Blog

BAGIKAN

Alasan Mengapa Perlu Sekolah di Luar Negeri

Kuliah di Luar NegeriAda banyak sekali pelajar Indonesia yang memiliki cita-cita bersekolah di luar negeri. Sebagian sudah berhasil dan sebagian belum bisa mewujudkan cita-citanya. Antusiasme pelajar Indonesia untuk sekolah ke luar negeri ini bukan tanpa alasan. Ada banyak hal yang menjadi alasan mengapa perlu sekolah di luar negeri.

Harus diakui bahwa dari segi pendidikan, Indonesia masih tertinggal cukup jauh dengan negara-negara maju lainnya baik di Asia, terlebih di Eropa. Berikut ini adalah alasan mengapa perlu sekolah di luar negeri yang perlu kamu ketahui.

1. Memperluas Jaringan Internasional

Pertama, alasan mengapa perlu sekolah di luar negeri adalah untuk memperluas jaringan internasional. Alasan ini sangat masuk akal pasalnya, ketika kamu memutuskan untuk kuliah ke luar negeri kamu akan bertemu dengan kawan-kawan dari berbagai negara, budaya, dan bahasa.

Terlebih jika kamu kuliah di luar negeri yang mencari bidang studi yang sangat spesifik. Kamu akan mendapatkan jejaring dari berbagai negara dan menemukan peluang yang tepat untuk sekolah dan karier kamu ke depannya.

2. Kualitas Pendidikan

Harus diakui bahwa kualitas pendidikan di beberapa negara di luar jauh lebih baik dibandingkan Indonesia. Hal ini kemudian memaksa kamu yang ingin mendapatkan kualitas pendidikan yang baik harus mencarinya sampai ke luar negeri.

Selain itu, kurikulum internasional juga akan membantumu mempelajari hal-hal yang lebih baik dan intens. Tidak hanya itu, negara-negara maju biasanya akan memberikan fasilitas penunjang pendidikan seperti sebuah laboratorium dan perpustakaan yang lebih canggih dan lengkap dibandingkan dengan Indonesia.

3. Metode Pembelajaran yang Aplikatif

Di Indonesia, metode pembelajaran yang digunakan dalam mengajarkan materi kepada pelajar sebagian masih kurang aplikatif. Akibatnya, seorang lulusan sarjana dari Indonesia akan kesulitan untuk beradaptasi dengan dunia kerja ketika mereka lulus kuliah. Hal ini yang tidak terjadi di luar negeri.

Beberapa perguruan tinggi mereka sudah merancang kurikulum yang modern dengan mementingkan aplikasi dari teori yang dipelajari di sekolah. Selain itu, mereka juga merancang sebuah program studi yang langsung berhubungan dengan program magang, sehingga ilmu yang dipelajari bisa langsung diaplikasikan.

kuliah ke luar negeri

4. Menguasai Bahasa Asing

Bahasa asing adalah salah satu keterampilan yang banyak dicari saat ini di dunia kerja. Ketika memutuskan kuliah ke luar negeri, maka penguasaan bahasa asing kamu akan meningkat. Apalagi sehari-hari kamu akan bertemu dengan orang-orang yang menggunakan bahasa tersebut.

Berbicara langsung dengan native tentu berbeda ketika kamu hanya belajar atau kursus bahasa asing. Di luar negeri, kamu juga akan bertemu dengan orang dari luar negara tersebut , yang memungkinkan kamu juga akan mempelajari bahasa dari negara-negara mereka. Ini juga akan menambah pengalaman dan pengetahuan kamu tentang berbagai bahasa.

5. Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Sekolah di negara lain tentu memiliki kultur dan kebiasaan yang berbeda dengan negara sendiri. Salah satu alasan mengapa perlu sekolah di luar negeri adalah untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi. Adaptasi ini penting karena akan berpengaruh pada karier dan masa depan kamu.

Ketika di luar negeri dan dihadapkan pada situasi yang sangat asing, kamu akan menemukan hal-hal yang dianggap aneh. Tantangannya, kamu harus betah dan membuat dirimu nyaman dengan kebiasaan baru itu. Inilah salah satu unsur yang akan menentukan apakah studi di luar negerimu berhasil atau tidak.

6. Mendapatkan Pengalaman Kerja di Mancanegara

Memiliki pengalaman bekerja di luar negeri adalah bekal yang sangat berharga untuk memperlancar karier dan perjalanan kehidupan kamu di masa depan. Hal inilah yang banyak dicari oleh lulusan luar negeri ketika mereka lulus dari kuliah.

Kabar baiknya, beberapa negara telah memberikan visa kerja pasca studi yang bisa kamu gunakan untuk bekerja di negara tersebut. Contohnya adalah Inggris. Mereka akan memberikan visa tersebut bagi mahasiswa internasional tingkat S2 yang kuliah di sana dengan syarat semester akhir harus dijalani langsung di kampus.

7. Meningkatkan Jenjang Karier

Alasan mengapa perlu sekolah di luar negeri selanjutnya adalah meningkatkan jenjang karier. Jika kamu sudah bekerja di sebuah perusahaan, tidak jarang mereka akan memintamu untuk melanjutkan pendidikan dalam rangka untuk mendapatkan promosi jabatan yang lebih tinggi.

Dengan sekolah di luar negeri kamu akan mendapatkan pengalaman berharga dengan kualitas pendidikan tingkat tinggi yang ilmunya bisa kamu terapkan ke perusahaan. Kamu juga bisa sekolah ke luar negeri dengan tenang karena jabatan yang kamu tinggalkan untuk sementara ini akan digantikan dengan jabatan yang lebih tinggi ketika kamu kembali ke Indonesia.

Demikian adalah 7 alasan mengapa perlu sekolah di luar negeri yang perlu kamu ketahui. Sekolah di luar negeri memang hal yang menyenangkan. Selain menyenangkan, kamu juga akan mendapatkan keuntungan-keuntungan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Buat kamu yang ingin kuliah di luar negeri tapi dengan waktu yang singkat dan biaya yang lebih terjangkau? IDS | International Design School punya program yang namanya International Pathway Degree lho!

IDS bekerjasama dengan dua instansi pendidikan kreatif ternama di Australia, yakni JMC Academy dan Griffith University. Setelah menyelesaikan program College (20 bulan), mahasiswa dapat melakukan transfer kredit untuk mendapatkan gelar Bachelor di Australia atau UK. Program ini memberikan jaminan diterima di kampus Australia dan UK serta dapat menghemat biaya keseluruhan pendidikan.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film