Blog

BAGIKAN

Prestasi Sinematik Terbaik: Daftar Pemenang Venice Film Festival 2023

venice film festival 2023

Venice Film Festival 2023 adalah edisi ke-80 dari festival bergengsi ini, yang berlangsung dari 30 Agustus hingga 9 September di Lido Venezia. Festival ini membuka tirai dengan film perang Italia yang berjudul “Comandante” yang disutradarai oleh Edoardo De Angelis pada tanggal 30 Agustus, dan ditutup oleh film “Society of the Snow” karya JA Bayona pada tanggal 9 September.

Festival Film Venesia dikenal sebagai wadah bagi para pelaku industri film global untuk merayakan perkembangan sinema internasional. Namun, dalam edisi tahun ini, kota Venesia terasa sepi karena banyak aktor dan aktris yang absen hadir. Mereka memilih untuk mendukung aksi pemogokan yang dilakukan oleh SAG-AFTRA dan WGA di Amerika Serikat (AS). Aksi ini bertujuan untuk memperjuangkan kondisi kerja dan gaji yang lebih baik di industri film, terutama di AS.

Meskipun demikian, Festival Film Venesia 2023 masih dihadiri oleh sejumlah sutradara terkenal seperti Michael Mann, David Fincher, Yorgos Lanthimos, Ava DuVernay, Wes Anderson, Ryusuke Hamaguchi, Richard Linklater, Sofia Coppola, dan Woody Allen. Tidak hanya itu, beberapa aktris ternama seperti Rita Ora, Emma Corrin, Sydney Sweeney, Kate Beckinsale, Kerry Washington, Georgia May Jagger, Olivia Palermo, dan aktris Indonesia Beby Tsabina juga turut hadir.

Film Poor Things yang disutradarai oleh Yorgos Lanthimos, berhasil meraih penghargaan kategori utama Golden Lion di Venice Film Festival 2023. Film ini menggabungkan elemen komedi hitam dan fiksi ilmiah, berdasarkan pada novel dengan judul yang sama karya Alasdair Gray yang diterbitkan pada tahun 1992.

“Poor Things” menceritakan kisah Bella Baxter (diperankan oleh Emma Stone), seorang wanita yang dihidupkan kembali oleh seorang ilmuwan setelah mengalami kematian dalam kecelakaan misterius. Dalam kehidupan keduanya, Bella memiliki rasa ingin tahu yang besar dan ingin memahami berbagai aspek teknologi dan budaya.

Selama perjalanan hidupnya, Bella bertemu dengan Duncan Wedderburn dan jatuh cinta padanya. Mereka berdua menjelajahi berbagai benua di dunia, dan dalam perjalanannya, Bella mulai melihat sisi gelap manusia dan menghadapi ketidakadilan.

Selain “Poor Things,” masih banyak judul menarik lainnya yang juga meraih penghargaan di Venice Film Festival 2023. Untuk informasi lebih lanjut, berikut adalah daftar lengkap pemenang Venice Film Festival 2023:

Golden Lion:

Poor Things karya Yorgos Lanthimos

Silver Lion Grand Jury Prize:

Evil Does Not Exist karya Ryusuke Hamaguchi

Silver Lion for Best Director:

Matteo Garrone karya Io Capitano

Special Jury Prize:

Green Border karya Agnieszka Holland

Best Screenplay:

El Conde karya Guillermo Calderón, Pablo Larraín

Best Actress:

Cailee Spaeny karya Priscilla

Best Actor:

Peter Sarsgaard karya Memory

Marcello Mastroianni Best Young Actor Award:

Seydou Sarr karyaIo Capitano

Orizzonti Best Film:

Explanation for Everything karya Gábor Reisz

Orizzonti Best Director:

Mika Gustafson karya Paradise Is Burning

Orizzonti Special Jury Prize:

Una Sterminata Domenica karya Alain Parroni

Orizzonti Best Actress:

Margarita Rosa de Francisco karya El Paraiso

Orizzonti Best Actor:

Tergel Bold-Erdene karya City of Wind

Orizzonti Best Screenplay:

El Paraiso karya Enrico Maria Artale

Orizzonti Best Short Film:

A Short Trip karya Erenik Beqiri

Lion of the Future Award for a Debut Film:

Love Is a Gun karya Lee Hong-Chi

Orizzonti Extra Audience Award:

Felicita karya Micaela Ramazzotti

Venice Classics – Best Documentary:

Thank You Very Much karya Alex Braverman

Venice Classics – Best Restored Film:

Moving karya Shinji Somai

Venice Immersive Grand Prize:

Songs for a Passerby karya Celine Daemen

Venice Immersive Achievement Prize:

Empereur karya Marion Burger, Ilan Cohen

Itulah daftar lengkap pemenang Venice Film Festival 2023. Festival ini menampilkan sejumlah film berkualitas dari seluruh dunia dan mengakui pencapaian terbaik dalam sinema internasional. Pemenang-pemenang ini menerima penghargaan bergengsi dan pengakuan atas kontribusi mereka dalam industri film.

Tertarik untuk menjadi seorang filmmaker? Yuk sekolah film di IDS | International Design School!

banner college

Kenapa harus sekolah film di IDS? Karena IDS memiliki Program Digital Film & Media Production mengajarkan kemampuan teknis dan estetis bagi mahasiswa untuk membuat film dan konten untuk berbagai media. Program ini dimulai dari pengembangan cerita, penulisan skenario & pembuatan storyboard hingga mewujudkannya menjadi film. Mahasiswa juga akan mempelajari seluruh rangkaian produksi yang meliputi penyutradaraan, manajemen produksi, sinematografi, tata artistik, tata suara, akting, dan editing. Selain itu, mereka juga dibimbing memahami sudut pandang manajemen & bisnis konten dari sisi pemasaran & distribusi.

College Program

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry