Abbey Road, Cover Album yang Fenomenal | IDS

Abbey Road, Cover Album yang Fenomenal

Kamu tahu cover album Abbey Road yang dimiliki band legendaris The Beatles? Di mana keempat personel, yaitu John Lennon, Ringgo Starr, Paul McCartney, dan George Harrison di-setting sedang menyeberang Abbey Road? Wah, kalau kamu Beatlemania, kamu pasti tahu bagaimana berita mistis yang berembus di balik cover album itu. Saking fenomenalnya, sampai-sampai The Simsons memiliki poster duplikatnya.  Atau jika di Indonesia, kamu tahu buku Muhammad Mirsad yang berjudul Mice Cartoon: Obladi Oblada Life Goes On? Nah, di sana Mice menyelipkan poster yang mungkin terinspirasi dari cover album The Beatles yang ke-11 itu. Namun, bukan itu yang akan dibahas. Untuk kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana, sih, membuat poster agar dikenal masyarakat luas? Yuk, kamu simak.

INFO: Buat kamu yang ingin membuat poster seperti di atas, yuk ikuti Program College Digital Design IDS | International Design School.

    1. Mencari / Mendapatkan Perhatian
      Nah, ini menjadi titik awal dalam pembuatan poster. Kamu harus menentukan sebuah foto atau elemen grafis yang menarik agar bisa dilihat. Namun, bisa juga kamu menggunakan pertanyaan provokatif dengan menggunakan font tebal, agar orang yang sedang berjalan berhenti dan melihat poster yang kamu buat.

 

    1. Buatlah Sesederhana Mungkin
      Untuk menghasilkan sebuah poster yang menarik, kamu enggak perlu, tuh, membuatnya dengan teks yang banyak. Apalagi jika poster yang akan kamu buat diletakkan di tempat orang yang sekadar lewat, tanpa banyak waktu untuk membaca. Jika kamu membuat poster untuk memberitakan suatu acara, kamu bisa kok menambahkan alamat situs/url atau social media yang ada agar pembaca bisa melihat dengan rinci di situs tersebut. Gunakan warna dan elemen grafis semaksimal mungkin. Ingat! Tidak semua orang memiliki waktu yang banyak untuk membaca teks panjang dalam sebuah poster.

 

    1. Gunakan Font Besar
      Untuk bisa menarik, gunakan font yang unik atau jika kamu bisa, buatlah. Kreasikan semua ide yang ada di dalam otak kamu. Tapi, ingat ya tetap harus diperhatikan cocok atau tidaknya. Oh, ya diusahakan agar tidak terlalu banyak memakai jenis font.

 

    1. Pikirkan Informasi
      Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya di point 2. Jika memang ingin memberikan teks, masukkan informasi yang paling penting di bagian paling atas, ya.

 

    1. Pemilihan Warna yang Tepat
      Warna menjadi unsur yang penting pula dalam sebuah poster. Pelajari teori warna jika kamu belum tahu dengan baik atau kamu bisa gunakan pallete warna untuk desain poster jika kamu tidak yakin.

 

    1. Pikirkan Simetri
      Ini mengenai keseimbangan desain poster dan merupakan salah satu kesalahan desainer yang membuat posternya tidak mendapatkan perhatian. Janganlah membuat salah satu ujung poster terlalu “berat” dengan informasi. Aturlah keseluruhan desain menjadi dua bagian dan mengevaluasi pentingnya masing-masing!

 

    1. Break The Rules!
      Nah, untuk yang terakhir ini menjadi hal yang bisa kamu pakai sesekali. Kadang desain yang baik justu desain yang berani keluar dari batas atau aturan-atuan yang mengekang agar menghasilkan desain yang unik. Namun, jika kamu mau membuat seperti itu, lakukan dengan cara seorang profesional, ya.

 

Bagaimana? Cukup membantu kamu? Selamat dicoba, ya!

Sumber: 1

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG