Blog

BAGIKAN

5 Keahlian yang Dibutuhkan Filmmaker Terbaik

Filmmaker

Jika kamu berpikir, dirimu memiliki keahlian yang diperlukan untuk bersaing di dunia perfilman yang sangat kompetitif ini, maka ada kabar buruk untukmu, sebab menjadi Filmmaker tidak semudah itu. Namun, jika kamu memiliki kemauan dan motivasi untuk sukses dalam profesi ini, ada keahlian khusus yang bisa kamu lakukan setiap hari demi meningkatkan peluang sukses berkarier di bidang produksi film. Ingin mengembangkan bakat sebagai filmmaker dan menjadi yang terbaik diantara profesional lainnya? Artikel ini akan membahas keahlian yang dibutuhkan filmmaker terbaik!

Untuk bisa naik ke puncak permainan pembuatan film kamu harus menguasai bakat sinematik tertentu hanya jika kamu ingin menjadi pembuat film yang luar biasa. Kamu akan membutuhkan sisi kreatif, kemampuan untuk bercerita, dan kesabaran untuk melewati pasang surut menjadi seorang filmmaker.

Selain itu, kamu juga memerlukan keahlian langsung untuk menangani komponen teknis dari posisi apa pun di set film, serta kemampuan untuk berkomunikasi dan memimpin dengan memberi contoh, yang secara keseluruhan merupakan keterampilan paling penting.

Bagian terbaik dari melatih keahlian ini adalah kamu dapat meningkatkannya sepanjang waktu. 

Filmmaker

5 Keahlian Filmmaker Terbaik yang Dibutuhkan di Industri Film

  • Kreatif

Tidak dipungkiri jika filmmaker membutuhkan keahlian khusus Jika kamu pernah melihat salah satu film Christopher Nolan, termasuk Memento, Interstellar, Dunkirk, dan Inception, kamu akan melihat bahwa masing-masing film itu secara kreativitas sangat unik. Kreatif adalah kemampuan yang sangat penting demi kesuksesan pembuatan film.

Berpikir secara bebas, tidak terikat aturan manapun, dan berbeda dari orang lain akan membedakan dirimu dalam hal pencapaian kreatif! Jangan biarkan pengajar sekolah film memberitahumu bahwa cara pembuatan film yang telah ada sejak lama adalah satu-satunya cara untuk membuat film. Itu sebabnya mereka adalah pendidik bukannya pembuat film.

Jika kamu mengkhawatirkan kemampuan kreatif dan takut tidak dapat bersaing dengan orang-orang seperti Christopher Nolan dan David Fincher, sebaiknya jangan berpikir seperti itu. Keterampilan ini sebaliknya dapat kamu kembangkan seiring berjalannya waktu.

Belajar dari para ahli di bidang perfilman terbukti efektif bagi beberapa orang dalam meningkatkan sisi kreatif. Kamu bisa melakukannya dengan dengan melihat film mereka dan menonton video youtube yang menjelaskan keunikan sutradara tersebut. Hal ini dapat membantumu metode apa yang berhasil dalam produksi film, memberi ciri khas dari yang lain, serta untuk merefleksikan apa yang bisa kamu ubah jika dirimu di posisi mereka.

Seperti yang dikatakan Quentin Tarantino, “I Steal from every single movie ever made.” “Great artist steal. They don’t do homages.”

  • Storytelling

Menjadi filmmaker membutuhkan keahlian khusus – Apakah kamu memiliki bakat untuk bercerita?

Saat berkumpul dengan banyak orang, apakah kamu bisa menarik perhatian mereka semua dengan bercerita? Mampu menceritakan kisah yang fantastis adalah aspek penting untuk menjadi filmmaker yang hebat.

Filmmaker yang hebat mampu mengkomunikasikan visi mereka kepada masyarakat umum. Kamu harus dapat berkomunikasi secara efektif untuk menghidupkan kisah tersebut, baik kepada produser yang kamu tuju, kru film di lokasi, atau aktor yang mewujudkan visi tersebut!

Saat memiliki sebuah ide, apakah kamu perlu menuliskannya? Maka kamu perlu mempelajari cara menulis skrip yang hebat dengan bagian awal, tengah, dan akhir yang kuat, serta alur karakter yang menarik.

Apakah kamu takut jika kamu tidak memiliki keahlian ini? Sebaiknya jangan khawatir, setiap filmmaker memiliki perjuangan tersendiri dalam menerjemahkan sebuah visi ke untuk menjadi sebuah skenario.

