Cara Membuat Video Animasi Buatan Sendiri | Sekolah Desain | IDS

Cara Membuat Video Animasi Buatan Sendiri

Membuat video animasi tentunya tidaklah sesulit membuat film sekaliber film Box Office di Hollywood. Saat ini sudah banyak sekali software dan aplikasi yang dapat digunakan. Kamu dapat menggunakan smartphone Androidmu, atau juga menggunakan komputer dan laptop untuk membuat video animasi. Berikut ini akan dibahas mengenai cara mudah membuat video animasi dengan metode campuran manual dan aplikasi yang bisa kamu coba sendiri. Menarik, bukan?

  1. Siapkan ide cerita

            Hal utama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan ide cerita dari video animasi yang akan kamu buat. Apakah tema yang akan dibawakan dalam video tersebut? Bisa berupa petualangan, komedi, action, kartun, ataupun yang lainnya. Pastikan juga kamu sudah tahu akan dikembangkan dengan gaya seperti apa video animasimu tersebut.

  1. Buat cerita dalam storyboard

contoh storyboard dalam video animasi

Dalam storyboard, setiap rangkaian kejadian penting yang ada dalam videomu akan dijabarkan. Tampilannya seperti komik, memperlihatkan cuplikan setiap adegan dari video animasi secara berkelanjutan.

  1. Gambar model karakter yang diinginkan

Tentunya dalam video tersebut juga ada karakter dengan penggambaran tertentu. Nah, karakter inilah yang harus dibuat secara konsisten sehingga setiap perpindahan frame, penggambaran karakternya akan tetap sama. Gambarkan secara detail dari berbagai macam sudut dan dalam berbagai ekspresi yang berbeda pula.

  1. Buat sketsa animasinya

Sketsa ini berfungsi untuk memperlihatkan gerakan kunci pada suatu frame. Gerakan kunci ini maksudnya adalah gerakan perpindahan dari karakter dalam animasi yang kamu buat. Tetapi gerakannya harus terlihat natural dan tidak kaku, ya.

  1. Gambar frame kunci

Frame kunci adalah titik atau posisi penting dalam sebuah gerakan yang dibuat oleh sebuah karakter. Misalnya jika karakter Scooby Doo yang kamu buat menghadap ke kiri kemudian ke kanan, maka frame kuncinya harus memperlihatkan sang karakter tersebut menghadap ke kiri, depan, baru kemudian ke kanan.

  1. Periksa alur pergerakan animasi

Pastikan bahwa perpindahan dari satu adegan ke adegan lain dalam storyboard yang telah kamu buat, bergerak dengan mulus. Tentunya kamu tidak ingin video animasimu terlihat ‘patah-patah’, bukan? Maka dari itu kamu harus memperhatikan kira – kira efek apa yang cocok untuk disisipkan saat perpindahan adegan dan keselarasan antar frame kunci yang ada.

  1. Rapikan gambarnya

Karena gambarmu masih berupa sketsa, tentunya masih banyak garis ataupun coretan tidak perlu yang harus dihilangkan agar gambar animasimu terlihat lebih sempurna dan natural. Rapikan gambar secara teliti dan tambahkan hal – hal yang dapat mendukung kualitas dari video animasimu.

  1. Proses video animasinya dengan aplikasi pembuat video

proses pembuatan video animasi

Setelah jadi dengan tahap manual, kamu dapat melanjutkannya dengan memasukkan dan memproses semua gambar ke dalam komputer dan mulai membuat animasinya dengan menyisipkan efek, transisi, dan editan lain yang sesuai. Kamu bisa menambahkan teks ataupun juga suara yang sesuai dengan tema videomu, atau melakukan dubbing. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pembuat video yang bisa kamu gunakan. Sebut saja Powtoon, Moovly, Animaker, hingga Microsoft Powerpoint ataupun Windows Movie Maker bisa digunakan untuk sekedar animasi sederhana.

Mau belajar animasi? IDS | International Design School menyediakan Sekolah Animasi dan Kursus Animasi untuk kamu yang ingin memperdalam passion kamu dalam bidang animasi. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri, lho!

Source: 1 | 2 | 3

Posted in: Articles

Comments (6 Responses )

  1. baim - March 17, 2018 - 8:11 am #

    sy mau buat animasi kerana saya mau jadi youtuber

    • bani - March 23, 2018 - 10:06 pm #

      boleh dah bang jadi youtuber ane doa’i sukses jadi youtuber amin!!! 😀

    • MooM - April 7, 2018 - 4:35 pm #

      semangat!

    • Code: Recode - August 18, 2018 - 6:22 pm #

      Eh kok sama yak? Semangat bro

  2. Mas Kris | www.maskris.co.id - March 5, 2018 - 11:30 am #

    Makasih banget informasinya. langkah-langkahnya jelas banget dan mudah di pahami.

  3. Fadil - August 14, 2017 - 2:19 pm #

    wihh simpel juga ternyata
    kira-kira brp lama ya gan bikin animasi untuk durasi 1 menit?

DAFTAR SEKARANG