Blog

BAGIKAN

Yuk Kenalan dengan Teater Anak Nusantara!

Teater Anak Indonesia

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati seni, salah satunya adalah teater. Teater adalah salah satu seni bermain peran atau drama yang menyajikan cerita kehidupan nyata di atas pentas.

Kemunculan pertama teater terjadi sekitar tahun 500 SM di masa Yunani klasik. Teater dimainkan di atas altar oleh pendeta-pendeta dan salah satu adegannya adalah upacara memberi kurban pada dewa.

Sudah banyak teater yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Teater Anak Nusantara. Pada tanggal 27 November 2022 lalu, Teater Anak Nusantara telah sukses mementaskan Takdir Putri Sekartaji. 

Pementasan yang diselenggarakan di GOR Bulungan ini mengangkat kisah rakyat Ande-Ande Lumut dan menjadi pementasan ke-8 Teater Anak Nusantara terhitung sejak 2012 lalu.

Nah, sebenarnya apa sih Teater itu? Bagaimana Sejarahnya bisa terbentuk? 

Pengertian Teater 

Seni Teater adalah salah satu jenis kesenian pertunjukan drama yang dipentaskan di atas panggung. Pengertian teater secara spesifik adalah sebuah seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak, tari, dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog dan akting.

Secara istilah kata teater adalah segala hal yang dipertunjukkan di atas panggung untuk konsumsi penikmatnya sedangkan secara etimologis, kata teater dapat diartikan sebagai tempat atau gedung pertunjukan. 

Menurut Balthazar Vallhagen, Teater merupakan seni drama yang melukiskan mengenai sifat serta watak manusia dengan melalui gerakan.

Jenis Seni Teater 

  1. Seni Teater Modern

Bentuk teater modern di Indonesia adalah teater modern konvensional, teater modern dengan pembaharuan dan teater modern kontemporer. Teater modern mengambil pola barat sebagai referensi. Teater dipisahkan dari tari, seni suara dan musik. Kehadirannya adalah bagian dari produk kesenian yang menuju pada industri. 

  1. Seni Teater Tradisional

Teater tradisional lebih banyak mengungkap wacana kearifan lokal, sehingga merupakan sarana pewarisan ilmu hidup atau nilai-nilai kebaikan. 

Sehingga tidak hanya sebagai wadah hiburan, tetapi juga bisa sebagai wadah pendidikan di Indonesia. Teater tradisi lekat pada ritual, adat, kebiasaan dan kebudayaan lokal. Dalam teater tradisi, seni laku, tari, musik dan seni suara masih bersinergis saling melengkapi.

Salah satu sanggar teater tradisional yang terkenal di Indonesia adalah Teater Anak Nusantara.

Teater Anak Indonesia 

Sejarah Teater Anak Nusantara (TERAS)

TERAS atau Teater Anak Nusantara adalah  sanggar teater anak yang berbasis di Jakarta. Teater ini resmi didirikan pada tahun 2013 oleh Indra Wahyudi atau yang kerap disapa Onga dan menyelenggarakan pementasan perdananya.

Onga tidak sendiri mendirikan komunitas ini, ia dibantu oleh lima orang temannya yang memiliki latar belakang pemain teater juga. 

Awalnya Onga mengajar sebagai guru SD dan merasa prihatin karena masih banyak anak didiknya yang tak mengenal cerita-cerita rakyat. Ia juga sempat mengajar ekstrakurikuler teater di sekolah-sekolah dan  mengalami beberapa kendala, sampai pada akhirnya Onga memutuskan untuk mendirikan komunitas teater.

Walaupun ekstrakurikuler yang diajarkan Onga sudah tidak ada lagi, namun masih banyak anak anak yang antusias datang ke Teater Anak Nusantara. Onga berharap, dengan berdiri nya sanggar ini, Ia bisa lebih mengenalkan kisah rakyat Indonesia melalui teater yang dikombinasikan dengan hal-hal kekinian. 

Tak hanya itu, Onga juga berharap sanggar ini dapat menjadi wadah bagi para pemula yang ingin mencoba meningkatkan kepercayaan dirinya melalui dunia seni peran. 

Untuk anggota dan para pemain sanggar teras ini memiliki usia yang beragam, mulai dari SD hingga mahasiswa. Teater ini diperuntukkan untuk para pemain teater pemula ataupun yang ingin belajar Akting. 

Cerita Yang Pernah Dipentaskan 

Teater Anak Nusantara sudah satu dekade berkarya dalam seni pentas. Banyak cerita yang telah dipentaskan oleh sanggar ini, dimulai dari cerita rakyat seperti Si Pitung, Legenda Roro Jonggrang, Lutung Kasarung, Dayang Sumbi, Malin Kundang, Jaka Tarub, dan yang terbaru adalah Takdir Putri Sekartaji. 

Sudah ada beberapa artis Tanah Air yang ikut tampil bersama anggota Teater Anak Nusantara, diantaranya adalah mantan member JKT48 yang juga aktif sebagai tiktokers yaitu Triarona Kusuma. Ia ikut tampil dan juga mengajar pada sanggar ini. Dan Frislly Herlind yang masuk melalui open casting di sekolahnya.

Walaupun anggota Teras terdiri dari banyak kalangan, untuk produksi teaternya lebih banyak dilakukan oleh para pengurusnya yang sudah bekerja dan kuliah. Sementara itu, para pemain dan anggotanya baru akan bekerja sama dalam pembuatan properti.

Nah, itulah pengertian tentang Teater dan Sejarah singkat tentang Teater Anak Nusantara. Menonton teater memang hal yang seru, karena kita dapat melihat secara langsung Akting dari para pemain.

Sedang mencari kelas acting? Yuk gabung di Workshop Acting: Bisa Acting Siap Casting! Workshop ini bekerja sama dengan Asosiasi Casting Indonesia (ACI). Belajar langsung dari para Casting Director ternama Indonesia, so kamu ga akan cuma jago akting tapi juga punya network baru di dunia perfilman Indonesia. Yuk segera daftarkan dirimu!

Sumber: Kenalan dengan Teater Anak Nusantara!

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree