Blog

BAGIKAN

Bikin Nostalgia, Serial TVRI Legendaris Losmen Bu Broto Diangkat ke Layar Lebar

Losmen Bu Broto Bakalan Tayang Dalam Waktu Dekat

Kabar yang cukup mengejutkan datang dari dunia hiburan tanah air. Serial legendaris TVRI, Losmen Bu Broto segera bisa kita jumpai di bioskop dengan format baru. Yang bertanggung jawab terhadap adaptasi Losmen Bu Broto ke layar lebar ini adalah rumah produksi Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment dengan mengajak nama-nama artis lintas generasi saat ini mulai dari Maudy Ayunda, Putri Marino hingga Maudy Koesnaedi dan Mathias Muchus.

Serial TVRI 80-an “Losmen” akan di-Reboot

Rumah produksi Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment melalui karya terbarunya berjudul Losmen Bu Broto bakal membuat penonton televisi Indonesia di tahun 80-an kembali bernostalgia. Film dengan judul yang mirip ini adalah reboot yang diadaptasi dari serial legendaris Losmen yang tayang di TVRI pada tahun 80-an. 

Serial yang sempat sukses dengan 31 episode dan menjadi cikal bakal sinetron di Indonesia, dulunya dibintangi oleh Mieke Wijaya, Mang Udel, Sutopo HS, Mathias Muchus, Ida Leman, Eeng Saptahadi dan Dewi Yull. Sementara untuk versi reboot layar lebarnya nanti, Ifa Isfansyah dan Eddie Cahyono ditunjuk menjadi sutradara film.

Diharapkan Mampu Membangkitkan Nostalgia

Selaku Produser Eksekutif Ideosource Entertainment, Andi Boediman mengatakan bahwa karena alur cerita serial Losmen yang sejatinya sangat menarik untuk diangkat ke layar lebar. Diproduksinya lagi film ini, diharapkan dapat membangkitkan nostalgia, terutama penonton televisi era 80-an. Film yang memang didedikasikan untuk para wanita Indonesia ini, berfokus pada kekuatan wanita yang menjadi nilai tambah dari film ini.

“Saya punya keyakinan Losmen ini menarik. Jadi menurut saya kok kita melupakan kualitas tontonan semacam itu. Makanya, saya sangat ingin mengangkat cerita yang relevan ini,” ungkap Andi dalam jumpa pers virtual Losmen Bu Broto via Zoom, Selasa (27/10/2020).

“Jadi sebenarnya film Losmen yang kita tampilkan, peran wanita yang kuat dan kehidupan yang mewakili Indonesia. Ini adalah film untuk wanita Indonesia,” tambahnya.

Sudah Mengantongi Restu dari Keluarga Tatiek Maliyati

Penggarapan film Losmen Bu Broto juga telah mengantongi restu dari pihak keluarga Tatiek Maliyati. Sejalan dengan itu, Danton Sihombing, anak pasangan Tatiek dan Wahyu Sihombing juga menyambut baik diadaptasi serial tersebut ke layar lebar. 

“Pertama, Andi menyampaikan hal penting bahwa yang membuat dia tertarik karena begitu kental misi moral, Losmen (dari tahun) 1984-1987 sampai 31 episode. Nah, yang kedua adalah saya percaya kemampuan integritas Andi dalam berbisnis. Dua modal ini saya bawa ke ibu saya, ya disambut baik, alhamdulilah itu saya bersukacita,” kata Danton.

Mulai Syuting Desember 2020

Produser film ini, Ifa Isfansyah memastikan bahwa film Losmen Bu Broto akan dikemas secara modern tanpa meninggalkan nyawa dari serial terdahulunya.

“Walaupun kemasan bisa kita ganti, kita harus meng-create ini cerita yang sudah bernyawa. Jadi tentu saja ada penyesuaian untuk related. Harapannya penonton sangat bisa menemukan value-value,” ungkap Ifa.

Rencananya proses syuting film Losmen Bu Broto akan dimulai pada Desember 2020. Ifa mengatakan bahwa proses reading telah dilakukan untuk menumbuhkan karakter masing-masing peran. Proses reading dilakukan secara virtual karena masih di tengah masa pandemi. Latar tempat dari film ini berada di Yogyakarta.

Dibintangi Mathias Muchus dan Maudy Koesnaedi

Aktor kawakan Mathias Muchus dipilih kembali untuk bermain dalam film Losmen Bu Broto. Namun berbeda dengan perannya terdahulu sebagai Tarjo, saat ini Mathias Muchus akan berperan sebagai Pak Broto.

Selain Mathias Muchus, Maudy Koesnaedi dipilih memerankan karakter Bu Broto. Maudy Koesnaedi juga menyampaikan ucapan terima kasihnya karena telah dipercaya untuk memerankan tokoh Bu Broto. “Ini salah satu tantangan karena menjadi tokoh yang sangat dicintai orang, perempuan bijaksana, banyak orang yang kangen sama Bu Broto,” kata Maudy Koesnaedi.

Film Losmen Bu Broto ini juga akan dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal lainnya seperti Maudy Ayunda, Danilla Riyadi, Putri Marino, Baskara Mahendra, dan Eric Estrada.