Blog

BAGIKAN

Tahapan dan Proses Pembuatan Film Pendek

Tahapan Pembuatan FilmInilah tahapan dan proses pembuatan film pendek:

  • Lakukan Brainstorm Pada Naskah dan Visi dari Short kamu

Setelah dibuat beberapa rancangan naskah film, bagikan kepada teman-teman terdekat yang bisa dimintai pendapat. Lalu tampung berbagai masukan dan saran dari teman-teman kamu, bisa jadi tentang karakter ataupun logika film, setelah itu pilah-pilih saran yang akan kamu masukkan kedalam film. Selanjutnya, pertimbangkan juga mengenai jumlah halaman naskah, hal ini berkaitan tentang output filmnya nanti. Jangan sampai film melebihi batas waktu yang ditentukan, karena biasanya durasi film pendek berkisar antara 5-20 menit.

Selain naskah, pastikan juga sampaikan ide ini melalui gambar, agar lebih memudahkan pihak yang akan bekerja sama dengan kamu untuk merasakan vibrasi dari tema filmnya. Ini juga akan membuat kamu mengenal lebih dalam dengan style videonya. Bisa juga kamu bagikan berbagai inspirasi yang kamu dapat untuk membuat film pendek tersebut kepada calon kolaborator, ini juga membuat kolaborator mudah merasakan visi dari film kamu.

  • Temukan Partner Kolaborasi yang Cocok

Pastikan kamu mengajak orang yang tepat untuk berkolaborasi. Akan lebih berkesan apabila kamu berkolaborasi dengan tim atau seseorang yang sudah lebih berpengalaman, sehingga selama proses pembuatan film pendek kamu akan menyerap banyak pelajaran dari mereka. 

  • Pra-Visualisasi

Sebelum bertemu DP (Director of Photography), pastikan bayangan saat semua scene digabung sudah ada di kepalamu, bagian ini dinamakan pra-visualisasi. Sehingga ketika dilakukan briefing dengan tim DP kamu akan mudah menyampaikan visi dari film. Pra-visualisasi akan membantu kamu merancang konsep warna, pergerakan kamera, bayangan dan pencahayaan, dan aspek visual lainnya. 

Tahapan dan proses pembuatan film pendek

Tahap Produksi

  • “No time like the present”

Mungkin kamu punya ide untuk sebuah film, tapi kamu menunggu jadwal, lingkungan, keadaan, atau cuaca yang tepat untuk memulai. Tapi sebenarnya, memang tidak pernah ada waktu yang tepat untuk memulai. Kalau terus berpikir seperti itu, pembuatan film tidak akan pernah dimulai. Lebih baik, perlahan kamu lengkapi apa saja yang diperlukan untuk pembuatan film. Sambil memulai brainstorming konsep dan visi dari ide film kamu.

  • Fleksibilitas adalah segalanya

Penting sekali untuk merencanakan semua rangkaian perfilman, tapi penting juga untuk membuat setiap perencanaan fleksibel agar bisa menyesuaikan kepada setiap keadaan. Penting juga untuk membuat rencana cadangan agar kamu tidak kehabisan cara saat kondisi tidak sesuai dengan rencana.

  • Batasi Waktu Shooting

Penjadwalan amat penting dalam proses produksi film, dan jangan lupa untuk membatasi hari  shooting. Bukan hanya penting untuk memastikan semua scene sudah diambil, tapi juga agar semua anggota tim tetap waras selama proses shooting. Sehingga semua proses produksi dapat terlaksana dan semua anggota tim dapat mengatur energi selama proses berlangsung.

Proses Post-Produksi dan Festival

  • Proses Editing

Setelah semua scene diambil, saatnya melibatkan editor untuk mulai mengedit, dan jangan lupa berikan salinan dari naskahnya. Meskipun kamu sudah meminta editor dan bahkan mendampingi mereka agar mengedit sesuai yang sudah direncanakan, tapi hasil dari editing awal biasanya jauh dari ekspektasi. Ini hal biasa, beberapa produser film juga mengalami hal yang sama. Terdengar ganjil, tapi memang begitu keadaannya, kembali ke visi film dan biarkan film itu memberi tahu bagaimana seharusnya.

  • Pikirkan tentang Festival untuk Premiere dari Short kamu

Susun pemetaan tentang kegiatan festival premier kamu, dari tanggal persiapan, tanggal pemberitahuan, sampai tanggal pelaksanaannya. Kamu juga boleh meng-hire perusahaan Humas untuk membuat film kamu lebih dikenal luas. 

Tiga tahap diatas adalah hal yang wajib kamu lalui saat memproduksi sebuah Film pendek. Pastikan kamu melalui satu persatu dari setiap tahapan tersebut, agar hasil yang didapat bisa memuaskan. Kalau kamu ingin mempelajari lebih dalam mengenai produksi film.

Yuk daftarkan dirimu di IDS | International Design School dengan Program College Digital Film and Media Production adalah jawaban yang tepat bila kamu sedang mencari tempat mencari pengetahuan yang bisa memberikan sekaligus praktek lapangan di dunia perfilman ini. Kami tunggu untuk bergabung, See you there!

Sumber: nofilmschool.com

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry