7 Tips Dalam Mendesain Infografis - IDS | International Design School

7 Tips Dalam Mendesain Infografis

Pernahkah kamu membuat desain infografis? Desain infografis dibuat untuk memudahkan orang membaca informasi dalam bentuk visual yang dikemas secara lebih menarik. Namun, infografis memiliki fitur khusus dan wajib yang perlu kamu perhatikan. Elemen visual dan tekstual harus menjadi fokus untuk mengkomunikasikan informasi dalam bentuk infografis.

 

Nah, di bawah ini, ada beberapa tips yang harus diperhatikan untuk membuat desain infografis. Apa saja? Yuk simak selengkapnya!

 

  1.  Tentukan Target Audiens

1 (1)

Pertama, pastinya kamu harus menentukan dulu siapa yang akan melihat dan membaca informasi dari infografismu. Posisikan dirimu sebagai target audiens, lalu tentukan tema desain utama seperti apa yang tepat untuk mereka. Visual infografis dan informasi yang kamu buat harus menarik perhatian, dibantu warna dan gambar yang sesuai dengan target audiens.

 

  1. Tentukan Ide, Konsep, dan Topik Infografisnya

2

Kedua, tentukan ide dan buat konsep infografismu. Infografis seperti apa yang ingin kamu ciptakan? Apakah infografis yang menjelaskan “sebuah rangkaian proses?” atau “perjalanan suatu hal dari waktu ke waktu”? .  Cari tahu tren infografis bagaimana yang sedang menarik dan mudah diterima masyarakat.

 

 

  1. Perhatikan Flow dan Style

3

Salah satu nilai lebih dari infografis adalah memudahkan orang untuk menangkap informasi yang tercantum di dalamnya hanya dengan sekali melihat. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan flow informasi yang ingin kamu sampaikan kepada pembaca. Untuk info yang paling penting, letakkan pada bagian atas sendiri dan semakin ke bawah adalah info tambahan saja. Jadi, konsepnya mirip seperti piramid.

 

 

  1. Buat Desain yang Simpel

4

Simpel di sini, bukan berarti informasinya menjadi berkurang, tetapi buat infografismu mudah dibaca. Hal ini berhubungan dengan tips sebelumnya, yaitu flow. Jadi, tampilkan informasi secara singkat namun menarik dan bisa membuat audiens tetap membaca hingga akhir.

 

 

  1. Cantumkan Narasi

5

Infografis sebagian besar memang menyajikan angka dan gambar, namun jangan lupa untuk tetap mencantumkan narasi untuk informasi tambahannya. Tidak perlu terlalu banyak, seperlunya saja untuk mendukung datamu kamu. Sesuaikan juga dengan judul dan tema yang  dipilih

 

 

  1. Perhatikan Keakuratan Data

6

Ini hal yang paling penting, cari tahu apakah data yang kamu tampilkan bersumber dari fakta yang akurat atau tidak. Jangan lupa untuk mencantumkan sumber data pada infografismu. Hal tersebut tentu akan semakin meyakinkan pembaca bahwa infografis yang kamu buat bersumber dari data yang terpercaya.

 

 

  1. Perhatikan Hierarki

7

Infografis terdiri dari banyak elemen, seperti warna, gambar, dan tipografi. Kamu bisa mencantumkan warna yang berbeda untuk menunjukkan penekanan. Selain warna, kamu juga bisa bermain dengan spasi, font style, angka, dan ukuran huruf. Ini bertujuan untuk menarik perhatian pembaca. Kamu juga bisa menambahkan beberapa efek seperti bold, italic, dan menggunakan huruf kapital asal tidak terlalu berlebihan dan tetap memperhatikan estetika.

Nah, itu dia ketujuh tips yang harus kamu perhatikan dalam membuat desain infografis sehingga informasi yang diberikan pada pembaca dapat tersampaikan dengan baik. Jangan sampai karena grafik yang kamu buat kurang informatif justru membuat pembaca bingung maksud dari infografisnya.

 

Kamu yang mau belajar seputar desain, yuk sekolah di IDS. IDS punya program kuliah 20 bulan yang akan mengantarkan kamu menjadi seorang desainer profesional di bidangnya. Selengkapnya cek di sini.

 

Source:

1 2 3

Source pictures:

1 2 3 4 5 6 7

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG