Blog

BAGIKAN

Kuasai Unsur Desain Grafis ini Untuk Menjadi Desainer Handal

Unsur design grafis

Saat mengerjakan sebuah karya desain grafis, prosesnya tidak lepas dari penggabungan unsur-unsur dasar seni rupa. Bahkan, desain grafis yang berhasil menunjukkan nilai keindahan, mampu menyampaikan isi pesannya secara efektif kepada audiens tidak pernah lepas dari unsur dasar ini.

Seperti halnya manusia yang belajar merangkak terlebih dahulu sebelum bisa berlari, penting bagi seorang desainer untuk mengetahui unsur desain grafis sebelum menghasilkan karya yang utuh. 

Berikut unsur-unsur desain beserta fungsinya.

  1. Titik

Titik adalah bagian paling kecil dari objek geometri, karena tidak memiliki ukuran tertentu. Titik berbentuk bulatan atau lingkaran yang memiliki ciri-ciri diantaranya, tidak bersudut dan tanpa arah, serta tidak memiliki panjang dan lebar. Dalam desain, titik merupakan salah satu unsur yang wujudnya tidak nampak, hanya terdapat pada ujung-ujung sebuah garis. 

Pada desain grafis titik juga berfungsi sebagai pusat dari tampilan visual, sehingga dijadikan sebagai poin menempatkan informasi utama. 

  1. Garis 

Garis merupakan pengembangan dari titik. Dari garis yang sederhana sebuah objek dapat dideskripsikan. Garis dapat berupa goresan atau batas dari sebuah benda, ruang, bidang, warna, tekstur, dan lainnya. Sebuah garis akan membimbing mata untuk mengikuti bagian dari objek. Ciri dari garis adalah memiliki panjang tanpa lebar, mempunyai kedudukan dan arah, kedua ujung garis merupakan titik, dan batas dari sebuah bidang.

Garis terbagi menjadi garis lurus, garis lengkung, dan garis kombinasi. Garis juga dapat dibedakan dari arahnya yaitu garis horizontal, garis vertikal, dan garis diagonal.

Garis dapat dikembangkan lagi menjadi objek dua dimensi atau tiga dimensi.

  1. Bidang

Bidang merupakan penggabungan dari pertemuan ujung sebuah garis atau perpotongan beberapa garis. Bidang dapat terbentuk dari pulasan warna atau nada gelap-terang. Ciri dari bidang adalah berbentuk pipih, berdimensi panjang, lebar, & luas, mempunyai kedudukan & arah, serta dibatasi dengan garis. 

  1. Bentuk

Ciri dari bentuk adalah, memiliki lebar, tinggi, dan ber diameter. 

Bentuk memiliki dua jenis, yaitu bentuk geometris, bentuk yang dapat diukur seperti kotak, segita, kerucut, dan lingkaran dan bentuk non-geometris, bentuk yang rupanya tidak dapat didefinisikan.

Unsur design grafis

  1. Tekstur

Tekstur merupakan tampilan permukaan atau corak dari suatu benda, seperti halus, kasar, atau bergelombang. Pemberian tekstur digunakan untuk memberikan kesan dan karakter. Tekstur juga digunakan untuk memperjelas keseimbangan dan kontras. 

Tekstur tidak hanya bersifat nyata, namun juga terdapat tekstur semu. Tekstur yang memiliki perbedaan antara tampilan permukaan dengan saat diraba disebut tekstur semu. 

  1. Ruang 

Ruang adalah jarak antara satu bentuk dengan bentuk lainnya. Ruang pada objek dua dimensi menunjukkan ukuran panjang dan lebar, sedangkan pada objek tiga dimensi ruang terbentuk dari volume yang memberikan kesan kedalaman. Area kosong pada desain grafis dimaksudkan untuk memberi kesan “istirahat” serta sebagai pembeda antara objek. Bayangkan bila tidak ada ruang pada desain grafis, maka hanya menimbulkan kebingungan bagi audiens karena tidak ada pusat untuk dilihat.

  1. Warna

Warna merupakan kesan yang ditimbulkan oleh pantulan cahaya yang diterima oleh mata. Pewarnaan digunakan untuk memberi identitas, menyampaikan pesan, dan menjadi pembeda satu objek dengan yang lain. 

Warna dibedakan menjadi 2 bagian yaitu Additive Color atau RGB, yaitu warna yang ditimbulkan sinar dan warna Subtractive Color atau CMYK, yaitu warna yang berasal dari tinta atau cat. 

Ingin mempelajari ilmu desain grafis lebih dalam? Namun belum menemukan sekolah desain yang tepat? Kamu beruntung bisa menemukan IDS | International Design School. IDS adalah institusi pendidikan bidang komunikasi visual. IDS menawarkan tiga program yang bisa kamu pilih, salah satunya adalah Program Digital Design & Illustration. Seperti namanya, program ini berfokus untuk menciptakan desain dan ilustrasi sebagai media komunikasi cetak atau digital. 

Ada banyak keuntungan yang bisa kamu terima bila memilih Program Digital Design & Illustration IDS, seperti memiliki keterampilan yang sesuai dengan industri kreatif, diajarkan langsung oleh guru yang profesional, hingga jembatan untuk berkuliah di Australia. 

Jangan pernah ragu untuk belajar, ambil kesempatanmu bergabung di IDS sekarang!

Sumber: pixpa.com

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry