Blog

BAGIKAN

6 Tips Terbaik dan Efektif Belajar Desain Grafis bagi Pemula

Jurusan Desain Grafis

Peluang kerja di era serba digital kini semakin besar. Salah satu profesi yang banyak diminati saat ini adalah desainer grafis. Kalau kamu adalah salah satunya, pastikan baca artikel ini sampai habis ya! Simak 6 tips cepat mahir belajar desain grafis untuk pemula berikut: 

  1. Mengumpulkan inspirasi desain

mengumpulkan ide

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai desainer grafis pemula adalah mengumpulkan inspirasi desain sebanyak-banyaknya. Kamu bisa melihat berbagai style dari karya-karya desainer yang sudah terjun lebih dulu. Bisa melalui media sosial, pinterest hingga portofolio mereka di Behance.

Semakin banyak inspirasi yang didapat tentu saja akan memudahkan kamu untuk membuat sebuah karya desain grafis. Setiap inspirasi itu dapat kamu gunakan sebagai konsep untuk membuat karakteristik desain grafis yang berbeda.

  1. Memperbanyak literasi tentang desain grafis

literasi desain

Tips selanjutnya, perbanyak literasi tentang desain grafis. Saat ini akses untuk belajar desain grafis secara mandiri sangatlah mudah. Kamu bisa mempelajari dasar-dasar ilmu desain dan pengaplikasiannya melalui buku ataupun menonton video tutorial di YouTube.

Selain itu, sudah banyak kelas/kursus online maupun offline yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan skill dan pengetahuan kamu. Salah satunya dengan belajar design di IDS I International Design School. Di IDS ada tiga program yang bisa kamu pilih, yaitu college program, short course, dan online course. 

  1. Membuat proyek desain sendiri

karier bidang desain grafis

Tips yang paling penting adalah eksekusi. Meningkatkan skill desain kamu tidak cukup dengan hanya membaca buku untuk menonton video tutorial, kamu harus banyak berlatih dan mencoba. Mulailah dengan membuat proyek desain sendiri.

Kamu bisa mencoba membuat logo dengan konsep tertentu. Selain itu, kamu juga bisa latihan langsung dengan membuat kemasan produk atau karya grafis dari produk yang populer. Jadi, jangan takut hasilnya tidak sempurna, karena semua itu perlu proses dan latihan.

  1. Menawarkan jasa desain kepada orang lain

Syarat Masuk Jurusan Desain Grafis

Mungkin awalnya kamu akan merasa tidak percaya diri saat harus membuat desain untuk orang lain. Tapi, hal ini bisa membantu mengembangkan kemampuan kamu menjadi lebih baik.

Kamu bisa mulai menawarkan jasa desain ke teman-teman terdekat secara sukarela, ini juga bisa menjadi portofolio desain kamu, lho. Setelah itu, kamu bisa membuka jasa desain untuk umum. Jangan lupa tampilkan portofolio kamu di media sosial atau blog kamu. Ini dilakukan agar orang lain paham tentang karakter dan kualitas hasil desain grafis yang kamu buat.

  1. Mengikuti forum online atau komunitas

Komunitas Desain

Kamu bisa mengikuti forum online atau komunitas yang menjadi tempat berkumpulnya para desainer grafis. Biasanya para anggota akan sering sharing tentang pengalaman atau teknik desain grafis dari pemula hingga mahir.

Nah, kesempatan ini jangan sampai kamu lewatkan. Kamu bisa berdiskusi dengan anggota lainnya yang sudah memiliki pengalaman cukup banyak. Tidak hanya menambah networking, kamu juga akan mendapatkan banyak inspirasi.

  1. Meminta feedback dari orang lain

UI Designer

Tips terakhir, jangan ragu untuk meminta feedback kepada orang lain. Kritik dan saran akan membantu kamu untuk terus berkembang. Hal ini juga akan membantu kamu untuk menilai desain dan gaya seperti apa yang diminati oleh banyak orang atau masyarakat luas. Jadikan kritik dan saran orang lain untuk penyemangat kamu lebih maju ya!

Itulah 6 tips cepat mahir belajar desain untuk pemula. Semakin yakin untuk berkarier sebagai desainer grafis? 

College Program

Step by Step to Become a Product Designer