Blog

BAGIKAN

Rekomendasi Warna Ini Bisa Bikin Semangat Kamu Balik Lagi, Yuk Cek!

Rekomendasi warna

Kamu tahu tidak, kalau warna memiliki pengaruh terhadap suasana, perasaan, dan emosi seseorang. Pablo Picasso bahkan berkata, “Colors, like features, follow the changes of the emotions.” Perbedaan emosi ketika melihat sebuah warna disebabkan oleh brightness, shade, tint, & tone. Berikut rekomendasi warna yang bikin semangat kamu balik lagi!

Bagi seseorang, warna bisa sangat pribadi. Warna dapat menjadi media komunikasi yang menyimbolkan banyak hal, seperti kepribadian, karakter, pengalaman, atau bahkan budaya.   

Pada beberapa budaya kuno, seperti Mesir dan Cina, menggunakan warna sebagai media penyembuh yang disebut dengan “Chromoteraphy.” Chromoteraphy disebut juga dengan terapi cahaya atau colorology. Masing-masing warna memiliki rangsangan yang berbeda kepada manusia. 

Rekomendasi warna

Konsep warna juga banyak diterapkan untuk pemasaran, seni, desain, dan aspek lainnya. 

Untuk meningkatkan perasaan senang, kamu bisa memilih warna tertentu untuk diaplikasikan pada cat tembok kamar, pakaian sehari-hari, atau pun peralatan lainnya.

Warna yang berada di sekitar spektrum merah dikenal dengan warna hangat, yang membangkitkan emosi mulai dari perasaan nyaman hingga optimisme. 

Setidaknya ada 5 warna yang meningkatkan rasa semangat. Apa saja kah itu?

Merah

Merah adalah warna yang cerah dan menyala, warna ini banyak menarik perhatian orang-orang. Pada budaya Tionghoa warna merah menyimbolkan keberuntungan, kebahagiaan dan kegembiraan. Warna merah akan membuatmu bergairah dan berenergi. Sehingga warna ini dapat digunakan untuk memantik rasa semangat dalam diri. 

Merah juga dikenal sebagai warna yang berani. Kamu bisa menggunakan warna ini bila ingin terlihat lebih percaya diri dengan menampilkan sisi positif serta ceria.

Gunakanlah warna merah secukupnya hanya kepada aksen-aksen saja.

Kuning

Warna kuning berkaitan dengan perasaan cerah dan ceria. Kuning juga sering diasosiasikan dengan tawa, harapan, dan sinar matahari. Warna kuning dapat membawa kebahagiaan dan spontanitas. 

Seseorang yang menyukai warna kuning biasanya memiliki karakter yang mudah bergaul, optimis, kreatif, dan terbuka.

Warna ini juga dapat memberi rangsangan kepada otak agar lebih aktif dalam berpikir. 

Kamu bisa menggunakan warna kuning bila ingin memberi kesan yang menyenangkan.

Penggunaan warna kuning yang tidak tepat pada ruangan dapat menimbulkan rasa berlebihan bukannya rasa nyaman.

Rekomendasi warna

Oranye

Warna oranye merupakan campuran antara warna merah dengan warna kuning. Warna oranya memberikan kesan yang ceria, antusias, dan kreatif. Sama seperti warna merah, warna oranye juga dapat menarik perhatian, namun tidak terlalu kuat. 

Warna oranye memberikan kepribadian yang cerdas, bersemangat, berani, dan fleksibel. 

Namun, hindarilah penggunaan warna oranye untuk mengecat ruang belajar, karena oranye tidak begitu baik untuk memperoleh konsentrasi.

Peach

Warna peach dapat terlihat lembut atau bahkan cerah. Warna peach yang lebih pastel sering dianggap manis dan menyenangkan, sedangkan warna peach yang cerah terlihat lebih intens, berenergi, ceria, dan memotivasi. 

Warna peach mengingatkan kita dengan matahari dan musim panas. 

Warna ini memberikan kesan ceria tersendiri walaupun tidak setajam warna merah atau oranye.

Ruangan berwarna peach dapat memberikan kenyamanan, membangkitkan rasa hangat, dan gembira.

Hijau

Warna hijau menyimbolkan kesehatan, awal yang baru, dan kesegaran. Warna hijau diasosiasikan dengan alam, oleh karena itu warna ini sangat nyaman untuk dilihat, juga dapat menenangkan dan menciptakan keseimbangan. Warna Hijau dapat membantu menetralkan perasaan cemas dan membawa perasaan tenang, bahkan warna ini dianggap dapat menghilangkan stres. Kamu mungkin sering menemukan warna hijau sebagai dekorasi fasilitas medis.

Seseorang yang menyukai warna hijau diidentifikasikan sebagai orang yang tenang, logis, dan inventif.

Itu dia rekomendasi warna yang bisa membuat semangat kamu balik lagi, jadi adakah warna diatas yang kamu sukai? perpaduan warna biasanya sering dijumpai para desainer. Apakah kamu salah satu yang ingin menjadi Desainer Grafis?  IDS | International Design School menyediakan  Sekolah Desain dan Kursus Desain. Kamu juga bisa dapat gelar bachelor dari Universitas ternama di luar negeri. Kamu akan dilatih dan mengembangkan skill-mu untuk menjadi seorang desainer grafis profesional di bidangnya.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer