Blog

BAGIKAN

5 Film Horor Klasik Terbaik yang Diadaptasi dari Novel: Siap-siap Merinding!

film horor klasik

Film horor klasik yang diadaptasi dari kisah novel selalu berhasil memukau penonton dengan cerita dan alur yang mencekam dan berhasil membangun ketegangan dan membuat bulu kuduk penonton bergidik. Tak heran jika film horor yang diadaptasi dari novel terkenal dan kisah nyata akan menjadi daya tarik lebih untuk pecinta film terutama film horor. Berikut akan kita bahas 5 film horor adaptasi novel terbaik yang akan membuat kamu merasakan ketegangan yang mengerikan dan membuat adrenalinmu seperti roller coaster.

  1. The Exorcist (1973)
    The Exorcist (1973)
    Film Garapan William Friedkin ini adalah film horor klasik yang diadaptasi dari buku berjudul sama karya William Peter Blatty di tahun 1971. Kasus kerasukan yang menimpa anak laki-laki berusia 13 tahun di tahun 1949.
    Kisah menakutkan ini dimulai dari permainan papan Ouija, dimana seorang anak laki-laki bernama Roland (dalam novel) menunjukan tanda-tanda kerasukan iblis jahat yang kemudian dibantu menjalani ritual exorcisme oleh pastor Katolik, Edward Hughes. Sosok iblis yang merasuki Roland ini disebut Pazuzu, dimana Pazuzu ini dikenal memiliki kekuatan untuk membawa kehancuran dan kelaparan.Film The Exorcist ini berhasil memperoleh kesuksesan besar dengan meraup keuntungan sekitar $440 juta dan meraih banyak penghargaan diantaranya ‘Skenario Adaptasi Terbaik’.
  2. The Shining (1980)
    The Shining (1980)Film horor klasik yang merupakan adaptasi dari novel karya Stephen King yang dirilis di tahun 1980 ini berkisah tentang penulis bernama Jack Torrance yang bekerja sebagai penjaga hotel Overlook, hotel ini dahulu dibangun di situs tanah pemakaman India.The Shining dengan alur filmnya yang tak perlu maju mundur ataupun plot twist berhasil memikat pecinta film tanpa harus memberikan unsur jumpscare dan gore yang berlebihan. Dialog para pemain yang dibawakan dengan kuat dan tajam, terdengar seperti ocehan orang gila yang serampangan nanum berhasil menghidupkan setiap dialog sederhana yang terdengar mengerikan dan meneror. Film ini memakan waktu produksi hingga 5 tahun dan berhasil menjadikan karya layar lebar dengan standar film horor yang berkualitas.
  3. The Silence of the Lambs (1991)Silence of the LambsFilm Silence of the Lambs merupakan film horor lama yang tayang di tahun 1991. Film ini sukses meraih berbagai penghargaan Oscar di tahun 1992. Disutradarai oleh Jonathan Demme, genre film ini horor thriller yang menceritakan pemecahan kasus pembunuhan berantai, seorang FBI muda harus menerima bantuan dari pembunuh kanibal yang kala itu berada di penjara.Film dengan nuansa yang menakutkan dan mengganggu ini, berhasil meraih 95 persen audience score dengan jumlah rating lebih dari 250.000.
  4. Rosemary’s Baby (1968)Rosemary’s Baby (1968)Film yang bertemakan horor sekte dan iblis ini diadaptasi dari novel Ira Levin. Film ini menceritakan sepasang suami-istri yang cukup lama kesulitan untuk memiliki anak, namun keajaiban akhirnya tiba, Rosemary mengandung buah hati pertamanya dan dari sanalah Ia mengalami serangkaian mimpi buruk dan halusinasi yang mengerikan.Rosemary’s Baby berhasil menggabungkan unsur supranatural kuno dengan era modern, dengan permainan psikologis, terror alam bawah sadar akan meninggalkan rasa tidak nyaman bagi yang menonton. Karakter utama akan menularkan kegelisahan dan perasaan aneh.

    Roman Polanski, sang sutradara dapat membuat film ini dengan alur yang cukup lambat namun mencekam dengan penuh kegelisahan. Film Rosemary’s Baby yang bertemakan satanic panic ini juga disebut-sebut memulai tren bertema serupa untuk film The Exorcist (1973) dan Then Omen (1976).

  5. Carrie (1976)Carrie (1976)Carrie merupakan film drama supranatural horor yang diangkat dari novel perdana Stephen King, film ini membawa kesuksesan besar bagi  sang sutradara De Palma dan penulis novel Stephen King. Film ini bercerita tentang Carrie White, seorang gadis remaja yang kesepian dan pemalu, ibunya yang over protektif dan gila agama membawa Carrie untuk menjalani hidup yang tidak normal dan ekstrim yang semua berdasarkan pada kebutaan agama secara fanatic oleh ibunya, Margaret.

    Sebagai film bergenre horor, dengan sudut pandang dunia gaib dan kekuatan supranatural berupa kemampuan telekinesis. Cerita film ini memang straight to the point, namun berhasil membawa penonton dengan cerita yang mudah dicerna, tampilan visual dan suasana yang mencekam.

    Carrie sukses secara komersial, dengan meraup lebih dari 33,8 juta USD, dan beberapa pemainnya juga berhasil menerima nominasi award untuk film ini.

JOIN NOW!

Step by Step to Become a Product Designer