10 Pekerjaan HOT di Dunia Startup | IDS

10 Pekerjaan HOT di Dunia Startup

Memilih untuk bekerja di perusahaan startup sebagai pilihan karir anda tampaknya bukanlah suatu pilihan yang buruk. Sebab, kerja di startup pada masa kini cukup menjanjikan untuk masa depan. Terlebih dengan bekerja di startup, kesempatan untuk mengembangkan diri dan mengeksplorasi kemampuan yang dimiliki semakin terbuka lebar.

Diantara sekian banyak pekerjaan, berikut ini adalah daftar 10 pekerjaan hot di dunia start-up yang banyak diminati pada saat ini:

  1. Business Analyst

Sangat penting bagi sebuah perusahaan start-up untuk memiliki seorang business analyst. Bertugas untuk menganalisa perkembangan bisnis terkini serta memberikan solusi – solusi yang jitu untuk menguasai pasar dan konsumen. Business Analyst juga dapat merangkap sebagai Product Manager, Project Manager, dan beberapa pekerjaan yang relevan.

 

  1. Public Relations

Seorang Public Relations dapat dibilang menjadi ‘otak’ yang merepresentasikan citra dari sebuah perusahaan, terutama perusahaan start-up. Public Relations harus mampu membangun reputasi sebuah perusahaan sebagaimana yang diinginkan oleh perusahaan tersebut dari sisi masyarakat (publik). Untuk mencapai tujuan tersebut, seorang Public Relations dapat melakukan beberapa hal seperti CSR ataupun branding.

  1. Legal Officer

Dalam sebuah perusahaan, pastinya dibutuhkan posisi yang menangani tentang segala hal yang berkaitan dengan hukum, baik itu perjanjian bisnis perusahaan tersebut mengandung unsur tentang hukum, dan lainnya. Jikapun suatu saat terdapat suatu masalah yang berkaitan dengan bisnis perusahaan tersebut yang membutuhkan pengetahuan tentang hukum, Legal Officer akan dapat sangat membantu.

  1. Social Media Officer

Saat ini, strategi pemasaran tidak hanya berpusat pada kegiatan – kegiatan offline, namun juga kegiatan online. Salah satunya adalah melalui Social Media Marketing, dan yang memainkan peran disini adalah sang Social Media Officer. Melalui berbagai sosial media milik suatu perusahaan, dapat tersebar banyak sekali informasi dan promosi penting yang ingin dilakukan oleh perusahaan tersebut. Dan kekuatan dari strategi pemasaran ini tidak dapat diragukan.

  1. UI dan UX Designer

User Interface (UI) Designer memiliki pekerjaan yang tidak jauh berbeda dengan web designer, terkadang si designer sendiri atau tempat dimana dia bekerja menamakannya secara berbeda. User Interface (UI) Designer bertugas untuk membuat website atau aplikasi dari perusahaan tersebut terlihat dan berbentuk sesuai dengan yang diinginkan. Sementara itu, User Experience (UX) Designer bertugas meningkatkan kepuasan pengguna (pengguna aplikasi, pengunjung website) dalam meningkatkan kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk dari suatu perusahaan start-up tersebut.

  1. Business Development

Pekerjaan ini biasanya ditangani oleh beberapa orang dalam divisi Business Development. Tugas utamanya adalah untuk mengembangkan bisnis dari perusahaan start-up tersebut, dan juga untuk melakukan riset – riset terbaru yang dapat memperluas cakupan bisnis perusahaan dalam berbagai aspek dan inovasi.

  1. HRD (Human Resources Development)

Saat perusahaan start-up mulai tumbuh menjadi besar, pastinya akan banyak pencari kerja yang berminat untuk bekerja di perusahaan tersebut. Disanalah pekerjaan sebagai HRD diperlukan. Bertugas untuk menyeleksi karyawan yang akan masuk, HRD juga memiliki tugas lain untuk menyejahterakan semua karyawan di perusahaan tersebut.

  1. Customer Service Officer

Setiap perusahaan tentunya membutuhkan posisi sebagai Customer Service. Selain bertugas untuk menjawab setiap pertanyaan dari pelanggan, customer service juga bertugas untuk menangani setiap keluhan dan permasalahan yang timbul dengan merepresentasikan citra perusahaan.

  1. Data Analyst Officer

Sebagai seorang data analyst, pekerjaan ini membutuhkan sikap kritis serta ketelitian terhadap menganalisa setiap data baik dari internal maupun eksternal mengenai perusahaan tersebut. Data tersebut kemudian direpresentasikan terhadap langkah apa yang sebaiknya diambil untuk kemajuan perusahaan.

  1. Software Engineer

Dalam sebuah perusahaan start-up yang berbasis pada teknologi, tentunya bidang IT haruslah ditangani oleh orang – orang yang berkompeten. Software engineer adalah salah satu profesi IT yang paling popular. Software engineer meneliti, merancang, dan mengembangkan sistem software untuk memenuhi keperluan perusahaan.

Tertarik untuk mencoba salah satu perkerjaan diatas?

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG