Blog

BAGIKAN

6 Pekerjaan Menjanjikan di Industri Animasi, Cocok untuk Pencari Kerja

teknologi terbaru dalam dunia animasi

Industri animasi dalam beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Oleh karena itu, industri animasi membutuhkan banyak sekali tenaga kerja yang kreatif dan bisa ditempati oleh orang-orang yang mempunyai kecintaan di industri ini. Meskipun demikian, pekerjaan menjanjikan di industri animasi tidak melulu orang yang mempunyai skill menggambar.

Ada banyak sekali pekerjaan menjanjikan di industri animasi yang bisa diisi oleh berbagai latar belakang. Hal tersebut karena industri animasi adalah sebuah industri yang kompleks. Beberapa tahapan di dalam membuat film animasi sangat banyak mulai dari pra produksi, produksi, dan juga pasca-produksi.

Artikel ini membahas tentang 6 pekerjaan menjanjikan di industri animasi yang cocok untuk para pencari kerja.

1. Script Writer

Dalam pembuatan film, menulis skenario adalah hal wajib yang perlu dipelajari. Sebab, skenario yang baik akan menentukan apakah sinema memiliki kualitas tinggi atau tidak. Bagi kamu yang sekarang sedang menjalani kursus film dan sedang mempelajari bagaimana membuat skenario, bisa ikuti langkah-langkah berikut ini. Menentukan tema film Pertama-tama kamu bisa menentukan tema film terlebih dulu. Tema ini berfungsi untuk menentukan plot cerita, tokoh, serta latar tempatnya. Mungkin kamu bisa mencari tema dari kehidupan nyata agar lebih mudah. Namun, kamu juga bisa menentukan tema yang terinspirasi dari imajinasimu sendiri. Perlu diingat, entah dari mana saja inspirasimu yang terpenting idenya murni dari dirimu. Membuat premis dan logline untuk intisari cerita Langkah selanjutnya adalah membuat intisari cerita dengan menggunakan premis dan logline. Premis merupakan inti cerita yang dibuat secara singkat dalam satu atau dua kalimat. Sedangkan logline adalah inti cerita yang dituliskan agak rinci yang biasanya bisa mencapai satu paragraf. Kedua hal ini perlu dilakukan agar saat penyusunan plot tidak sampai keluar dari fokus cerita. Menyusun plot yang disesuaikan dengan durasi film Tahap selanjutnya adalah menyusun plot. Fase ini adalah yang paling lama dilakukan ketika pra produksi karena plot harus disesuaikan dengan durasi film. Dalam film, terbagi menjadi tiga babak cerita yang di antaranya adalah perkenalan, petualangan karakter, dan kesimpulan. Di mana babak petualangan adalah bagian yang paling panjang dibandingkan dengan perkenalan dan kesimpulan. Apabila sudah selesai menyusunnya, dilanjutkan dengan memberikan isi cerita mengenai apa saja yang dilakukan karakter pada setiap babak. Membuat list adegan Untuk tahap ini sebenarnya masih berhubungan dengan langkah sebelumnya. Di mana beat yang akan mengisi babak dari alur yang sudah disusun dicatat pada sebuah notes digital atau kertas. Tujuannya supaya memudahkan penulisan penyusunan plot dan juga dapat menjadi rujukan kembali saat mengisi cerita di naskah. Menulis script keseluruhan sampai menjadi final draft Langkah terakhir adalah menulis keseluruhan script menjadi final draft. Isinya tidak hanya berupa nama dan perkataan karakter, tapi menjadi lebih rumit dan padat. Isi naskah berupa keterangan waktu, tempat secara rinci, kondisi karakter, dan jenis shoot yang dilakukan. Menjadi seorang penulis skenario memang tidak mudah. Tak hanya berbekal bisa menulis dengan baik, tapi juga membutuhkan imajinasi liar, pemahaman teknik pengambilan gambar, dan lain sebagainya. Untuk mempelajari itu semua, kamu bisa mendaftar kursus film atau kuliah film di Sekolah Film International Design School via online. Cek detail tentang pendaftaran online via website, kartu pra kerja, hingga webinar melalui linktree di bio Instagram IDS!

Pekerjaan menjanjikan di industri animasi yang pertama adalah script writer. Pekerjaan ini merupakan peran yang sangat penting di industri animasi. Pasalnya, sebuah film animasi pasti tidak pernah lepas dari naskah. Film animasi selalu dibuat berdasarkan naskah yang ditulis oleh script writer.

Script writer bertugas untuk menulis dan mengembangkan naskah yang akan menjadi sebuah cerita yang menarik, yang kemudian diimplementasikan dalam sebuah adegan film animasi. Seorang scriptwriter tidak perlu mempunyai kemampuan menggambar hanya perlu memastikan keseluruhan cerita mulai dari alur, karakter dll.

2. Storyboard Artist

storyboard artis (profesi dibidang animasi)

Seorang storyboard artist adalah orang yang bertanggung jawab untuk menggambar adegan demi adegan dalam film animasi. Tugas utama storyboard artist adalah untuk mengubah naskah atau skenario menjadi visual yang bisa dipahami.

