Blog

BAGIKAN

Video Digital: Alat Marketing Terkuat di Era Digital

Konten Video

Di era digital seperti saat ini, hampir semua orang pasti pernah menonton video, tanpa memandang genre. Video merupakan hal yang umum dan dikenal oleh semua orang. Video dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu video analog dan video digital. Dalam mengikuti perkembangan zaman, kita akan membahas berbagai jenis video digital, yang sangat populer di kalangan generasi milenial.

Macam Video Menurut Jenisnya

Terdapat beberapa jenis video yang paling diminati dan dicari oleh masyarakat. Berikut adalah penjelasan singkat tentang lima jenis video yang umum digunakan:

  1. Video Animasi: Video animasi terdiri dari gambar yang bergerak, membentuk ilusi gerakan ketika objek-objek tersebut ditampilkan pada interval waktu tertentu. Animasi dapat mencakup berbagai elemen, seperti makhluk hidup, benda mati, gambar abstrak, dan teks. Video animasi digunakan dalam film kartun, produksi anak-anak, film fantasi, materi pembelajaran, dan iklan. Jenis animasi meliputi frame, vector, computational, dan morphing animation.
  2. Video Slide: Video slide memanfaatkan fitur slide yang ada di aplikasi video editor. Ini melibatkan gambar, video, teks, dan musik sebagai backsound. Video slide umumnya digunakan untuk branding produk atau presentasi bisnis.
  3. Video 3D dan 4D: Berkembangnya teknologi memungkinkan pembuatan video dalam tiga atau empat dimensi. Hal ini menciptakan pengalaman lebih nyata dan dinamis. Video 3D dan 4D biasanya digunakan dalam permainan digital dan bisa dimanfaatkan untuk keperluan bisnis.
  4. Video Company Profile: Perkenalan perusahaan atau bisnis tidak terbatas pada proposal dan brosur. Video company profile merupakan cara modern untuk memperkenalkan perusahaan. Formatnya tidak terbatas pada teks dan kertas, melainkan dapat berupa video, yang membuatnya lebih menarik dan informatif bagi calon klien atau pembeli.
  5. Video Digital Imaging: Digital imaging adalah perkembangan dari seni fotografi. Ini mencakup pengeditan seperti pemangkasan, peningkatan kontras, penambahan warna, atau bahkan perubahan warna yang dapat diterapkan pada gambar atau video. Digital imaging juga dapat menciptakan gambar tanpa objek asli. Dengan alat pengeditan yang tepat, digital imaging dapat menjadi kuat dalam menciptakan konten visual yang menarik.

Setiap jenis video ini memiliki ciri dan manfaatnya sendiri dalam berbagai konteks, termasuk hiburan, pemasaran, dan komunikasi. Perkembangan teknologi dan software pengeditan telah memberikan kemampuan lebih besar untuk menghasilkan video yang menarik dan kreatif.

Macam Video Menurut Kegunaannya

video animasi

Ada kelima jenis video yang banyak diminati dan memiliki berbagai kegunaan, di antaranya:

  1. Video Bumper: Video bumper adalah klip pendek yang berfungsi sebagai pembuka sebelum video utama. Dalam konteks televisi, bumper digunakan untuk menandakan bahwa suatu program akan dimulai lagi setelah jeda iklan. Bumper out, di sisi lain, menandakan jeda iklan sebelum program berlanjut. Namun, dalam era digital, seperti di YouTube, arti bumper telah berkembang dan tidak terbatas pada jeda iklan. Bumper dapat digunakan sebagai pengantar dalam vlog, video musik, film pendek, atau promosi produk dengan durasi singkat.
  2. Video Teaser: Video teaser adalah iklan singkat atau kumpulan gambar dan video yang bertujuan untuk menarik minat atau rasa ingin tahu tentang suatu produk. Biasanya memiliki durasi singkat, sekitar 30 detik hingga 1 menit. Perbedaan utamanya dengan video bumper adalah bahwa teaser merangkum informasi produk pada akhirnya, sementara bumper berfungsi sebagai pembuka video.
  3. Video Event: Video event digunakan untuk mempromosikan acara khusus, seperti seminar atau konser. Video ini menyajikan informasi penting tentang acara tersebut, seperti nama acara, daftar pengisi acara, tanggal, lokasi, dan cara untuk berpartisipasi dalam acara tersebut (misalnya, cara mendaftar atau membeli tiket).

Ketiga jenis video ini memiliki peran unik dalam konteks promosi dan pemasaran, dan mereka berfungsi untuk berbagai tujuan, termasuk memperkenalkan produk, membangkitkan minat, dan menyampaikan informasi acara kepada audiens.

Bagaimana Video Memengaruhi Marketing

video marketing

Hasil riset dari Millward Brown mengenai AdReaction: Video Creative in a Digital World menunjukkan bahwa masyarakat di Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu untuk menonton video digital daripada menonton televisi. Fenomena ini menyoroti betapa pentingnya video dalam era digital. Video memiliki daya tarik yang luar biasa dalam mempengaruhi cara kita mendapatkan informasi dan hiburan.

Mengapa video menjadi sangat krusial dalam era digital? Sebagaimana disoroti oleh hasil riset tersebut, video menjadi pilihan yang lebih diminati daripada membaca untuk mendapatkan informasi dan hiburan. Kemampuan video untuk menggabungkan elemen visual, audio, dan narasi dalam satu paket membuatnya lebih menarik dan dapat memberikan pengalaman yang lebih kuat kepada penonton.

Menggunakan media video sebagai alat promosi atau pemasaran produk atau jasa kamu memiliki dampak yang lebih besar daripada menggunakan teks atau metode lain. Video memungkinkan kamu untuk menyampaikan pesan kamu dengan cara yang lebih menarik, emosional, dan mudah diingat. Akibatnya, merekmu akan lebih dikenal dan melekat dalam ingatan target pasar. Dalam dunia digital yang penuh dengan informasi, video memungkinkan untuk menonjol dan terhubung dengan audiens dengan lebih efektif.

Tertarik belajar video editing? yuk gabung di Program short course Digital Video IDS Education. Program ini mengajarkan peserta bagaimana belajar mengenai video production yang memiliki fokus utama pada penyelenggaraan dan pengelolaan seluruh proses produksi video yang ditujukan untuk didistribusikan melalui internet. Dalam menggali pemahaman mendalam, para praktisi dalam industri ini mempelajari keterampilan esensial seperti analisis konten viral, seni bercerita (storytelling), strategi monetisasi untuk video yang diunggah, serta pemahaman menyeluruh terhadap ekosistem produksi video. Dengan menggabungkan elemen-elemen ini, Video Production tidak hanya mencakup aspek teknis produksi, tetapi juga merangkul keahlian strategis yang diperlukan untuk mencapai keberhasilan dalam era digital dan distribusi konten online.

Corporate Banner

Fast Track to International Degree