Blog

BAGIKAN

6 Tips Menjadi Voice Over Talent yang Bisa Kamu Coba Dari Sekarang

voice over

Apakah kamu sering memperhatikan suara-suara yang mengisi latar belakang suatu iklan atau film? Teknik pengisian suara tersebut merupakan voice over. Semakin banyak orang yang tertarik dengan pekerjaan ini karena memiliki penghasilan yang menjanjikan. Bagi kamu yang tertarik untuk berkarier sebagai Voice Over Talent, baca terus artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan tipsnya.

Kenalan dengan Voice Over

Voice over merupakan teknik produksi ketika suara yang bukan bagian dari sebuah narasi digunakan untuk televisi, radio, pembuatan film, dan karya lainnya. Biasanya teknik voice over seringkali ditemukan di film-film animasi agar memperkuat karakter tokoh dalam animasi tersebut. Pemilihan talent voice over juga akan berpengaruh terhadap karakter yang dimainkannya.

Selain digunakan dalam film animasi, biasanya voice over juga digunakan dalam dunia jurnalistik. Jika kamu menonton sebuah berita di televisi yang sedang menayangkan sebuah video, maka suara reporter yang membacakan narasi kejadian tersebut sedang melakukan voice over. Dengan bantuan voice over, video yang ditayangkan pun menjadi lebih jelas mengenai di mana dan kapan kejadian tersebut terjadi.

Tips Menjadi Voice Over Talent

Jika kamu tertarik untuk memulai karier sebagai voice over talent, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  • Belajar bicara dengan jelas

Salah satu modal utama untuk menjadi voice over talent adalah berbicara dengan jelas. Kamu harus memastikan bahwa setiap kata yang kamu ucapkan dapat didengar dengan baik oleh pendengar.

Kamu pun sebaiknya yakin dengan apa yang kamu katakan. Karena jika kamu ragu, maka keraguanmu akan keluar dari suara yang kamu buat dan membuat apa yang kamu katakan menjadi kurang jelas terdengar.

voice over

  • Belajar menirukan karakter suara

Kamu suka menonton film atau iklan? Kamu bisa mulai memerhatikan film atau iklan tersebut dan perhatikan setiap karakter suara, perbedaan ekspresi wajah, perubahan mimik, serta gerakan tubuh karakter pada video tersebut. Latihlah ekspresi emosi yang bermacam-macam di depan cermin agar kamu bisa mengoreksi jika ada yang kurang. Hal ini dilakukan agar suaramu yang keluar lebih maksimal dan lebih cocok dengan emosi yang sedang kamu lakukan.

  • Latihan membaca kilat

Jika kamu sudah menjadi voice over talent, kamu mungkin tidak bisa memilih project di awal. Mungkin kamu akan menemui project yang mengharuskan kamu banyak membaca script sehingga akan membutuhkan banyak waktu untuk membacanya. Oleh karena itu dibutuhkan kemampuan untuk membaca kilat agar kamu tidak membutuhkan waktu yang lama untuk membacanya. Dengan terus berlatih, lama kelamaan kamu akan dapat mulai melakukan sinkronisasi antara mata dan mulut agar dapat membaca script dengan baik dan cepat.

  • Belajar pemanasan suara

Kamu bisa memulai hari dengan melakukan pemanasan seperti meregangkan otot-otot wajah, bersenandung, relaksasi otot leher, dan latihan pernapasan. Hanya butuh waktu 5 menit setiap paginya, kamu akan lebih siap untuk menggunakan suara. Selain membuat suaramu lebih siap, hal ini pun berguna untuk kesehatan tenggorokanmu.

  • Buat video demo

Jika kamu sudah banyak berlatih, kamu bisa mulai untuk membuat video demomu sendiri untuk dikirim kepada para klien. Jangan lupa untuk memilih video yang menurutmu memiliki kualitas paling baik dan menunjukkan kemampuan terbaikmu. Selain untuk dikirimkan ke klien, video demo ini pun bisa dijadikan bahan evaluasi skill yang kamu miliki. Dengan memiliki video-video ini, kamu dapat melakukan evaluasi mengenai sejauh mana kamu sudah berkembang. Kamu juga bisa meng-upload videomu ini ke media sosial untuk dijadikan portofolio dan sebagai personal branding.

Semoga setelah membaca tips menjadi Voice Over Talent di atas, kamu semakin termotivasi untuk belajar voice over ya! Dengan bekerja sebagai Voice Over, mungkin suatu saat nanti kamu bisa menjadi voice over talent bagi film favoritmu!

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer