Blog

BAGIKAN

Elon Musk Ganti Logo Twitter Menjadi Shiba Inu, Harga Dogecoin Melesat Naik

Elon Musk Ganti Logo Twitter

Sebagai seorang pendiri, CTO, dan CEO SpaceX; CEO dan arsitek produksi Tesla, Inc.; pendiri The Boring Company; dan juga pendiri Neuralink dan OpenAI, Elon Musk telah membeli platform sosial media twitter pada tanggal 27 Oktober 2022 lalu. Dengan pembelian twitter oleh Elon Musk ini tentu nya membuat perubahan perubahan tertentu pada twitter.

Seperti kasus yang terbaru ini, Elon Musk sengaja mengganti logo twitter menjadi gambar Shiba Inu yang kita ketahui Shiba Inu (SHIBA) adalah cryptocurrency berbasis Ethereum yang merupakan meme berdasarkan anjing Shiba Inu Jepang.

Logo Dogecoin ini muncul di halaman depan Twitter.com. Kamu bisa melihat logo ini di bagian pojok kiri atas, tempat yang biasanya menampilkan logo burung biru.

Alasan mengapa Elon mengganti Logo twitter menjadi Shiba Inu bisa kita lihat di akun pribadi twitter nya. (https://twitter.com/elonmusk/status/1642976364080041984?s=19) Elon mengungkapkan pergantian logo ini adalah sebagai sebuah janji yang pernah ia cuitkan dibulan maret tahun 2022 lalu. 

Dengan pergantian logo ini tentunya membawa kenaikan harga pada Dogecoin sebanyak 30%. Sebenarnya ini bukan pertama kalinya Elon Musk menaikkan harga Dogecoin ke angka yang fantastis. Elon seringkali me ngetweet cuitan yang berhubungan dengan Shiba Inu sebagai MEME. Dia secara berkala men-tweet tentang token, yang dibuat sebagai lelucon pada tahun 2013. Karena hal ini lah, diperkirakan menyebabkan nilai dogecoin tidak stabil setiap saat.

Sebelumnya pada Desember 2021 lalu, Tesla mengumumkan akan menerima pembayaran dogecoin untuk beberapa merchandise. “Tesla akan melihat bagaimana ke depannya,” cuit Musk di Twitter saat itu. Akibat dari cuitannya tersebut, harga dogecoin naik 20%. 

Pada Januari 2022 juga Elon Musk pernah mengumumkan di Twitter bahwa bisa melakukan pembayaran menggunakan dogecoin secara langsung, nilai kripto tersebut melonjak hingga 15%.

Dengan kenaikan yang drastis setiap Elon Musk ngetweet tentang Dogecoin. Ia menerima gugatan sebesar 258 miliar dollar AS atau sekitar Rp 3.800 triliun oleh seorang investor uang kripto Dogecoin bernama Keith Johnson. Dalam gugatannya, Johnson mengaku telah kehilangan banyak uang setelah berinvestasi di Dogecoin.

Dikarenakan reputasi serta pengaruh besar Elon Musk justru membuat ia harus berhadapan dengan masalah hukum. Johnson menilai Elon Musk telah “memanipulasi” harga Dogecoin. Gugatan ini dilayangkan di pengadilan di kota Manhattan, New York, Amerika Serikat (AS) pada pertengahan 2022 lalu. 

Elon Musk Ganti Logo Twitter

Isi dari gugatan Johnson adalah sebagai warga AS yang telah membeli, memiliki, dan melakukan perdagangan Dogecoin sejak 2019, menuduh Musk menjadikan Dogecoin sebagai “mainan” belaka. 

Ia menilai Elon Musk melakukan “skema piramida” terhadap Dogecoin via internet yang aktivitas perdagangannya dimanipulasi oleh Musk dan perusahaannya di Twitter. Johnson juga menganggap yang seharusnya harga Dogecoin tak memiliki nilai dasar dan tidak diamankan oleh lembaga pemerintah atau swasta di AS, mudah dimanipulasi oleh berbagai promosi atau tweet yang dilontarkan Musk di Twitter. 

Dengan pergantian Logo Twitter ini, apakah ini menjadi salah satu upaya Elon Musk untuk menyelesaikan perkara hukum tersebut.

Sebagai informasi, untuk harga Shiba Inu hari ini adalah Rp 0.162994 IDR dengan volume perdagangan 24 jam sebesar Rp 2,586,079,794,031 IDR. Dengan adanya kenaikan harga yang disebabkan perubahan logo tersebut, Shiba Inu naik 3.10 dalam 24 jam terakhir. Peringkat CoinMarketCap saat ini adalah #14, dengan kap pasar sebesar Rp 96,091,928,803,151 IDR.

Untuk sekarang, belum jelas apakah perubahan logo ini akan bersifat sementara atau permanen. Musk dikenal menggunakan Twitter untuk menjebak para penggemar dan pengkritiknya. 

Selain itu juga, banyak warga twitter yang ikut kesal dengan banyaknya perubahan kebijakan twitter yang diberlakukan semenjak Elon Musk menjabat sebagai CEO nya. 

Sebagai informasi tambahan, Dogecoin diciptakan pada 6 Desember 2013. Dogecoin diciptakan awalnya sebagai lelucon. Dikarenakan nama itu mengacu pada meme “doge” yang menjadi populer satu dekade lalu. Dogecoin diciptakan oleh sepasang insinyur perangkat lunak IBM Billy Markus dari Portland, dan seorang insinyur perangkat lunak Adobe Jackson Palmer.

JOIN NOW!

Jago Bikin Film