Blog

BAGIKAN

Cara mengoptimasi Lead Generation yang Efektif untuk Bisnis

lead generation

Lead generation merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang penting dan wajib untuk diketahui oleh setiap marketer.

Dapat dikatakan sebagai langkah pertama pemasaran digital. Ini merupakan tahap penentuan, penemuan, dan pengumpulan target konsumen (lead/prospek).

Dengan lead generation yang baik, taktik pemasaran apapun yang kamu terapkan akan terasa lebih mudah, sebaliknya jika keliru maka taktik pemasaran apapun yang kamu terapkan akan sulit.

Dalam artikel ini kamu akan menemukan penjelasan mengenai lead generation. Mengapa mereka penting bagi bisnis serta cara mengoptimalkannya untuk mencapai pemasaran yang efektif.

Pengertian

Lead dalam istilah merujuk pada orang yang memiliki ketertarikan pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh sebuah brand.

Mereka adalah calon konsumen atau orang yang berpotensi menjadi pelanggan.

Dalam mendapatkan lead, diperlukan upaya untuk merubah calon konsumen potensial ini berubah menjadi pelanggan. Caranya adalah dengan menerapkan strategi lead generation.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa lead merupakan calon konsumen atau target pemasaran, sementara lead generation merupakan cara atau proses untuk mendapatkannya.

Mengapa Penting?

Seperti yang telah disampaikan pada awal artikel bahwa lead generation merupakan salah satu strategi penting dan merupakan langkah awal dalam pemasaran digital.

Namun, apa alasan yang membuat strategi ini begitu penting bagi bisnis?

Lead generation dapat menarik audiens kepada tahap awareness terhadap produk/layanan, kemudian dikonversi menjadi lead dan dilanjutkan dengan penjualan dan berakhir dengan menjadikannya pelanggan.

Dengan strategi ini, marketer dapat memperkecil basis pelanggan. Mereka adalah orang-orang yang paling mungkin membeli produk atau menggunakan layanan yang kamu tawarkan.

Daripada menghabiskan banyak waktu dan uang untuk menargetkan secara luas atau menyasar setiap pangsa pasar di setiap segmen, strategi ini akan membantu kamu untuk menentukan target atau calon konsumen yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa manfaat:

  • Membantu mempersempit saluran konsumen potensial
  • Membantu mengklasifikasikan pelanggan secara efektif
  • Menciptakan perjalanan proses pembelian pelanggan yang lebih sempurna

lead generation

Strategi Lead Generation yang Optimal

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan marketer untuk meningkatkan lead generation. Namun ini merupakan 3 strategi yang dapat mengoptimalkan lead generation kamu:

  1. Tingkatkan Kualitas Konten

Konten merupakan senjata utama dalam pemasaran digital. Sebab konten yang baik dapat membuat audiens menjadi lebih dekat dengan sebuah brand hingga tidak hanya meningkatkan brand awareness namun juga engagement yang tinggi.

Dengan awareness dan engagement tersebut, bisnis dapat berpeluang untuk meningkatkan penjualannya.

  1. Optimalkan Situs Web Seluler

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah pengunjung website. Website merupakan tempat audiens menemukan dan mempelajari produk/layanan kamu.

Kamu perlu menyadari dari mana saja pengunjung website kamu datang. Sekarang ini, pengguna telepon seluler semakin meningkat karena kemudahannya.

Pertimbangkanlah untuk mengoptimalkan situs web yang mudah diakses oleh audiens (mobile-friendly) untuk memberikan customer experience yang baik.

  1. Perhatikan Call to Action

Kedua strategi di atas akan percuma jika kamu tidak menyertakan CTA yang tepat di akhirnya.

Call to Action merupakan komponen krusial pada setiap landing page atau website.CTA ini dapat berupa link maupun QR code yang akan menghubungkan audiens dengan leads.

Kamu dapat menyertakan CTA dalam konten Ebook, kursus online, template, atau voucher. Sebelum audiens mendapatkan konten tersebut, mereka harus mengisi formulir berupa informasi pribadi, dengan begitu kamu telah mendapatkan lead.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai lead generation. Ini merupakan salah satu strategi penting dari beragam strategi pemasaran digital lain yang juga tidak kalah pentingnya.

Untuk mengetahui strategi pemasaran digital lain, kamu bisa mengikuti Program Digital Marketing short course dari IDS | International Design School. Di sini kamu bisa belajar seputar digital marketing.

Ayo, mulai daftar kursusnya dan jadilah ahli dalam bidang digital marketing!

JOIN NOW!

Jago Bikin Film