Blog

BAGIKAN

Jangan Salah, Ketahui Syarat Kuliah di Luar Negeri yang Tepat Sebelum Mendaftar

Syarat Kuliah Di Luar NegeriAda 2 cara untuk kuliah di luar negeri, baik dengan beasiswa atau dengan biaya sendiri. Dengan jalur apa pun yang akan kamu tempuh nantinya, berikut syarat kuliah di luar negeri yang harus kamu persiapkan sedini mungkin demi kelancaran proses pendaftaran kuliahmu nanti!

  1. Ijazah 

Salah satu syarat utama saat kamu ingin berkuliah di luar negeri adalah memiliki ijazah dari pendidikan terakhirmu karena ijazah digunakan sebagai bukti bahwa kamu benar-benar sudah lulus dari pendidikan terakhir, sebelum lanjut ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi. Jangan lupa untuk perhatikan syarat dari kampus yang kamu tuju, apakah butuh yang sudah ditranslasi atau tidak, butuh yang dilegalisir atau tidak, dan lain sebagainya.

Kamu tidak perlu khawatir jika ijazahmu belum dalam bahasa Inggris atau bilingual karena kamu bisa menggunakan jasa penerjemah tersumpah. Jangan lupa untuk cek terlebih dahulu apakah penerjemah tersumpah yang akan kamu gunakan benar-benar sudah diakui oleh negara tujuanmu. 

  1. Letter of Acceptance

Jika kamu ingin berkuliah di luar negeri, tentu kamu harus memiliki surat yang memberitahu bahwa kamu memang sudah diterima di kampus tujuanmu. Surat ini bernama Letter of Acceptance. Kamu bisa mendapatkan LoA ini jika kamu melakukan pendaftaran ke kampus tujuanmu dan mengikuti syarat-syarat yang berlaku. Biasanya para kampus meminta beberapa berkas yaitu:

  • CV
  • KTP/paspor
  • Ijazah
  • Transkrip nilai
  • Motivation letter
  • Sertifikat kemampuan bahasa

Setelah memiliki berkas-berkas yang dibutuhkan, kamu tinggal mendaftar sesuai prosedur kampus tujuanmu. Perhatikan juga tanggal-tanggal pentingnya seperti kapan pendaftaran dimulai dan berakhir, kapan pengumumannya, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk cek juga apakah kampus yang kamu tuju meminta berkas untuk dikirim secara offline atau kamu tinggal mengunggahnya di website kampus tersebut.

  1. Sertifikat Bahasa

Memiliki sertifikat bahasa merupakan salah satu syarat dan modal utama untuk kamu yang mau berkuliah di luar negeri. Kamu membutuhkan sertifikat bahasa ini sebagai bukti bahwa kamu memiliki dasar bahasa untuk  berkomunikasi di negara tempatmu berkuliah nanti. Ada beberapa sertifikat bahasa yang diminta, biasanya dalam bahasa Inggris, seperti IELTS, TOEFL, TOEIC, dan lainnya. Setiap kampus pun memiliki standar skornya masing-masing, jadi pastikan kamu memenuhi syarat yang diminta oleh kampus tujuanmu agar proses pendaftaranmu nanti semakin lancar!

Syarat Kuliah Di Luar Negeri

  1. Surat Rekomendasi

Ada beberapa kampus di luar negeri yang meminta surat rekomendasi dari kampus tempat studi sebelumnya sebagai dasar verifikasi data calon mahasiswa mereka. Oleh karena itu penting untuk membina hubungan yang baik dengan dosen agar kamu dimudahkan dalam proses membuat surat rekomendasi ini.

  1. Paspor

Seperti syarat ke luar negeri secara umum, tentu paspor pun menjadi salah satu syarat untuk kuliah di luar negeri. Kamu bisa mulai membuat paspor jauh-jauh hari sebelum proses mendaftar kuliah, atau ketika sudah diterima kuliah. Biasanya kampus memang meminta bukti kewarganegaraan menggunakan paspor ketika pendaftaran, tetapi kamu nggak perlu khawatir karena kamu bisa menggunakan KTP sebagai bukti kewarganegaraanmu.

  1. Visa

Selain paspor, syarat untuk memasuki suatu negara adalah dengan memiliki visa. Seperti yang kita ketahui, visa memiliki banyak jenis, tergantung dari apa tujuan kita ketika mengunjungi suatu negara. Karena tujuanmu adalah untuk studi, maka visa yang nantinya akan kamu dapatkan adalah visa pelajar. Biasanya visa pelajar dapat dibuat jika kamu sudah memiliki Letter of Acceptance dari kampus tujuanmu. Oleh karena itu usahakan sudah memiliki LoA terlebih dahulu sebelum daftar untuk membuat visa agar pihak kedutaan dapat dengan mudah memvalidasi aplikasi visa pelajarmu.

6 poin di atas adalah syarat kuliah di luar negeri yang biasanya diminta oleh pihak kampus atau pun negara yang kamu tuju. Mungkin ada beberapa berkas tambahan yang harus kamu penuhi, oleh karena itu rajin-rajinlah mencari informasi agar kamu tidak kekurangan berkas penting ketika mau mendaftar ke kampus impianmu ya!

Buat kamu yang ingin kuliah ke luar negeri, Yuk, jangan lewatkan kesempatan untuk mengikuti program International Pathway di IDS dan raih impianmu untuk kuliah di luar negeri! Dapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan dapatkan pengetahuan serta keterampilan baru yang dapat membantu kamu meraih masa depan yang lebih cerah. Kunjungi website IDS sekarang juga untuk informasi lebih lanjut tentang program International Pathway dan cara mendaftarnya!

JOIN NOW!

How to Start Your Career in Animation & Game Industry
Fast Track to International Degree