Blog

BAGIKAN

Meningkatkan Penghasilan: 7 Platform untuk Menjual Karya Desain 

menjual hasil desain

Bagi kamu yang hobi desain dan ingin mencoba menambah penghasilan dengan bekerja secara freelance, mungkin kamu masih bingung mencari platform untuk menjual karya desain yang sudah kamu buat. Ada berbagai platform yang dapat kamu gunakan untuk, simak beberapa platform tersebut di artikel ini.

Platform untuk Menjual Karya Desain

Bagi pemula, tentu penting untuk mengetahui informasi mengenai platform yang terpercaya untuk menjual karya desain. Agar kamu lebih yakin untuk mengunggah hasil desain yang sudah kamu buat, berikut beberapa platform yang dapat kamu coba untuk menjual karya desainmu:

  • Designhill 

Designhill

Platform pertama yang dapat kamu coba adalah Designhill, di mana kamu sebagai desainer dapat bertemu dengan para pemilik bisnis di website ini. Beberapa karya desain yang biasanya dijual di platform ini adalah logo, kartu nama, brosur, dan lain sebagainya. Selain untuk mencari pekerjaan sebagai Freelance Designer, di sini juga kamu bisa mengikuti kontes yang biasanya diadakan untuk mendapatkan hadiah berupa uang.

  • TemplateMonster

TemplateMonster merupakan platform yang sudah populer di kalangan para desainer grafis. Di platform ini, kamu bisa menjual desain kamu yang berupa background, pattern, font, icon, ilustrasi, serta karya kamu lainnya. Tapi dikarenakan platform ini sudah banyak digunakan oleh para desainer grafis profesional, kamu harus siap dengan persaingan yang sangat ketat untuk mendapatkan pekerjaan. Oleh karena itu, kamu pun harus membuat desain yang berkualitas agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan dari platform ini.

  • ArtWeb

ArtWeb

ArtWeb pun merupakan e-commerce yang bisa menjadi tempat yang tepat bagimu untuk menjual hasil karya desain yang sudah kamu buat. Di sini, kamu dapat menjual berbagai karya desain dari mulai ilustrasi, lukisan, hingga desain kaos. Kamu pun bisa membangun jaringan dengan sesama desainer lainnya melalui ArtWeb yang akan membantumu mendapatkan penghasilan tambahan.

  • DesignCuts

DesignCuts

Persaingan yang ketat antara sesama desainer di DesignCuts memaksa para desainer untuk berlomba-lomba membuat karya desain terbaik agar mendapatkan pekerjaan melalui platform ini. DesignCuts adalah platform berbasis komunitas yang membantu para desainer agar dapat menjual karyanya mereka dengan harga yang menarik. Jika nantinya kamu berhasil terdaftar sebagai anggota DesignCuts, kamu mendapatkan akses ke basis para pelanggan setia DesignCuts.

  • Threadless

Threadless

Kamu tertarik dengan platform yang membebaskanmu untuk memiliki toko sendiri untuk mempromosikan serta menjual hasil karyamu? Threadless merupakan platform yang kamu butuhkan karena di sini kamu dapat membuka toko sendiri secara gratis lalu menjual karyamu tanpa perlu membayar apa pun! Kamu juga dapat mendapatkan pekerjaan serta mendapatkan ulasan dari pelangganmu. Dari ulasan-ulasan tersebut, Threadless akan membantumu mempromosikan karya yang sudah kamu buat agar kamu memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan penghasilan dari karya desain yang kamu buat.

  • Fiverr

fiverr

Sebagai salah satu platform terbesar untuk freelancer mendapatkan pekerjaan, kamu juga bisa mempertimbangkan untuk mendapatkan pekerjaan melalui website ini. Banyak desainer grafis, dari yang pemula hingga senior, yang sudah menjual hasil karyanya di sini. Dari mulai jasa ilustrasi, hingga desain web bisa kamu unggah di sini. 

  • Upwork

Upwork

Sama seperti Fiverr, Upwork pun sudah dikenal oleh banyak freelancer. Tetapi Upwork dikenal memiliki proses verifikasi yang cukup ketat, mulai dari mengunggah foto asli, bukti surat pajak, hingga info penting lainnya. Tetapi jika kamu sudah berhasil masuk sebagai freelancer  di Upwork, kamu memiliki kesempatan yang luas untuk mendapatkan pekerjaan. Bahkan tidak jarang ada freelancer yang mendapatkan pekerjaan tetap dari platform ini.

Ternyata banyak ya, platform untuk menjual karya desain yang bisa dicoba? Tapi jangan lupa, satu hal yang perlu kamu ingat adalah buatlah karya yang berkualitas agar di mana pun platform yang kamu coba, kamu bisa mendapatkan pekerjaan dari platform tersebut.

College Program

Fast Track to International Degree