Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

Teknik Pencahayaan Dalam Fotografi

Pencahayaan merupakan suatu hal yang sangat vital dalam fotografi, agar kamu dapat lebih memahami macam-macam teknik pencahayaan, yuk baca penejelasan masing-masing teknik di bawah ini.

Pencahayaan Outdoor

"Perhentian Island Jetty"Daylight dan sinar matahari bukan sumber cahaya yang konstan, karena mereka berubah sesuai dengan jam dan cuaca, musim, lokasi, dan lintang. Warna sinar matahari berubah paling cepat di ujung ekstrim hari yaitu di fajar dan senja hari. Perubahan warna yang kuat juga terjadi selama badai, kabut, dan pada hari-hari musim dingin. Kualitas sinar matahari tergantung pada kekuatan dan arah. Sinar matahari langsung yang kuat menghasilkan cahaya yang “keras” karena menghasilkan gelap, bayangan yang jelas dengan image yang kuat dari bentuk. Sinar matahari adalah pencahayaan yang paling sulit pada hari-hari musim panas yang jelas pada siang hari. Sinar matahari yang kuat membuat warna yang kuat lebih cemerlang, tapi warna pucat menjadi lemah.

Front light

Classical
Jenis pencahayaan yang dibuat ketika sumber cahya berada di belakang fotografer disebut front light. Pencahayaan di atas bahu mungkin adalah teknik pencahayaan fotografi pertamamu. Hal ini tampaknya menjadi resep universal untuk menghasilkan fotografi yang baik. Namun kasus terhadap pencahayaan di atas bahu itu menghasilkan efek yang flat, tidak menunjukan detail maupun memberikan kesan mendalam. Oleh karena itu, untuk memberikan kesan bentuk, kedalaman, dan tekstur pada subjek, idealnya kamu harus memiliki cahaya datang dari samping atau setidaknya dari sudut.

Side light

Here Comes the SmolderSide light (pencahayaan dari samping) sangat penting dalam fotografi hitam putih yang mengandalkan warna abu-abu, bukan warna, untuk menangkap subjek. Bayangan yang disebabkan oleh pencahayaan dari samping mengungkapkan detail yang dapat membuat foto menjadi menarik  dari yang biasa-biasa saja. Hal ini berlaku untuk foto berwarna juga. Warna memberikan penampilan informasi tambahan tentang subjek yang dapat menebus kekurangan ketika foto dengan front light. Gambar dibuat dengan side light biasanya memiliki bayangan yang keras dan kontras. Untuk meringankan bayangan dan mengurangi kontras, kamu mungkin ingin menggunakan beberapa jenis reflektor atau menggunakan lampu kilat.

Back light

light.back
Ketika sumber cahaya berada di depan fotografer, datang langsung ke kamera, kamu memiliki apa yang disebut sebagai back light; yaitu, subjeknya backlit. Jenis pencahayaan seperti ini sangat efektif untuk foto seseorang di luar ruangan di bawah sinar matahari yang cerah. Dalam terang sinar matahari, ketika subjek diterangi dari depan maupun samping, mereka mungkin tidak nyaman dan menyipitkan mata. Back light membantu untuk menghilangkan masalah ini. Back light  juga mungkin memerlukan penggunaan reflektor atau lampu kilat untuk mencerahkan bayangan gelap dan meningkatkan detail subjek. Back light juga digunakan untuk menghasilkan efek siluet.

Bila kamu menggunakan back light, hindari sinar matahari jatuh langsung ke lensa (kecuali untuk efek khusus). Sebuah hood lensa atau beberapa cara lain untuk shading lensa harus digunakan untuk mencegah flare lensa.

Existing Light

Katie at the Attic WindowTerkadang  disebut juga cahaya yang tersedia atau fotografi cahaya natural, adalah pembuatan gambar dengan cahaya yang kebetulan berada di tempat kejadian. Ini termasuk cahaya dari meja, lantai, lampu langit-langit, lampu-lampu neon, jendela, lilin, lampu ponsel otomatis, dan jenis cahaya lainnya. Dengan existing light, fotografer memiliki kesempatan untuk membuat gambar yang kreatif dan dramatis. Existing light memungkinkan kebebasan bergerak untuk sang fotografer karena peralatan pencahayaan tambahan tidak diperlukan. Jarak subjek, bila tidak menggunakan flash, tidak mempengaruhi pada exposure/paparan. Untuk foto existing light, kameramu harus dilengkapi dengan lensa cepat setidaknya f/2.8, tetapi lebih disukai sekitar f/1.4. Shutter kamera harus memiliki pengaturan B atau T, dan untuk eksposur lebih dari sekitar 1/60 detik, kamu  membutuhkan tripod atau hal lain untuk mendukung kamera.

Foto Outdoor pada Malam Hari

Blue Hour At The Carousel
Waktu yang baik untuk membuat foto malam outdoor berwarna adalah sebelum benar-benar gelap. Pada saat ini, beberapa biru (atau bahkan oranye) ada di langit. Warna ini dalam di senja memberikan latar belakang yang dramatis untuk fotomu. Banyak bangunan terlihat agak biasa di siang hari, tapi pada malam hari, mereka sering terlihat menarik. Coba memotret hanggar di malam hari, dengan lampu menyala dan pintu hanggar terbuka.

Kamu ingin bisa menghasilkan karya-karya fotografi yang baik dan berkualitas? Kamu bisa mendalami dan mengasah skill fotografimu di kelas Fotografi Creative Course IDS!

 

Ingin Menjadi Fotografer Professional? Yuk Klik Disini Untuk Info Lebih Lanjut.

 

Photo: Portraits Paintography by Ray Bilcliff is licensed under Creative Commons Attribution 2.0 Generic (CC BY 2.0)
Source 1

Posted in: Articles

Comments (No Responses )

No comments yet.

DAFTAR SEKARANG