Blog

BAGIKAN

Cara Menjadi Desainer UX, Ketahui Skill dan Langkah Memulainya

UX Design

User Experience (UX) adalah suatu proses yang bertujuan untuk meningkatkan kepuasan pengguna dalam berinteraksi dengan sebuah produk. Keberadaan UX didesain untuk membuat produk tersebut lebih bermanfaat dan memberikan nilai tambah bagi pengguna. Seorang desainer UX memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kepuasan pengguna terhadap suatu produk. Mereka berupaya memaksimalkan aspek aksesibilitas, fungsi, dan interaksi yang dibangun di dalamnya.

Jika Kamu memiliki minat untuk menjadi desainer UX, ada beberapa tahapan yang perlu diketahui. Dalam artikel ini akan dijelaskan bagaimana cara menjadi desainer UX, mulai dari keterampilan yang dibutuhkan hingga langkah-langkah untuk memulai karier dalam bidang ini. Bacalah dengan seksama.

Skill yang Dibutuhkan Menjadi Desainer UX

apa itu ui/ux design

Sebelum membahas tentang bagaimana menjadi desainer UX, ketahuilah beberapa soft skill maupun hard skill d bawah ini.

Soft Skill:

  1. Project management
  2. Memahami kebutuhan user
  3. Berkomunikasi dan mampu merepresentasikan produk
  4. Teamwork
  5. Bisa mengelola pekerjaan dengan baik
  6. Bisa menganalisis dan memiliki keingintahuan yang tinggi
  7. Berpikir kritis dan mampu menyelesaikan masalah
  8. Mampu beradaptasi dan kreatif

Hard Skill:

  1. Wireframing and prototyping
  2. Memahami interaksi desain dan komunikasi visual
  3. Kemampuan UX writing
  4. Mampu melakukan riset dan analisis kompetitor
  5. Pengetahuan tentang arsitektur informasi dalam memprioritaskan dan mengatur set informasi yang kompleks menjadi lebih mudah dipahami.

Langkah Memulai Menjadi Desainer UX

ux designer

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Kamu ambil untuk memulai karier sebagai desainer UX:

  1. Mempelajari Dasar-dasar Desain UX

Penting bagi Kamu untuk mempelajari dasar-dasar desain UX sebagai langkah awal dalam menjadi desainer UX. Ini meliputi melakukan riset pengguna, pengolahan data, pembuatan wireframe dan prototipe, desain interaksi, dan sebagainya. Kamu dapat memulai pembelajaran ini melalui berbagai cara, seperti membaca buku, menonton video, mengikuti kursus, menghadiri seminar, dan lain sebagainya. Pengetahuan dasar ini sangat penting untuk mengembangkan keahlian Kamu dalam bidang UX.

  1. Berlatih untuk Meningkatkan Keterampilan

Langkah kedua adalah dengan banyak berlatih untuk meningkatkan keterampilan Kamu. Pengetahuan teoritis saja tidak cukup, Kamu perlu melakukan praktik secara nyata. Kamu dapat membuat proyek UX sendiri untuk mengembangkan kemampuan Kamu. Dengan berlatih dan membuat proyek-proyek desain UX, Kamu akan mendapatkan pengalaman dan tantangan baru yang akan membantu Kamu dalam karier ini. Hasil-hasil yang Kamu capai dapat digunakan untuk membangun portofolio, sehingga orang lain dapat melihat sejauh mana kemampuan Kamu sebagai desainer UX.

  1. Membuat Portofolio yang Menarik

Portofolio merupakan bagian yang sangat penting dalam menarik klien atau calon pemberi pekerjaan. Portofolio dapat dibuat dari proyek-proyek yang telah Kamu selesaikan. Proyek-proyek ini akan menjadi representasi dari keterampilan yang Kamu kuasai. Kamu juga dapat mencoba melamar pekerjaan di bidang desain UX, di mana portofolio akan menjadi bukti kemampuan Kamu. Pastikan untuk membuat portofolio yang menarik agar orang lain tertarik untuk menggunakan jasa atau mempekerjakan Kamu. Kamu dapat melihat referensi hasil karya desainer lain di situs seperti Dribbble atau Behance. Selain itu, buatlah website pribadi untuk menampilkan hasil-hasil pekerjaan yang telah Kamu buat sebelumnya.

  1. Melamar Pekerjaan yang Relevan

Langkah terakhir adalah dengan melamar pekerjaan yang relevan, terutama di bidang desain UX. Melamar pekerjaan sebagai desainer UX akan memberikan kesempatan bagi Kamu untuk belajar dari para senior di tempat kerja. Bidang UX memiliki berbagai jenis pekerjaan, seperti desainer UX, peneliti UX, peneliti pengguna, pengujian kegunaan, arsitek informasi, desainer produk, desainer interaksi, analis UX, dan sebagainya. Melamar pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kemampuan Kamu akan membantu memulai karier Kamu sebagai desainer UX.

Itulah langkah-langkah yang perlu Kamu ketahui untuk memulai karier sebagai desainer UX. Tertarik untuk berkarier sebagai Desainer UX? Yuk belajar UI/UX di program Digital Design & Illustration IDS | International Design School. Mengapa IDS? Karena IDS mengajarkan mahasiswa untuk mengintegrasikan pemikiran kreatif, estetika desain, ilustrasi, dan strategi komunikasi. Fokus pembelajaran meliputi desain untuk media cetak dan digital. Pembelajaran mencakup tipografi, fotografi, ilustrasi, komposisi, warna, serta desain berbasis pengguna seperti design thinking, UI & UX. Mahasiswa juga akan dilengkapi dengan pemahaman kebutuhan bisnis agar siap bekerja di industri kreatif dan startup.

IDS menyediakan berbagai fasilitas yang mendukung proses belajar mahasiswa dalam merancang. Perangkat lunak yang diajarkan meliputi Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, After Effects, dan adobe XD, Figma untuk keperluan praktik dan penyelesaian tugas.

College Program

Jago Bikin Film