Blog

BAGIKAN

Mendalami Sejarah dan Perkembangan Industri Animasi di Indonesia

Industri Animasi di Indonesia

Jika mendengar kata “animasi”, seringkali yang terbayang langsung animasi buatan luar negeri seperti Jepang. Padahal ternyata, Indonesia juga memiliki animator yang sudah melanglang buana hingga ke dunia internasional loh! Seperti Roni Gani yang pernah tergabung dalam Transformer: Age of Extinction (2014) dan Rini Sugianto yang terlibat di Iron Man (2013). Selain itu, semakin banyaknya masyarakat Indonesia yang menggeluti bidang animasi pun membuat industri animasi di Indonesia semakin berkembang.

Bahkan, permintaan industri animasi Indonesia tidak hanya datang dari dalam negeri tetapi ada juga yang berasal dari luar negeri. Menurut Asosiasi Industri Animasi Indonesia (AINAKI), animasi Indonesia diekspor ke berbagai kawasan dunia seperti Asia Timur, Eropa, Amerika Utara, dan Timur Tengah.

Studio Animasi di Indonesia

Dengan berkembangnya industri animasi di Indonesia, semakin banyak pula studio animasi di Indonesia. Berikut beberapa studio animasi besar yang ada di Indonesia;

  • Animasi Studio

Studio animasi ini berfokus pada motion graphic dan video explainer dan dikenal sebagai jasa pembuatan animasi tercepat di Indonesia. Animasi Studio pernah mendapat penghargaan sebagai Best Animation Police Move Festival. Selain itu, Animasi Studio pun beberapa kali dipercaya untuk membuat animasi bagi perusahaan ternama seperti Pertamina, BNI, BI, PLN, hingga Danone.

  • Little Giantz

Familiar dengan kartun anak bernuansa Islami berjudul Nussa? Studio animasi ini merupakan studio yang menciptakan kartun tersebut. Didirikan pada tahun 2016 oleh beberapa animator yang sudah berpengalaman dan merupakan spesialis di industri CG animasi Indonesia, membuat Little Giantz menjadi salah satu studio animasi yang paling populer.

  • BASE Studio

Didirikan pada tahun 2015 di Bali dengan dinamakan Bali Animasi Solusi Ekakarsa (BASE), saat ini BASE Studio sudah diakuisisi oleh Brown Bag Films. Setelah proses akuisisi tersebut, BASE Studio diakui secara internasional untuk menghasilkan serial bagi anak seperti “Doc McStuffins” yang bisa ditonton di Disney Junior dan “The Magic School Bus: Rides Again”.

Industri Animasi di Indonesia

  • MSV Picture

MSV Picture merupakan studio animasi yang membuat “The Battle of Surabaya”. Studio yang didirikan pada tahun 2022 ini memang fokus kepada pembuatan animasi untuk keluarga dan anak-anak. Studio animasi ini pun pernah mendapatkan beberapa penghargaan di ajang internasional seperti Best Feature di Rome Independent Film serta Best Animation di Glendale International Film Festival berkat The Battle of Surabaya”.

  • Infinite Frameworks

Berpusat di kota Batam, Infinite Frameworks dikenal sebagai production house yang sudah menghasilkan berbagai produk seperti film dan serial televisi animasi skala internasional. Beberapa yang pernah diproduksi oleh studio animasi ini adalah “The Garfield Show” serta “franklin and Friends”.

  • Lanting Animation

Memiliki spesialisasi di bidang stop motion, Lanting Animation merupakan sebuah kolektif profesional sekaligus konsultan kreatif yang berlokasi di Jakarta Timur. Salah satu karyanya yang paling membanggakan adalah “Balloons” yang merupakan karya stop motion mereka dan berhasil mendapatkan Piala Citra pada tahun 2011.

  • Enspire Studio

Selain menggarap film, studio animasi ini juga fokus terhadap animasi periklanan. Enspire Studio pun membangun sekolah khusus bernama Enspire School of Digital Arts (ESDA) untuk melatih para talenta muda agar dapat menjadi animator 3 dimensi dan sudah menghasilkan sekitar 1500 talenta animator di Indonesia.

Salah satu pendiri Enspire Studio adalah Andre Surya yang merupakan sosok yang membanggakan Indonesia karena pernah berpartisipasi dalam pembuatan film Hollywood seperti Star Trek, Star Wars, Transformers, dan lainnya.

  • Studio Kasatmata

Studio animasi yang berasal  dari kota Yogyakarta ini memiliki ciri khas selalu menghadirkan unsur warisan budaya Indonesia dalam animasi yang dibuatnya. Film animasi “Homeland” merupakan salah satu karya dari Studio Kasatmata.

Melihat perkembangan industri animasi Indonesia, terutama dari studio animasi yang terdapat di Indonesia, rasanya masa depan industri animasi Indonesia terlihat akan lebih cerah. Semoga kamu bisa menjadi salah satu animator yang dapat berkancah di dunia internasional juga, seperti para animator yang tergabung dalam studi-studio animasi di atas, ya!

Ingin belajar animasi atau sedang mencari sekolah animasi? DS menawarkan program kuliah animasi yang dirancang untuk mengembangkan bakat dan kreativitas siswa, serta mempersiapkan mereka untuk sukses di dunia animasi. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk belajar dari para pakar animasi dan mengasah keterampilanmu di studio animasi yang dilengkapi dengan teknologi terkini. Daftar kuliah animasi di IDS sekarang!

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree