Blog

BAGIKAN

Berkunjung ke 5 Festival Film Terbesar di Dunia untuk Pengalaman yang Tidak Terlupakan

festival film terbesar

Festival film merupakan ajang bergengsi untuk kalangan aktor dan aktris di dunia perfilman di seluruh dunia. Para pecinta film tentunya tidak akan melewatkan festival film terbesar yang hampir diselenggarakan setiap tahunnya. Tentunya setiap festival film yang diadakan sekaligus menjadi ajang untuk mempromosikan karya film mereka masing-masing dan mendapat pengakuan internasional.

Berikut akan kita bahas 5 teratas untuk festival film terbesar dan terkenal dari seluruh dunia.

  • Festival Film Cannes – Perancis

Festival Film Cannes

Festival film yang berperan penting bagi perfilman Eropa ini menjadi festival yang sangat ditunggu-tunggu. Festival Cannes atau dalam Bahasa perancis Festival de Cannes, disebut sebagai International Film Festival hingga tahun 2002. Festival ini pertama kali diadakan pada tahun 1946, yang biasanya diadakan sekitar bulan Mei. 

Festival Film Cannes menayangkan film-film dari seluruh genre di seluruh dunia, diantaranya yang dibagi atas beberapa kategori seperti film pendek, film animasi, dan masih banyak lainnya. Festival Film Cannes dikenal dengan pegelarannya yang spektakuler dan terkenal dengan karpet merahnya yang mewah yang menjadi ajang bagi para aktor, aktris, bahkan sineas untuk menunjukan pakaian glamor mereka di karpet merah.

Penghargaan paling bergengsi di festival ini adalah Palme d’Or atau Palem Emas untuk kategori film terbaik. Dan juga penghargaan bergengsi lainnya seperti Grand Prix, Prix du Jury dan lainnya.

  • Venice Film Festival – Italia

 

Festival Film Venice

Festival Film yang memiliki sejarah panjang selama 80 tahun ini juga merupakan salah satu festival film terkenal dan bergengsi di dunia. Festival ini dimulai dari tahun 1932 oleh Giuseppe Volpi dengan nama “Esposizione Internazionale d’Arte Cinematografica” dan diadakan rutin setiap tahunya.

Festival Film Venice menjadi ajang bergengsi di dunia perfilman internasional yang menyajikan film-film terbaik dan berkualitas dari seluruh  dunia.

Penghargaan utama dalam festival ini adalah Leone d’Oro (Singa Emas) untuk kategori film terbaik yang ditayangkan selama festival dan Coppa Volpi untuk kategori aktor dan aktris terbaik yang diambil dari nama Count Giuseppe Volpi, pendiri festival ini.

  • Toronto International Film Festival / TIFF – Kanada

Toronto International Film Festival

Festival yang disingkat TIFF atau ditulis sebagai tiff adalah sebuah festival film yang diadakan setiap bulan September di Toronto, Ontario, Kanada. TIFF didirikan pada tahun 1976 dan telah menjadi festival film terbesar di Amerika Utara, tak luput ajang ini menjadi ajang penting bagi para produser film untuk menjalin hubungan di industri perfilman internasional. 

Pada tahun 2012, 372 film dari 72 negara ditayangkan di 34 layar lebar di pusat Toronto, dengan disambut sekitar 400.000 hadirin dan lebih dari 4000 adalah orang profesional di industri perfilman. Hingga sekarang TIFF menjadi salah satu acara paling ditunggu dan diidamkan di dunia perfilman dunia. 

  • Sundance Film Festival – Amerika Serikat

Sundance Film Festival

Festival Film Sundance merupakan festival film yang bertujuan untuk mempromosikan film-film independent sehingga festival ini banyak memberikan terobosan besar bagi beberapa pembuat film terkenal, seperti Kevin Smith, Roberth Rodriguez, Quentin Tarantino dan masih banyak lagi. 

Festival ini sebelumnya dikenal dengan nama Festival Film Utah/AS dan kemudian Festival Film dan Video AS. Festival ini diadakan setiap bulan Januari di Park City, Utah dan Sundance Resort. Dimana Festival Film ini dimulai di bulan Agustus 1978 di Salt Lake City, Utah sebagai festival film Utah/AS dengan tujuan menarik lebih banyak filmmaker ke wilayah tersebut. 

Festival Film Sundance ini  mengalami banyak perubahan dalam beberapa dekade, yang dimana awalnya sebuah acara untuk kreator independent dengan anggaran yang masih terbatas dan sekarang bertransformasi menjadi extravaganza media bagi bintang Hollywood, paparazzi dengan lounge mewah yang didukung oleh sponsor perusahaan besar. 

  • Berlin International Film Festival – Jerman

Berlin International Film Festival

Berlin International Film Festival, atau lebih dikenal dengan nama Berlinale, merupakan salah satu film terbesar di dunia.  Film ini diadakan pertama kali pada tahun 1951 yang rutin diadakan setiap bulan Februari sejak tahun 1978. Festival ini merupakan festival film berskala internasional tahunan yang memiliki jumlah penonton terbesar dengan sekitar 300.000 tiket terjual dan 500.000 tiket masuk setiap tahunnya. 

Berbagai program festival hingga tahun 2021 telah diadakan oleh Berlin International Film Festival ini, yang terdiri dari 9 bagian program festival yang berbeda, yang diantaranya terdapat kompetisi film berdurasi panjang yang belum dirilis di luar negara asalnya. Memperebutkan sejumlah penghargaan bergengsi dimana “Beruang Emas” adalah penghargaan tertinggi yang diberikan untuk film terbaik di Festival ini. 

Terdiri dari Beruang emas atau Golden Bar/Golden Bear dengan kategori film terbaik, film pendek terbaik, pengabdian seumur hidup. Beruang perak sebagai penghargaan pencapaian individu dalam penyutradaraan dan akting dan masih banyak kategori penghargaan lainnya.

Semua festival diatas tentunya tidak diragukan lagi kredibilitasnya dengan skala internasional menampilkan film-film terbaik dari seluruh dunia. Selain untuk ajang penghargaan tentunya festival film ini diadakan untuk ajang berkumpulnya para sineas, aktor, aktris, dan selebritas untuk berkumpul  serta mempromosikan dan menikmati film berkualitas tinggi serta bisa menjadi ajang untuk menjalin hubungan di industri perfilman internasional. 

JOIN NOW!