Blog

BAGIKAN

Sinopsis Film Autobiografi yang Mendapat Penghargaan Internasional

Film Autobiografi

Film Autobiography adalah film asal Indonesia yang mendapat banyak penghargaan internasional. Film ini telah lebih dulu tayang di Festival Film International Venice pada tanggal 03 September 2022. Film Autobiografi menjadi satu-satunya film dari Asia Tenggara yang tayang perdana pada festival tersebut. Saat Ini Film ‘Autobiography’ sudah tayang di bioskop mulai hari Kamis, 19 Januari lalu.

Film ‘Autobiography’ telah mendapatkan banyak penghargaan, tidak hanya penghargaan nasional namun juga penghargaan Internasional. Selain mendapatkan penghargaan Golden Hanoman Award dari Jogja-Netpac Asian Film Festival 2022 lalu, film ‘Autobiography’ juga mendapatkan penghargaan International Critics Prize for Best Film in Orizzonti dari the International Federation of Film Critics (FIPRESCI) Venice Film Festival 2022.

Film ‘Autobiography’ juga menyabet Grand Prize Winner – TOKYO FILMeX International Film Festival 2022, termasuk Best Screenplay-Asia Pacific Screen Awards 2022. Ada juga penghargaan dari Taipei Golden Horse Film Festival 2022 serta Stockholm International Film Festival 2022. Sederet penghargaan tersebut tentunya menjadi salah satu pencapaian untuk bidang perfilman Indonesia.

Film ‘Autobiography’ banyak mendapat penghargaan dan pujian karena isu sosial yang diangkatnya. Aktor Kevin Ardilova menyebut film ‘Autobiography’ sebagai film kemerdekaan yang telah direnggut oleh kekuasaan. Film ini juga menunjukkan kejamnya kekuasaan jika berada di tangan yang salah.

Sutradara Makbul Mubarak menjelaskan film ‘Autobiografi’ adalah film yang menggambarkan kondisi masyarakat di bawah pengaruh sebuah paham besar. “Sebenarnya film ini bukan soal instansi itu, tapi soal paham besar yang kemudian mengatur sebuah masyarakat di mana saya lahir. Terinspirasi dari pengalaman dan ketakutan masa kecil saya.”

Dalam film Autobiography juga akan menunjukkan hubungan majikan dan pembantu, yakni latar belakang dua tokoh yang diceritakannya. Namun, film ‘Autobiography’ juga akan menunjukkan hubungan antar generasi, generasi tua dan generasi muda. Di mana tidak semua ajaran dari generasi tua baik dan perlu ditanamkan, untuk itu generasi muda tidak harus bungkam akan ajaran salah tanpa melawan.

Film Autobiografi

“Aku hanya ingin memotret bagaimana suatu hubungan yang kelihatannya sangat sederhana majikan dan pembantu bisa bicara soal banyak sekali lapisan,” terang Makbul seperti yang dikutip dari CNN Indonesia.

Film ‘Autobiography’ bermula dari kisah pemuda bernama Rakib (Kevin Ardilova) yang menjadi penjaga dan pengurus rumah kosong seorang Jenderal terhormat bernama Purna (Arswendy Bening Swara) di sebuah daerah.  Suatu hari, Purna kembali menempati rumah tersebut untuk memulai kampanye pemilihan bupati. Dari sanalah kedekatan Rakib dan Purna terjalin.

Rakib, yang kehilangan sosok ayah (Rukman Rosadi) sebab ia berada di penjara,  mulai terikat dengan Purna. Seketika Purna menjadi mentor sekaligus panutan bagi Rakib. Ia mengajari Rakib banyak hal, mulai dari bermain catur hingga menembak burung. Rakib juga bukan lagi hanya sekadar pengurus rumah tangga, ia menjadi asisten Purna dan ikut mengurus keperluan kampanye Purna.

Hingga kemudian terjadi hal tak terduga menimpa mereka saat kampanye. Peristiwa tersebut membuka mata Rakib untuk melihat sisi lain dalam diri Purna, sehingga ia menghadapi dilema terbesar dalam hidupnya. Kamu bisa menonton film ‘Autobiography’ yang sedang tayang di bioskop untuk mengetahui kisah mereka lebih jauh.

Film ‘Autobiography dibawakan oleh Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Yusuf Mahardika, Lukman Sardi, dan Rukman Rosadi. Film ini disutradarai oleh Makbul Mubarak, sekaligus menjadi debut sang sutradara dalam film panjang.

Kamu tertarik dengan film? Mau belajar film lebih lanjut bersama IDS? IDS | International Design School menyediakan sekolah film untuk kamu mengejar passion kamu dalam dunia perfilman. Bersama IDS | International Design School, kamu bisa mendapatkan gelar bachelor dari Universitas Ternama di luar negeri.

Sumber: Sinopsis Film ‘Autobiografi’ yang Mendapat Penghargaan Internasional

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree