Suka Game? Ini Dia 8 Profesi Seru di Industri Game - IDS | International Design School

Suka Game? Ini Dia 8 Profesi Seru di Industri Game

Mungkin banyak diantara kaum millenial yang hobi bermain game. Tapi tahukah kamu bahwa bekerja di industri game juga sangat menjanjikan. Untungnya ada banyak pilihan untuk mendapatkan posisi di industri game. Kali ini IDS | International Design School akan membahas seputar posisi asik dalam industri video game.

 

5-fakta-tentang-profesi-game-tester-2

 

1. Game Designer

Desainer game merupakan salah satu pekerjaan yang banyak diimpikan oleh para penikmat game. Seorang desainer game bertugas menghadirkan sebuah konsep yang kemudian akan menjadi video game. Ide tersebut dikembangkan menjadi rangkaian alur cerita dan pengembangan karakter dan menjadi patokan dalam proses produksi. Desainer bekerjasama dengan berbagai anggota tim lainnya seperti artistik programer dan audio.

 

2. Software Developers dan Computer Programmer

Kita bisa melihat bagaimana gambar-gambar dalam video game dapat bergerak dan mengikuti instruksi yang kita tentukan dalam sebuah video game. Hal ini bisa terjadi berkat adanya software developers dan computer programer. Kedua bidang ini menciptakan hasil akhir yang diinginkan desainer game, dimana mereka membuat kode yang mengubah desain menjadi instruksi yang bisa dibaca oleh sistem video game.

 

3. Animator dan Artistik

Sebagai bagian integral dari tim pengembangan video game, animator dan artis lain membuat video game menjadi hidup secara visual. Menggunakan perangkat lunak khusus, animator membuat rangkaian gambar yang membentuk gambar dalam permainan video, termasuk karakter dan lingkungan. Untuk menjadikan video game terlihat lebih solid, artistik bertugas memperhatikan detail-detail yang ada dalam video game. Seperti apa background untuk mempertajam suasana dalam game. Selain itu artistik juga mendesain packaging dari game yang ingin dipasarkan.

 

4. Sound Engineer

Tentu saja game tidak akan seru jika tidak ada suaranya. Tanpa efek suara, pasti saja sebuah game akan terasa sangat membosankan. Sound effect berfungsi untuk menghidupkan game agar para pemain game bisa merasakan pengalaman yang ingin didapatkan dari sebuah video game. Sound engineer menggunakan komputer dan peralatan listrik untuk membuat soundtrack untuk video game. Mereka bertanggung jawab atas semua yang anda dengar saat bermain game. Mereka memberikan suara untuk karakter, membuat efek suara, dan merekam musik latar belakang.

 

5. Writer

Pengalaman yang menyenangkan saat bermain game adalah ketika kamu dibawa pada sebuah cerita atau kisah yang ada dalam sebuah video game. Karena itu, peran seorang penulis cukup banyak dalam industri video game. Penulis naskah membuat cerita yang menjadi dasar permainan dan menulis dialog untuk karakter. Penulis membuat dokumentasi dan instruksi yang akan dipakai oleh para divisi lain untuk menghidupkan alur cerita pada sebuah game.

 

6. Translator

Tentu saja sebuah perusahaan game ingin memasarkan gamenya secara internasional. Agar game mereka dapat dinikmati oleh banyak orang di berbagai belahan dunia, diperlukan bahasa yang juga dapat dipahami di negara-negara lainnya. Penerjemah mengkonversi dialog karakter ke bahasa lain. Translator mengubah instruksi dan dokumentasi dari bahasa aslinya ke bahasa lain. Hal ini memungkinkan perusahaan memasarkan game ke pasar internasional.

 

7. Game tester

Posisi ini cukup menarik, yaitu penguji game. Sebelum game dipasarkan dan sampai ke tangan para pemain game, perusahaan harus memastikan tidak ada kesalahan dalam game yang mereka produksi. Penguji permainan memberikan jaminan kualitas (QA) untuk perusahaan yang memproduksi video game. Mereka memastikan game berfungsi dengan benar, dan instruksi serta dokumentasi jelas. Mereka mengidentifikasi masalah dan bug serta melaporkan temuan mereka kepada desainer dan developer.

 

8. Technical Support Specialists

Technical support specialist adalah tautan antara perusahaan video game dan publik. Mereka staf call center di mana mereka membantu pelanggan yang memiliki masalah dalam mengoperasikan game dan peralatan terkait. Support Specialist menjawab pertanyaan melalui telepon, obrolan online, dan email.

 

Menjadi bagian dari industri game ternyata menyenangkan. Jika kamu ingin berkarir dalam industri film, kamu bisa mulai mengembangkan kemampuan kreatifmu dengan mengikuti program digital animasi and game di IDS | International Design School.

Posted in: Articles