gelombang-gelombang halus memanjang. Pastikan rambut di atas kepala tidak merata tapi memiliki volume. 

  1. Menggambar Bagian Tubuh

Menggambar Bagian Tubuh

Setelahnya kita akan menggambar bagian tubuh namun hanya setengah badan saja. Pertama-tama buat garis lurus dibawah dagu dengan lebar yang disesuaikan. Buat lingkaran di ujung garis yang menunjukkan sendi lengan. Buat garis vertikal lagi yang agak pendek yang menandakan pinggang. Sambungkan garis vertikal atas bahu dengan garis vertikal bawah pinggul hingga berbentuk trapesium. Pada lingkaran yang menandakan sendi lengan, masing-masing tarik garis lurus kebawah. Kamu juga perlu menambahkan garis lagi bersebelahan dengan garis trapesium agar karakter animemu semakin terlihat memiliki lengan. Setelahnya buat leher, tarik garis dari bawah kepala hingga ke bahu sampai melewati lingkaran sendi dan turun kebawah sampai menjadi lengan, gambar perlahan agar tidak terlihat terputus. Ulangi hal yang sama di sisi lain tubuh. 

  1. Tambahkan Detail

Tambahkan Detail

Jika ingin menambahkan pakaian sederhana pada karakter animemu, kamu bisa menggambar kaos atau kemeja atau pakaian dengan tali strip. 

Sebagai pengenalan menggambar karakter anime, kamu bisa berlatih menggambar karakter setengah tubuh terlebih dahulu. Buatlah berbagai macam bentuk mata, mulut, rambut yang berbeda agar kamu terbiasa. Setelah kamu mempelajari dasar menggambar karakter anime, kamu bisa mengembangkan karaktermu dengan pose yang berbeda.

sumber: indonesiamendesain.com

JOIN NOW!