Ketahui Macam-Macam Visa Sebelum ke Australia - IDS | International Design School

Ketahui Macam-Macam Visa Sebelum ke Australia

Visa sangat dibutuhkan jika kamu ingin ke Australia. Saat ini, selain warga negara Australia dan Selandia Baru, diharuskan memiliki visa saat kamu ingin memasuki wilayah tersebut. Jadi, saat kamu ingin ke Australia maka segeralah untuk membuat visa. Untuk mengurus visa, kamu bisa melalui situs web Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan Pemerintah Australia (Australian Government Department of Immigration and Citizenship). Namun, sebelum membuat visa sudah menentukan jenis visa apa yang akan kamu buat? Di Australia terdapat bermacam-macam visa yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan kamu ke sana. Apa saja sih jenis visa yang dimiliki Australia?

 

1.     Visa Wisatawan

Kamu yang ingin ke Australia hanya dalam jangka pendek  untuk kepentingan liburan, rekreasi atau sekadar mengunjungi kerabat maka pilihlah visa wisatawan ini. Visa ini juga memiliki bermacam jenisnya, yaitu :

  • ETA (Visitor) (Subclass 976), untuk kamu yang ingin mengunjungi Australia hanya 3 bulan. Tersedia untuk pemegang paspor dari sejumlah negara dan daerah, yang tinggal di luar Australia.
  • eVisitors (Subclass 651), Visa ini dibuat untuk  berwisata atau keperluan bisnis yang bisa dibuat untuk pemegang paspor dari Uni Eropa dan sejumlah negara Eropa lain.
  • Visa wisatawan (Subclass 676), Visa ini digunakan untuk kamu yang ingin tinggal sebentar di Australia, hanya 3-12 bulan. Bisa digunakan oleh negara manapun dan permohonan visa bisa melalui online atas visa Wisatawan e676.
  • Visa Pengunjung Keluarga Bersponsor (Subclass 679) , Untuk orang yang mengunjungi keluarga di Australia selama periode tinggal hingga 12 bulan. Wajib memiliki sponsor formal dari warga negara Australia atau penduduk permanen. Jika kamu hanya sekadar transit di Australia maka kamu tak perlu membuat visa.

 

2.     Visa Liburan Kerja

Untuk kamu yang ke Australia untuk kepentingan pertukaran budaya, maka buatlah jenis visa ini. Ada dua jenis Visa Liburan Kerja:

  • Visa Liburan Kerja (Subclass 417) , Visa ini diperuntukkan bagi kewarganegaraan  Belgia, Kanada, Republik Siprus, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Hong Kong, Republik Irlandia, Italia, Jepang, Republik Korea, Malta, Belanda, Norwegia, Swedia, Taiwan, dan Inggris.
  • Visa Liburan dan Kerja (Subclass 462) , Visa ini diperuntukkan bagi kewarganegaraan  dari Bangladesh, Chile, Indonesia, Iran, Malaysia, Thailand, Turki, dan AS untuk mendapat visa kerja dan liburan di Australia.

 

3.     Visa Mahasiswa/Pelajar

Ingin mengambil pendidikan di Australia? Maka kamu butuh visa yang satu ini. Tidak hanya kamu, visa ini juga diperuntukkan bagi orang tua, kerabat atau wali selama kamu belajar di sana. Ada delapan sub-kelas visa mahasiswa/pelajar tergantung pada negara paspor dan masa studi. Jangan lupa untuk tanyakan kepada Departemen Pemerintah Australia, bagaimana mengajukan permohonan visa yang tepat.

 

4.     Otoritas Perjalanan Elektronik

Kamu ada keperluan bisnis selama 3 bulan? Otoritas Perjalanan Elektronik (Electronic Travel Authority, ETA) disediakan untuk pemegang paspor lebih dari 30 negara. Kunjungi situs Departemen Imigrasi dan Kewarganegaraan Pemerintah Australia untuk mengetahui persyaratan pengajuan jenis visa satu ini.

 

5.     Visa eVisitor

Jenis visa satu ini bisa digunakan untuk keperluan rekreasi di mana hanya berlaku selama 3 bulan. Visa yang satu ini bisa diberikan secara gratis jika memiliki paspor dari Uni Eropa dan sejumlah negara Eropa lain.

Kamu sudah tahukan jenis-jenis visa Australia? Nah jika kamu sudah memiliki visa ETA (Visitor) (subclass 976), eVisitor (subclass 651),  visa Wisatawan e676, atau visa wisatawan kertas (subclass 676) yang diberi izin tinggal tiga bulan atau kurang kamu juga bisa memperpanjangnya. Perpanjangan visa bisa dilakukan dengan masa tinggal maksimal 6 bulan. Jadi, jenis visa mana yang akan kamu gunakan jika ke Australia?

 

Kamu juga ingin tinggal dan meneruskan studi kamu di Australia. Yuk, ikutan International Pathway Program dari IDS | International Design School, yang merupakan solusi untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah di Australia dengan biaya hemat dan terjangkau. Untuk program ini, IDS bekerjasama dengan dua universitas terbaik di Australia, yaitu Griffith University dan JMC Academy.

 

Photo Credit : Dr Aek Muldoon via Compfight cc

Sumber: 1 2

Ingin Melanjutkan Studi di Australia? Ikutan International Pathway Program Dari IDS Yuk!

Posted in: Articles

Comments (One Response )

  1. Romeo janis - December 3, 2015 - 5:23 pm #

    Apakah visa untuk wisata,,,sekali urus,,,dapat digunakan berkali kali jika saya mau pergi sebanyak 3 kali dalam setahun,,,,,

DAFTAR SEKARANG