Storyboard artist membutuhkan keahlian menggambar dan komposisi. Mereka juga menggambarkan urutan gambar dan aksi dan adegan yang akan di-filmkan. Storyboard artist juga perlu memperhatikan sudut kamera, pencahayaan, dan gerakan kamera untuk membantu menyampaikan suasana yang diharapkan oleh sutradara.

3. Background Artist

Background Artist

Pekerjaan menjanjikan di industri animasi adalah background artist. Background artist adalah orang yang menciptakan latar belakang atau setting untuk adegan dalam animasi. Tugas seorang background artist adalah menggambar atau mendesain visual yang akan melengkapi karakter dan cerita.

Background artist berkewajiban untuk memperhatikan detail seperti tekstur, perspektif, dan pencahayaan untuk menciptakan nuansa yang diinginkan. Background artist biasanya bekerja sama dengan storyboard artist untuk memastikan bahwa latar belakang mendukung cerita yang ingin disampaikan.

4. Character Designer

desain karakter(profesi dibidang animasi)

Selanjutnya, di industri animasi juga mempunyai pekerjaan yang menjanjikan seperti character designer. Seorang character designer bertanggung jawab menciptakan penampilan visual dari sebuah karakter dalam animasi. Tugas seorang character designer adalah mengubah deskripsi karakter dalam skenario atau naskah animasi menjadi menarik dan kohesif.

Seorang character designer wajib untuk mempertimbangkan elemen-elemen seperti proporsi tubuh, ekspresi wajah, dan pakaian untuk menciptakan karakter di film animasi yang unik dan mudah dikenali. Character designer juga harus memastikan bahwa desainnya dapat berfungsi dengan baik dalam gerakan animasi.

5. Colorist

Graphic designer at work. Color samples.

Pekerjaan menjanjikan di industri animasi adalah colorits. Colorist adalah seorang yang bertugas memberikan warna pada visual animasi. Mereka bertugas untuk mendesain karakter, latar belakang, dan elemen visual lainnya untuk menciptakan skema warna yang konsisten dan atmosferik.

Colorist memainkan peran penting dalam menceritakan cerita melalui sebuah paduan warna. Colorist dapat menggunakan warna-warna cerah untuk adegan yang ceria atau warna-warna gelap untuk menciptakan suasana yang tegang, tergantung situasi.

6. Sound Engineer

Sound Engineer (profesi dibidang animasi)

Selanjutnya, pekerjaan menjanjikan di industri animasi adalah sound engineer. sound engineer dalam industri animasi bertanggung jawab untuk menciptakan dan mengatur elemen audio dalam film. Tugasnya adalah meliputi pengambilan suara, perekaman dialog, pengeditan suara, dan penambahan efek suara.

Sound engineer juga perlu memastikan elemen audio, seperti musik dan efek suara, selaras dengan gerakan dalam animasi. Dengan menggunakan teknologi dan peralatan canggih, mereka menciptakan soundscape yang dapat mendukung cerita dan meningkatkan pengalaman penonton.

Demikian adalah 6 pekerjaan menjanjikan di industri animasi yang perlu kamu ketahui. Jika kamu ingin terjun ke dunia animasi, maka cobalah untuk belajar lebih banyak tentang profesi-profesi di atas agar kamu bisa mengisi pekerjaan di atas secara profesional.

Ingin mengasah keterampilan animasi? IDS Education adalah tempat yang tepat untuk memulai perjalanan kreatif Kamu. Bergabunglah dengan kursus animasi kami dan temukan dunia magis di balik layar!

1. Temui para ahli: Bergabunglah dengan komunitas kami yang penuh semangat dan temui para ahli industri animasi yang berpengalaman. Mereka akan memandu melalui setiap langkah dalam proses pembuatan animasi.

2. Pelajari teknik canggih: Dari animasi 2D hingga animasi 3D, pelajari teknik-teknik terbaru dalam pembuatan animasi. Dapatkan pemahaman mendalam tentang perangkat lunak animasi terkemuka seperti Adobe Animate, Autodesk Maya, dan lainnya.

3. Proyek nyata: Terapkan pengetahuan Kamu langsung dalam proyek nyata. Dengan bimbingan mentor, Kamu akan menciptakan karya animasi yang unik dan mengesankan yang akan membanggakan Kamu.

4. Koneksi industri: IDS Education memiliki jaringan luas dengan industri animasi. Dapatkan peluang magang dan tawaran pekerjaan melalui koneksi kami yang kuat dengan perusahaan-perusahaan terkemuka di industri ini.

5. Ruang kreatif yang lengkap: Nikmati fasilitas terbaik dalam lingkungan belajar yang inspiratif. Studio animasi modern, peralatan terkini, dan perpustakaan yang kaya akan referensi akan membantu mengembangkan potensi kreatif.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk belajar animasi di IDS Education. Dapatkan keahlian yang diperlukan untuk merajut cerita-cerita menarik melalui animasi yang menghidupkan imajinasi. Daftar kuliah sekarang dan mulailah petualangan animasi bersama IDS!

College Program

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry