Lomba Film Pendek Bergengsi Di Indonesia - IDS | International Design School

Lomba Film Pendek Bergengsi Di Indonesia

Seiring perkembangan dunia perfilman, banyak lomba film pendek yang ada di Indonesia. Tujuannya semata untuk mengapresiasi para filmmaker muda berbakat yang ada di Indonesia. Banyak institusi yang menyelenggarakan lomba film pendek dengan hadiah yang menggiurkan, bisa berupa uang tunai atau kesempatan untuk berlomba di kancah yang lebih bergengsi dengan skala internasional, misalnya. Genre dari lomba film pendek itu sendiri sangat beragam. Mulai dari genre film animasi pendek, film drama pendek, film triler pendek, film pendek documenter, dan lain lain.

Dari sekian banyak lomba film pendek yang ada di Indoensia, ada beberapa lomba film pendek bergengsi bagi para filmmaker. Film pendek bergengsi yang akan kita bahas kali ini ada tiga, yaitu IFi, Europe on Screen, dan XXI Short Film Festival.

 

1. Europe on Screen (EoS)

Europe on Screen adalah sebuah Festival Film Eropa di Indonesia. Festival ini bertujuan untuk memperkenalkan dan mempromosikan film-film yang diproduksi oleh berbagai negara Eropa di Indonesia. Sebagai usaha bersama antara para diplomat dan atase kebudayaan negara-negara Eropa di Indonesia, European Film Festival diadakan pertama kalinya di Indonesia pada tahun 1990, diikuti oleh kali keduanya di tahun 1999. Mulai tahun 2003, European Film Festival di Indonesia diadakan secara berkala setiap tahunnya dengan nama “Europe on Screen”.

Pada 2004-2006, Europe on Screen menjadi bagian dari Jakarta International Film Festival (JiFFest). Pada tahun 2007, dengan dukungan 27 negara anggota dan 6 negara kandidat Uni Eropa, Europe on Screen kembali diadakan tahun ini secara independen. Kompetisi ini dibuka khusus untuk para pembuat film pendek Indonesia, baik fiksi maupun dokumenter, di Indonesia atau luar negeri. Film pendek yang dilombakan dalam kompetisi ini terbagi menjadi dua, yaitu fiksi dan dokumenter.

 

2. Kompetisi film pendek IFi

Lomba film pendek IFi sekarang memasuki tahun ketiga. Delapan film pendek yang lolos pra seleksi akan diputar di bioskop-bioskop XXI atau 21 dan sutradara terbaik seperti tahun lalu, akan dikirim oleh IFI ke ajang festival film pendek internasional paling bergengsi di Clermont-Ferrand, Prancis. Tidak hanya itu, penulis skenario terbaik akan mendapatkan pelatihan intensif selama sebulan di sekolah sinematografi l’Ecole Nationale Supérieure Louis-Lumière di Prancis.

 

3. XXI Short Film Festival 2013

XXI Short Film Festival, adalah lomba film pendek yang baru pertama kali diadakan oleh Cinema 21. Karya yang telah masuk dalam lomba ini sebanyak 730 karya.

“Festival ini akan menjadi ajang tahunan untuk mencari bakat anak bangsa karena mereka menjadi kekuatan industri film selanjutnya. Kami ucapkan terimaksih kepada juri dan seluruh finalis. Tidaklah penting kalian mendapat piala atau tidak, karena selama film kalian diputar di Cinema 21 Anda adalah juaranya karena telah berhasil terpilih dari 730 peserta,” ucap Catherine Keng selaku Festival Director XXI Short Film Festival 2013.

Banyak kategori film pendek yang dilombakan oleh XXI, antara lain Film Pendek Animasi, Film Pendek Fiksi Naratif, Film Pendek Dokumenter.

 

Itu tadi tiga lomba film pendek bergengsi yang ada di Indonesia, jika berminat kamu bisa mengikuti salah satunya. Bermula dari hobi semoga bisa menghasilkan prestasi.

 

Mau belajar jadi filmmaker? Dan ikut lomba film bergengsi?  IDS | International Design School menyediakan Sekolah Film dan Kursus Film, lho! Kamu bisa wujudkan impian kamu menjadi FilmMaker.

 

 

Photo Credit : BOMBMAN via Compfight cc

Source :  1
Mau Jadi FilmMaker? Sekolah Dan Kursus Film di IDS Saja!

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG