8 Genre Game yang Wajib Kamu Tahu! | IDS

8 Genre Game yang Wajib Kamu Tahu!

Saat ini semakin banyak game yang bermunculan dengan berbagai genre yang berbeda. Sebut saja, mulai dari genre RPG (Role Playing Game), MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) hingga yang terbaru dikenal dengan nama Idle Game.

Nah, buat kalian yang belum tahu apa sih itu RPG Game, MOBA, dan Idle Game dan game-game apa saja yang tergolong di dalamnya. Berikut IDS rangkum selengkapnya, check this out!

 

1. Adventure Game

 

Adventure Game merupakan genre yang mengajak kamu untuk fokus pada pemecahan teka-teki masalah yang dikemas dalam kerangka narasi (cerita). Karakteristik dari genre game ini ialah, unsur narasi cerita yang begitu mendominasi dalam setiap permainannya. Setelah itu, kamu dituntut untuk menyusun puzzle (teka-teki) yang ada di setiap levelnya agar memperoleh petunjuk selanjutnya. Bentuk teka-teki yang harus dipecahkan dalam genre ini, biasanya berbentuk inventory puzzle (mengumpulkan alat/inventaris sebagai petunjuk), dialogue puzzle (verinteraksi dengan karakter lain untuk mengumpulkan petunjuk dan arahan), environmental puzzle (memperhatikan lingkungan sekitar untuk mendapatkan petunjuk). Beberapa game yang memiliki genre ini di antaranya The Secret of Monkey Island (1990), The Walking Dead (2012), Myst (1993), dan masih banyak lagi. Adventure Game juga terbagi lagi dalam beberapa jenis, yaitu Text Adventures, Graphic Adventures, Visual Novels, Interactive Movie, dan Real-Time 3D Adventures.

 

2. Action Game

 

Kedua, ada Action Game. Genre yang satu ini menekankan tantangan fisik, termasuk koordinasi tangan-mata dan waktu. Action Game terbagi dalam beberapa jenis lagi, seperti Platform Games, Shooter Games, Fighting Games (beat ‘em ups), Stealth Games, dan Survival Games.  Di genre ini pemain biasanya mengendalikan karakter dalam bentuk protagonis atau avatar. Karakter pemain ini harus menavigasi level, mengumpulkan objek, menghindari rintangan, dan melawan musuh dengan keterampilan yang dimiliki si tokoh.

 

3. Action-Adventure Game (AA)

 

Genre yang satu ini tidak jauh berbeda dengan Adventure Game. Masih bertemakan petualangan yang fokus pada memecahkan teka-teki di setiap levelnya. Genre ini juga memiliki karakteristik yang sama persis dengan Adventure Game dan terbagi lagi dalam dua jenis, yaitu Survival Horror dan Metroidvania (puzzle adventures). Beberapa game yang terkenal di antaranya Tomb Raider (2015), A Way Out (2018), dan God of War (2018).

 

4. Role Playing Game (RPG)

 

Genre yang satu ini pasti sudah sering kalian dengar kan? RPG adalah genre di mana kamu mengontrol karakter fiktif (atau karakter) yang melakukan pencarian di dunia imajinasi. Permainan video role-playing tradisional berbagi tiga elemen dasar: Statistik karakter yang dapat ditingkatkan selama permainan, sistem tempur berbasis menu, pencarian pusat yang berjalan di sepanjang permainan. RPG memiliki jenis-jenis lainnya, seperti Action RPG, MMORPG, Roguelikes, Tactical RPG, Sandbox RPG, dan Cultural RPG (JRPG dan WRPG). Beberapa game yang menganut genre ini ialah Pillars of Eternity (2015), The Witcher 3: Wild Hunt pada (2015) dan masih banyak lainnya.

 

5.Simulation Game

 

Kalian pasti tahu game-game seperti The Sims, Train Simulator, atau Harvest Moon? Yup! Deretan game tersebut masuk ke dalam genre simulation game, kenapa? Karena game-game tersebut didasarkan pada aktivitas dari kehidupan nyata yang dikemas dalam bentuk permainan.  Biasanya tidak ada gol yang ditentukan secara ketat dalam permainan. Kamu hanya perlu menjalankan aktivitas si tokoh utama yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Atau pada game Train Simulator, di mana kamu menjadi seorang masinis dan harus mengendarai kereta dengan berbagai tombol yang sama persis dengan kereta di dunia nyata. Simulation Game memiliki beberapa jenis lainnya, seperti Construction and Management Simulation, Life Simulation, dan Vehicle Simulation.

 

6.Strategi Game

 

Genre yang satu ini memiliki paling banyak jenisnya, seperti 4X Game (eXplore, eXpand, eXploit, dan eXterminate, Artillery Game, Real-Time Strategy (RTS), Real-Time Tactics (RTT), Tower Defense, Turn-Based Strategy, Turn-Base, Tactics, Wargame, Grand Strategy Wargame, dan yang paling terkenal saat ini adalah Multiplayer Online Battle Arena (MOBA).

Strategi game pada dasarnya ialah genre yang berfokus pada pemikiran dan perencanaan untuk mencapai kemenangan dengan tantangan, strategis, dan taktis. Bisa dibilang MOBA game (strategi game) ini benar-benar diminati bahkan sampai diperlombakan di Asian Games 2018 dalam kategori E-Sports. Deretan game yang masuk dalam genre ini, di antaranya Dota 2 (2013), Mobile Legends (2016), Garena AOV (2015), dan Garena Free Fire (2018).

 

7. Sports Game

 

Genre yang satu ini memang sudah ada dari dulu dan sampai sekarang peminatnya pun masih banyak, sebut saja seperti FIFA 18, NBA, dan Downhill Domination. Sports game terdiri dari Racing, Sports Game, Competitive, dan Sport-Based Fighting. Sama seperti olahraga di dunia nyata, sejumlah permainan menampilkan nama dan karakteristik tim yang terus diperbarui setiap tahunnya mengikuti aslinya.

 

8. Incremental Game (IDLE)

 

Terakhir ialah genre Incremental Game atau biasa disebut Clicker Game. Idle Game ialah genre yang terbilang baru dan paling mudah untuk dimainkan karena hanya bermodalkan ‘klak-klik-klak-klik’ saja. Kamu tidak perlu susah payah mengatur strategi dan ketangkasan. Memang terdengarnya membosankan, namun ternyata banyak orang menyukainya bahkan cenderung kecanduan. IDLE Game memang kebanyakan berbasis android, beberapa di antaranya Rise Of Heroes, Nitro Racing GO, Clicker Racing, dan banyak lagi.

Itu dia kedelapan genre game yang ada.  Memang, saat ini RPG dan MOBA menjadi yang paling diminati semua kalangan, mulai dari anak kecil, dewasa hingga para gamers sekalipun. Hal itu terlihat dari Top Charts Games di Play Store dan App Store, game-game seperti Mobile Legends, Garena Free Fire, dan PUBG menjadi game yang paling banyak diminati.

So, buat kalian yang mau tahu lebih banyak informasi seputar animasi dan games. Stay tune terus ya di website kita atau akun media sosial di @idseducationcom. Karena masih banyak informasi menarik lainnya yang akan kita bahas selanjutnya.

 

Source article:

1  2  3  4  5  6  7  8

 

 

Source video:

1  2  3  4  5  6  7  8

 

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG