Bermain dengan Lighting Fotografi Painting | IDS

Bermain dengan Lighting Fotografi Painting

Apakah kamu pernah mencoba genre fotografi berbeda seperti light-ing painting photography? Kalau belum, berarti kamu harus mencobanya. Teknik ini sangat mengasyikan dan tidak membutuhkan banyak biaya. Hal yang harus kamu kuasai adalah berpikir kreatif dan gape dalam menguasai shutter speed. Dalam fotografi light-ing painting, kita akan membuka shutter dalam waktu yang cukup lama (long exposure), memotret dalam kegelapan, dan mengarahkannya ke sumber cahaya terarah (misal lampu senter) pada beberapa titik objek foto dalam rentang sepanjang shutter terbuka.

 

Seperti yang disebutkan, teknik ini tidak membutuhkan banyak biaya. Hal utama yang membedakan foto light-ing painting bagus dan biasa-biasa saja adalah kreatifitas dan kemauan kita untuk mencoba. Dengan teknik ini, kamu bisa menggunakan sumber cahaya sebagai kuas layaknya membentuk sebuah lukisan.

 

Tujuan utama teknik foto ‘melukis dengan cahaya’ adalah menerangi beberapa area atau titik pada objek sehingga hanya daerah yang diterangi yang terekam oleh foto tersebut. Penggunaan lain adalah untuk membentuk pola cahaya yang unik.

 

Lalu, kira-kira apa saja peralatan yang dibutuhkan untuk mencoba teknik light-ing fotografi painting? Here’s the list.

 

 

  1. Sebuah kamera dengan control manual. Terutama dilengkapi dengan mode bulp.
  2. Sebuah tripod.
  3. Sumber cahaya. Contohnya seperti lampu senter, flash eksternal, obor, lilin dan lainnya tergantung kreatifitasmu. Semakin beragam sumber dan pilihan warnanya, semakin kreatif.
  4. Shutter release atau teman yang bersedia memencet tombol shutter.

 

 

Agak susah memang untuk mengetahui waktu exposure yang pas di mode bulp hanya dengan sekali percobaan. Maka dari itu, jika foto pertama hasilnya jelek, jangan lelah untuk mengulangi lagi. Jangan lupa juga untuk mencoba sumber cahaya yang bervariasi. Semakin kamu gali kreatifitasmu, semakin menyenangkan hasil yang didapat.

 

Kamu mau belajar fotografi? IDS | International Design School menyediakan Kursus Fotografi dan kamu juga bisa dapat gelar Bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

 

Sumber: 1  2

 

Photo Credit: Viernest via Compfight cc
Mau Belajar Fotografi? Ikut Kursus Fotografi di IDS, yuk!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG