Jangan Ngaku Gamer Sejati Kalau Belum Tahu 6 Evolusi Video Game Ini! - IDS | International Design School

Jangan Ngaku Gamer Sejati Kalau Belum Tahu 6 Evolusi Video Game Ini!

evolusi video game

Game bisa jadi salah satu cara untuk lari dari realitas karena stress akibat pekerjaan. Main game bisa jadi hiburan murah sekaligus penyalur hobi. Dan kamu yang sudah familiar dengan game pasti sudah nggak asing dengan yang namanya console game. Console game sendiri merupakan sebuah mesin elektronik yang memang dirancang khusus untuk bisa memainkan game atau yang kita sebut dengan video game. Nah, kalau kamu seorang gamers addict, harus tahu deh evolusi video game berikut ini!

  1. Video Game Generasi Pertama

Video game generasi pertama dimulai pada tahun 1966. Sambil menunggu seorang kolega di stasiun bus Kota New York, Ralph Baer memahami gagasan bermain video game di televisi. Pada tanggal 1 September, ia menuliskan ide-idenya yang menjadi dasar pengembangan permainan video televisi. 

Kemudian di tahun berikutnya 1967, Ralph Baer mengembangkan “Brown Box” -nya, prototipe permainan video yang memungkinkan pengguna bermain tenis dan permainan lainnya. Pada tahun 1968 ia Ralph Baer mematenkan permainan televisi interaktifnya. Empat tahun kemudian ia merilis Magnavox Odyssey yang merupakan sistem video game rumahan pertama.

  1. Video Game Generasi Kedua

Video game pada generasi ini disebut-sebut sebagai awal era 8 bit yang dimulai tahun 1976. Era kedua ini ditandai dengan adanya produk Fairchild Channel F dan Radofin 1292 Advanced Programmable Video Sistem. Di generasi kedua ini, Atari tampil sebagai primadona dengan produknya Atari 2600 dan Atari 5200. 

Atari 2600 Dirilis pada tanggal 11 September 1977, terkenal karena mempopulerkan penggunaan perangkat keras berbasis mikroprosesor dan kaset ROM yang berisi kode permainan. Sedangkan Atari 2600 diperkenalkan pertama kali pada  tahun 1982 sebagai penerus dari konsol permainan Atari 2600 sekaligus sebagai pesaing konsol Mattel Intellivision. 

  1. Video Game Generasi Ketiga

Video game generasi ketiga ini kebanyakan sudah memiliki warna dan lebih menarik untuk dimainkan. Tahun 1985 Nintendo Entertainment System (NES) menghidupkan kembali industri video game Amerika Serikat yang sakit dua tahun setelah Nintendo Corporation merilisnya di Jepang sebagai Famicom. 

Selain Nintendo pada generasi ini juga ada Sega Master System, atau SMS yang dirilis oleh Sega. Di Jepang konsol ini dikenal sebagai Sega Mark III. Di Eropa konsol ini cukup bersaing dengan Nintendo. Namun berbeda di pasar Amerika, ia dianggap gagal di pasar Amerika Utara dan Jepang. Master System dirilis untuk menandingi NES/Famicom.

  1. Video Game Generasi Keempat

Generasi keempat video disebut sebagai generasi ema yang sudah mengalami perubahan grafik secara sempurna. Bukan hanya itu, gameplay dan tata suara di era ini juga mengalami peningkatan yang signifikan. Konsol permainan pada generasi ini kebanyakan telah dapat dihubungkan dengan Internet dan kontroler yang lebih nyaman. Persaingan antara Sega dan Nintendo juga semakin memanas.

Sega pertama kali dirilis di Jepang pada tahun 1988 dengan kemampuan 16-bit dan dirilis di Amerika Utara pada tahun 1989 dengan nama Sega Genesis, sementara di Eropa dan tempat lainnya pada tahun 1990. Sega Mega Drive termasuk jenis konsol yang cukup populer di Indonesia pada era 1990-an hingga awal 2000-an.

  1. Video Game Generasi Kelima

Pada event Electronic Entertainment Expo pertama kali diluncurkan konsol game yang menggunakan grafik 32 bit. Era ini telah berhasil melahirkan Sony PlayStation (1995). Sony merilis PlayStation di Amerika Serikat, dijual seharga $ 100 kurang dari Sega Saturn. Titik harga yang lebih rendah, bersama dengan kedatangan Nintendo 64 pada tahun 1996, melemahkan bisnis konsol game rumahan Sega. Ketika Sony PlayStation 2 debut pada tahun 2000, ia menjadi konsol rumah yang dominan dan Sega keluar dari bisnis ini. Selain Sony PlayStation ada juga Nintendo 64 yang dirilis pada tahun 1996.

  1. Video Game Generasi Keenam – Kedelapan

Setelah Sony terus menerus menjadi primadona dengan berbagai seri PlayStation di generasi kelima. Video game generasi keenam ditandai dengan hadirnya Nintendo DS, dan NintendoWii U. Disusul dengan PlayStation 4 pada tahun 2013 lalu.

Di era-era ini, persaingan konsol game terus memanas terutama dengan hadirnya Xbox sebagai penantang Nintendo dan Sony. Tahun 2005 Microsoft Xbox 360 menghadirkan game dengan tampilan yang lebih nyata serta kompetisi multipemain yang lebih baik di Xbox Live dan judul populer seperti Alan Wake.

Dari keenam era tersebut, game konsol mana sih yang sering kamu mainkan? 

SOURCE: 1 2

Posted in: Articles