Tertarik Dunia Film? Pahami Istilah Dasarnya Terlebih Dulu - IDS | International Design School

Tertarik Dunia Film? Pahami Istilah Dasarnya Terlebih Dulu

Tertarik Dunia Film Pahami Istilah Dasarnya Terlebih Dulu)

Dunia perfilman memiliki banyak sekali istilah yang terkadang masih belum dipahami oleh orang awam. Apalagi selama proses produksinya yang terbilang cukup rumit. Namun dengan mengetahui istilah-istilah ini akan mempermudah kamu dalam berkomunikasi selama proses produksi. Berikut daftar 10 istilah dalam produksi film yang sering digunakan.

  1. Pre-Production Meeting

Pre Production Meeting adalah sebuah tahap dimana produser, investor, dan seluruh kru yang terlibat mengkomunikasikan hal-hal yang berkaitan dengan proyek film yang akan dibuat.  Di tahap ini produser akan menyampaikan visi misi mereka mengenai film yang akan dibuat termasuk hal-hal mendetail mengenai visualisasi, jadwal produksi, budgeting, hingga pemilihan pemain. 

  1. Script Breakdown

Script Breakdown merupakan istilah yang digunakan untuk membedah naskah dalam Bahasa Inggris. Tahapan ini bertujuan untuk menentukan setiap elemen yang dibutuhkan dalam adegans ecara detail. Script Breakdown juga meliputi penataan artistik, kostum, makeup, dan lain-lain. 

Selain itu di taha[an ini juga biasanya digunakan untuk membedah shot yang akan digunakan di setiap adegannya. Ini sangat diperlukan untuk menentukan angle, jenis shot, serta lighting yang akan digunakan selama produksi nantinya. 

  1. Blocking

Blocking merupakan sebuah istilah yang biasanya digunakan untuk mengatur letak talent, properti hingga pencahayaan agar menghasilkan suatu komposisi sempurna. Selain itu, istilah ini juga kerap digunakan untuk menentukan pergerakan masing-masing talent yang terlibat agar selaras dengan elemen lain dan frame kamera. 

  1. Crew Call

Pasti artis suka bete kalau jadwal shooting suka terhambat karena kru yang terlambat datang! Karenanya lahir istilah crew call yang artinya sebagai pengingat bagi para kru agar selalu datang tepat waktu saat proses shooting berlangsung. Umumnya pihak produser yang melakukan crew call sebelum proses shooting berlangsung. 

  1. False Move

False move merupakan istilah untuk gerakan tidak terencana yang dilakukan oleh aktor atau artis sebelum melakukan gerakan yang telah direncanakan. False move yang dilakukan oleh aktor atau aktris dapat menimbulkan masalah bagi para kameramen terutama saat menggunakan Dolly Grip yang berpikir bahwa gerakan aktor adalah isyarat untuk menggerakkan kamera. 

  1. Scouting

Scouting memiliki dua arti yaitu mencari lokasi atau setting yang tepat dengan referensi visual atau mencari aktor/aktris yang sesuai dengan naskah skenario. Scouting untuk mencari aktor/aktris biasanya digunakan bila mendatangkan agency atau individu yang bersangkutan secara langsung. Namun jika pencarian talent tersebut melalui sebuah audisi, biasanya lebih sering menggunakan casting. 

  1. Dubbing

Dubbing merupakan sebuah proses perekaman suara manusia yang disinkronkan dengan gambar film. Bisa jadi suara ini bukan berasal dari aktris atau aktor sesungguhnya. Proses dubbing ini sering digunakan pada bagian narasi sebuah film. Dubbing juga biasanya digunakan untuk memperbaiki perekaman asli yang buruk, kesalahan dalam dialog, atau penggunaan bahasa asing usai proses produksi. 

  1. Reading

Reading adalah istilah dimana kru tengah menyiapkan aktor atau aktris sebelum proses produksi film berlangsung. Di tahapan ini setiap aktor/aktris akan membaca naskah untuk mempelajari karakter mereka sekaligus adegan yang diperankan. Proses ini sangat berguna untuk menyingkat waktu agar proses shooting berjalan lebih efektif. 

  1. On Cam

On cam adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menentukan jadwal dimulainya sebuah shooting. Serupa dengan crew call, istilah ini sebagai penanda kapan kamera siap untuk merekam adegan shooting di hari tersebut. Secara tidak langsung on cam dapat diibaratkan sebagai penanda durasi persiapan bagi para kameramen usai crew call

  1. Wrap

Kalau kamu suka kepo Instagram Story artis, biasanya akan menemukan istilah ini. Wrap adalah kata-kata yang menandakan jika seluruh adegan sudah direkam dan tak ada hal yang harus direkam ulang. Biasanya yang menggunakan kata-kata pamungkas ini adalah sutradara sebagai tanda berakhirnya shooting

Nah, itu tadi istilah dalam produksi film yang harus kamu tahu. Atau kamu punya istilah lain yang ingin ditambahkan? Share di kolom komentar ya!

 

SOURCE: 1 2 3 4

Posted in: Articles