Blog

BAGIKAN

Mau jadi Designer Grafis? Yuk Ketahui Fakta Design Grafis Berikut Ini!

fakta design grafis

Jika kamu berminat menjadi seorang designer grafis jangan terbelenggu dengan mitos-mitos yang ada. Pahami dan ketahui fakta design grafis yang sebenarnya. Ini akan membantu membuka pikiranmu tentang dunia design garfis. Dengan begitu tentu kamu bisa menjadi desainer grafis yang profesional.

Mitos tentang design grafis sering kali membuat orang takut untuk mulai mempelajari dunia design itu sendiri. Misalnya stigma yang ada tentang design grafis harus punya bakat seni dan semacam lainnya. Ini akan membuat seseorang yang tidak sesuai dengan itu semua merasa kurang percaya diri. Padahal banyak fakta yang menunjukkan tentang seorang pekerja design grafis yang sukses dan profesional yang tidak sesuai dengan stigma tersebut.

Lalu apa sih sebenarnya fakta design grafis yang perlu kita ketahui? Tentunya ini sangat penting untuk membangun kepercayaan diri kamu yang ingin menjadi designer grafis. Berikut ini fakta-fakta menariknya!

  1. Mau Belajar

desainer grafis

Jika ada mitos design grafis berasal dari bakat seni tentu tidak tepat. Meski design masih berhubungan dengan seni namun untuk membuat design tidak harus punya bakat seni. Lebih tepatnya orang yang suka seni dan mau belajar tentu bisa membuat design grafis yang bagus. Ketidak bisaan bisa dikalahkan dengan keinginan terus belajar dan mencoba. Bisa dengan berlatih sendiri secara autodidak dan bisa juga mengikuti pelatihan yang kini sudah banyak tersedia.

  1. Kreativitas

kreatif

Fakta kedua adalah kreativitas, kunci dari sebuah design yang menarik adalah kreativitas. Maka dari itu perlu untuk selalu mengembangkan kreativitas ide-ide yang ada. Kemudian menuangkannya dalam bentuk design grafis yang keren.

  1. Berani Mencoba Hal Baru

desainer grafis hebat

Berani mengeksplor hal-hal baru merupakan fakta selanjutnya dari design grafis. Untuk bisa menjadi desainer grafis yang hebat, selain berlatih juga harus berani mengeksplor lebih jauh tentang design. Tujuannya agar menghasilkan karya yang baik meski dengan berbagai jenis dan tema berbeda. Jika sudah memiliki mental kuat untuk terus belajar dan sudah mengembangkan kreativitas, maka pilihlah langkah ini selanjutnya.

Berani mencoba hal baru juga mungkin akan mematahkan mitos designer grafis harus serba bisa. Sebab memang tidak semua bisa dikuasai oleh designer seperti menulis dan menggambar. Tapi dengan mau serta berani mencoba hal baru, beberapa teknik lainnya mungkin bisa perlahan dipelajarinya.

  1. Fokus dan Teliti

fokus dan teliti

Jika mitos yang berkembang design grafis pekerjaan yang cepat dan mudah, itu salah. Designer membutuhkan fokus dan ketelitian. Mulai dari menyiapkan tujuan, rencana sampai dengan membuat design yang sesuai. Akan tetapi dengan fokus dan ketelitian serta terbiasa mendesign maka waktu yang dibutuhkan memang akan lebih cepat dibanding mereka yang belum terbiasa membuat design.

  1. Mengetahui Tujuan Design Grafis yang dibuat

menggunakan komputer

Fakta lainnya tentang design grafis adalah perlu mengetahui tujuan dari design itu sendiri. Banyak persepsi yang menyebut design sebagai iklan. Meskipun tidak salah namun kurang tepat rasanya. Design grafis bukan hanya sebagai iklan, tetapi juga berisikan pesan yang perlu disampaikan serta menggambarkan citra yang ingin dibangun. Maka dari itu, sebelum membuat design grafis perlu mengetahui tujuan yang ingin dicapai.

  1. Profesional

Berkarir Sebagai Profesional Designer

Terakhir yaitu fakta dari pekerja design grafis adalah sikap profesional. Sikap ini memang sebenarnya dibutuhkan dalam semua pekerjaan. Namun mitos yang berkembang bahwa pekerjaan sebagai design grafis dituntut sabar menghadapi klien. Ini kadang suka disalah arti oleh klien yang ingin ini itu tanpa memikirkan designernya. Faktanya, menjadi seorang design grafis bukan melulu sabar dan nurut terhadap klien tetapi lebih kepada mengendepankan profesionalitasnya tanpa melupakan rasionalitas tentunya.

Nah, itulah 6 fakta design grafis yang perlu diketahui. Terlebih untuk kalian yang punya minat menjadi seorang designer grafis tapi takut dengan mitos-mitos yang ada. Sebaiknya ketahui 6 fakta ini dan pelajari lebih jauh dunia design grafis itu sendiri. Pertama yang perlu dilakukan adalah kepercayaan diri, yakinlah bahwa kamu mampu.

Kalau kalian adalah seorang  calon desainer yang ingin memperdalam ilmunya, jangan khawatir IDS |International Design School  membuka sekolah desain. Diajar oleh orang-orang terpilih akan membuatmu melangkah lebih dekat menuju impian. You ‘r already in your track, Gorgeous.

Roadmap to Success: Career Path in 3D Animation Production
Fast Track to International Degree