  • Keahlian Berkomunikasi dan Membangun Jaringan

Keahlian yang dibutuhkan setiap filmmaker, komunikasi adalah salah satu keahlian mendasar yang dibutuhkan filmmaker untuk mencapai keberhasilan sebagai pembuat film.

Di lokasi syuting, akan ada banyak orang yang berlomba-lomba, semuanya berusaha menyelesaikan pekerjaan. Menjadi komunikator yang baik tidak hanya membantu memahami posisimu di lokasi syuting, tetapi juga membantumu menonjol.

Sebagai filmmaker yang baik, tidak peduli peran apa yang sedang dijalankan, komunikasikan setiap hal semaksimal mungkin kepada semua orang yang mampu melakukannya.

Kepada sutradara, artis, produser yang berada di lokasi syuting kamu bisa membuat jarak aman, sebab pekerjaan mereka mengharuskan agar berkonsentrasi sepanjang waktu, tetapi jika kamu berkepribadian dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik, kamu mungkin diberi kesempatan yang tidak pernah kamu bayangkan. Dalam hal menjadi filmmaker yang hebat, keahlian komunikasi sama pentingnya dengan kreativitas.

  • Pengalaman di Set Film

Keahlian yang dibutuhkan filmmaker Jalan apa pun yang kamu pilih dalam petualangan sebagai pembuat film yang hebat, setiap filmmaker harus meningkatkan keterampilan teknisnya untuk menjadi pembuat film yang lebih baik. Meskipun kemampuan teknis dapat ditingkatkan di lokasi syuting setiap hari, memahami tugas dan pengetahuan teknis yang diperlukan untuk setiap fungsi filmmaking dapat membantumu menjadi filmmaker yang lebih baik.

Misalnya, saat bekerja sebagai asisten produksi di sebuah film yang mana setiap pengambilan gambar ditandai dengan meriam confetti. Setiap pengambilan gambar berikutnya, potongan confetti tersebut harus diambil dan memastikan set telah bersih.

Keahlian yang diperoleh sebagai asisten produksi adalah kehati-hatian terhadap orang-orang di sekitarmu, tidak peduli bagaimana pengambilan gambar yang kamu inginkan karena merekalah yang harus membersihkan setelah kamu melakukannya.

Hal lain yang ingin perlu kamu ingat adalah, mulailah membuat film sekarang! Dengan cara ini kamu dapat mempelajari setiap peran di lokasi syuting karena kamu akan bertemu langsung dengan mereka yang memiliki tugas berbeda selama produksi film.

  • Tekad Untuk Sukses

Keahlian yang dibutuhkan filmmaker kita telah memahami bahwa sejauh ini, semua talenta yang dibutuhkan untuk menjadi filmmaker sangat penting demi sukses dalam berkarier di industri film, namun ada satu keterampilan yang harus dimiliki setiap filmmaker untuk mencapai puncak industri: ketekunan!

Mengapa? Karena bekerja di industri film adalah pekerjaan yang berat dan menegangkan. Industri film seperti roller coaster; satu menit kamu berada di puncak dunia, di detik selanjutnya kamu bisa jatuh ke kedalaman jurang yang tidak pernah dibayangkan.

“The harder I practice, the luckier I get.” — Gary Player.

Untuk menjadi sukses di industri film, kamu harus bekerja keras, dan hal itu tidak akan terjadi dalam semalam, dan akan ada kemunduran yang bisa kamu alami di sepanjang jalan.

  “All overnight successes take ten years.” —Jeff Bezos

Jadi, menurutmu apa sajakah keahlian yang dibutuhkan filmmaker untuk sukses di industri film?

Jika kamu merasa belum siap, jangan khawatir karena ada begitu banyak hal yang dapat membantumu mencapai tujuan yang kamu inginkan. Salah satunya adalah IDS | International Design School yang memiliki jurusan film, di mana dengan kuliah di IDS, kamu dapat mengembangkan keahliannya, mulai dari mengasah kreativitas, melatih kemampuan untuk menceritakan sebuah cerita, mendapat pengalaman bekerja di lokasi syuting, mengetahui peran dan tugas saat produksi film, hingga berlatih untuk menjadi tekun. 

5 Keahlian yang dibutuhkan filmmaker tadi bisa kamu peroleh jika mengikuti Program Digital Film & Media Production di IDS | International Design School. Yuk sekolah film di IDS dan wujudkan impianmu menjadi filmmaker handal!

Sumber: 5 Keahlian yang Dibutuhkan Filmmaker Terbaik

JOIN NOW!