Blog

BAGIKAN

Intip Tips dan Cara Membuat Film Pendek Dari Sutradara Film A Perfect Day From Home

FilmFilm pendek merupakan sebuah karya film cerita fiksi yang berdurasi kurang dari 60 menit. Sempat dipopulerkan oleh Charlie Chaplin pada awal perkembangannya, film pendek memiliki ciri khas atau karakteristik yang membuatnya berbeda dengan film cerita panjang, bukan karena sempit dalam pemaknaan atau pembuatannya dianggap lebih mudah serta anggaran yang relatif minim. Selain itu, film pendek memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih luas untuk para pemainnya dan juga menjadi tantangan dalam proses penciptaannya. Lalu, bagaimana cara membuat film pendek?

Seorang sutradara film pendek berjudul A Perfect Date From Home dan juga alumnus dari IDS | International Design School bernama Jeremy Teja Sanger membagikan cerita dan tips mengenai cara membuat film pendek versinya. Film A Perfect Day From Home karya Jeremy ini mengangkat tema bahwa kesendirian merupakan hal yang paling dihindari manusia dan dibuat oleh Jeremy sebagai tugas akhir ketika kuliah. Film ini pun berhasil masuk ke dalam beberapa nominasi festival film. 

Berbekal dari pengalamannya tersebut, ada beberapa hal yang Jeremy sampaikan saat melakukan sharing session beberapa waktu lalu. Berikut beberapa di antaranya.

Proses Pembuatan Film Pendek

Ada 3 tahapan dalam proses pembuatan film pendek yaitu sebagai berikut:

  • Pre-production: proses ini merupakan proses persiapan yang terdiri dari mencari ide cerita, mengumpulkan crew dan cast, menghitung budget shooting dan mencari sponsor, membuat timeline produksi, menulis skenario, membuat konsep shooting (storyboard, shotlist, musik, suara, cinematography, dll), rapat pengembangan konsep/pre production meeting, survey lokasi shooting, persiapan teknis dan konsep di lokasi shooting, proses aktor memahami skenario (reading) dan gladi bersih (rehearsal).
  • Production: inti dari proses ini adalah dua langkah yaitu shooting dan istirahat. Proses shooting akan berjalan lancar jika pre production berjalan lancar.
  • Post production: setelah proses shooting selesai, maka proses selanjutnya yang masuk ke dalam tahap ini adalah tahap editing gambar yang berisi offline process, picture lock, online process, color grading kemudian ada juga proses editing suara, dan memasukan unsur musik dalam film. Setelah proses editing selesai maka akan menjadi digital cinema package/DCP dan siap ditayangkan.

Film

Tips Cara Membuat Film Pendek Sampai Menang Di Festival Film

Ada 5 cara membuat film pendek yang disampaikan oleh Jeremy, yaitu:

  1. Jangan melupakan proses
  2. Film yang baik dimulai dari cerita yang baik di waktu yang baik, lalu diteruskan dengan persiapan yang baik, kemudian berlanjut dengan eksekusi yang baik oleh orang-orang dewasa yang baik
  3. Sekecil apa pun skala produksinya, pastikan film yang dibuat memiliki cerita yang baik, persiapan yang baik, eksekusi yg baik, dan dikerjakan oleh orang2 dewasa yang baik
  4. Pikir dan kejar prosesnya dengan baik. Jangan mengejar kemenangan karena kemenangan semata-mata hanya bonus
  5. “Bagaimana jika sudah daftar festival film tetapi tidak lolos seleksi atau sudah lolos seleksi tetapi tidak menang nominasi?” Ingat perkataan dari Gadis Regina: “Semua film punya takdirnya masing-masing.” 

Lebih lanjut, menurut Jeremy, hal yang penting saat membuat film adalah membuat film yang berangkat dari hal yang dirasakan. Tidak perlu film yang masuk ke dalam festival film untuk menjadi filmmaker yang baik.

Pada umumnya, film memiliki director’s statement, tentang hal apa yang mau dibicarakan dalam film tersebut.  Oleh karena itu, menjadi hal yang penting untuk mencari tahu apa yang disukai dari sebuah film, kemudian buat film itu menjadi film yang kamu sukai sehingga nantinya memiliki ciri khas sendiri. Jika kamu sudah  memiliki ciri khas, maka saat penonton menonton film yang kamu buat, maka mereka akan langsung mengetahui siapa yang membuat film tersebut.  Selain itu, jangan lupa bahwa sekecil apa pun skala produksi sebuah film, pastikan film yang dibuat memiliki cerita yang baik, persiapan yang baik, eksekusi yg baik, dan dikerjakan oleh orang-orang dewasa yang baik. 

Semoga setelah membaca tips dan cara membuat film pendek dari Jeremy ini, kamu menjadi lebih semangat untuk membuat film pendek ya! Kamu juga bisa belajar mengenai cara membuat film melalui program-program yang dimiliki oleh IDS | International Design School.

Yuk daftarkan dirimu di IDS | International Design School dengan Program College Digital Film and Media Production adalah jawaban yang tepat bila kamu sedang mencari tempat mencari pengetahuan yang bisa memberikan sekaligus praktek lapangan di dunia perfilman ini. Kami tunggu untuk bergabung, See you there!

JOIN NOW!

Fast Track to International Degree