Blog

BAGIKAN

Mengenal 9 Perusahaan Animasi Terbaik di Dunia, Mana Favoritmu?

Sekolah animasi di dunia

Kamu salah satu penggemar film animasi? Film animasi merupakan salah satu jenis film yang disukai oleh berbagai kalangan. Tidak hanya anak-anak, sebagian orang dewasa pun menyukainya karena visualisasi dan ceritanya yang menarik. Hal ini tentu tidak terlepas dari kesuksesan perusahaan produksi yang menghasilkan karya terbaik untuk penggemar film animasi di seluruh dunia. Ini dia 8 perusahaan animasi terbaik di dunia yang bikin kamu terkagum-kagum!

  • Walt Disney

walt disney

Siapa yang tidak kenal film-film animasi Disney? Walt Disney didirikan pada tahun 1923 oleh Walt Disney dan Roy Oliver Disney. Perusahaan ini menjadi terkenal setelah merilis Snow White and the Seven Dwarfs (1937) yang membawanya menjadi perusahaan animasi terkemuka dunia.

Film Disney terkenal diantaranya adalah Mickey Mouse, Sleeping Beauty dan lainnya. Kunci sukses dari Walt Disney adalah selalu berinovasi memproduksi film animasi dengan jalan cerita yang mengikuti perkembangan zaman. Tidak melulu percintaan, tetapi juga keluarga, persaudaraan hingga persahabatan seperti Frozen, Moana dan The Lion King. 

  • Pixar

pixar

Di tahun 1991 Pixar memulai kerjasama dengan Disney. Sampai pada akhirnya tahun 2006, Pixar berada di bawah Disney karena menjual perusahaannya. Meski begitu, beberapa film animasi tetap dikelola langsung oleh Pixar.

Beberapa film animasi terkenal yang diproduksinya adalah Toy Story, Monster Inc, dan Finding Nemo. Film asli garapan Pixar ini tidak hanya booming tapi masuk box office di Amerika. Selain itu, beberapa film Pixar lainnya juga telah memenangkan penghargaan.

  • Studio Ghibli

Studio Ghibli adalah perusahaan animasi Jepang yang dipimpin oleh sutradara legendaris Hayao Miyazaki. Karya-karyanya telah memenangkan hati semua usia dengan gaya penceritaan yang kuat dan animasi indah dan menawan.

Beberapa karakter yang paling menakjubkan secara visual yang pernah menghiasi layar lebar datang dari tim Tokyo ini yaitu Spirited Away. Film ini  berhasil mendapatkan beberapa penghargaan di seluruh dunia, termasuk Academy Awards untuk Film Fitur Animasi Terbaik pada tahun 2002.

  • DreamWorks Animation

DreamWorks Animation

Meski baru berusia kurang dari tiga dekade, DreamWorks sudah diakui di seluruh dunia. Perusahaan animasi ini didirikan oleh pembuat film ikonik Steven Spielberg dan produser Jeffrey Katzenberg. Perusaahan ini memproduksi banyak film animasi terlaris seperti Shrek, Kung Fu Panda, Madagaskar, dan How To Train Your Dragon.

  • Nickelodeon Animation Studios

Nickelodeon Animation Studios

Dimulai sebagai perusahaan animasi kecil yang sederhana di California, Nickelodeon Animation Studios telah membuktikan kemampuan mereka untuk menciptakan karya yang menarik perhatian dengan karakter yang sering diingat dan konyol.

Tentu saja, tidak ada serial yang mampu menandingi kecerdasan dan popularitas sosok karakter berbentuk kuning yang kita kenal dengan SpongeBob Squarepants. Karakter ini sendiri telah mendapatkan lusinan penghargaan Nickelodeon, pengakuan global, dan pendapatan merchandising yang keren sebesar $13 miliar.

  • Toei Animation

Perusahaan animasi Jepang ini sebenarnya lebih tua dari yang diperkirakan kebanyakan orang, yaitu didirikan pada tahun 1948. Sejak itu, studio ini telah membuat lebih dari 100 serial animasi untuk pemirsa di Jepang dan seluruh dunia. Dragon Ball Z adalah salah satu serial mereka yang paling sukses dengan karakter Goku. Serial lainnya yang diproduksi yaitu Yu-Gi-Oh!, Sailor Moon, One Piece, dan Saint Seiya.

  • Warner Bros. Animation

Warner Bros. Animation

Saat ini Warner Bros. merupakan perusahaan film animasi Amerika terbesar dan tertua yang memiliki 3 studio – Warner Bros. Studios, Warner Bros. Ranch, dan Warner Bros. Perusahaan ini memulai debutnya pada tahun 1930-an sebagai produser serial film pendek animasi terkenal, Looney Tunes.

Selama beberapa dekade terakhir mereka telah memproduksi beberapa serial terkenal di TV program anak-anak yaitu Fox Kids dan WB, dengan acara seperti Batman: The Animated Series , Animaniacs , dan Freakazoid. Warner Bros. Animation juga memproduksi film The Lego Movie dan The Iron Giant, serta beberapa film yang sedikit lebih dewasa dari dunia buku komik DC.

  • Cartoon Network Studios

Cartoon Network Studios

Perusahaan animasi satu ini berhasil memenangkan hati dengan serial terkenalnya yaitu Dexter’s Laboratory , Samurai Jack , dan The Powerpuff Girls. Dalam dekade berikutnya juga membawa mereka lebih sukses karena serialnya seperti Regular Show dan Ben 10 yang menjadi kartun paling populer di televisi. Tidak hanya itu, serial Adventure Time, yang baru saja berakhir pada tahun 2018, telah memenangkan banyak penghargaan.

  • Illumination

Illumination

Illumination menjadi salah satu perusahaan produksi animasi paling terkenal karena kesuksesan karakter Minion. Film Minion, Despicable Me 2, dan Despicable Me 3, ketiganya masuk dalam 50 film terlaris sepanjang masa, dan enam film mereka lainnya masuk dalam 50 film animasi terlaris.

Perusahaan ini dibuat pada tahun 2007 sebagai divisi dari NBCUniversal, sebuah perusahaan film dan animasi Amerika. Beberapa karyanya adalah The Secret Life of Pets, film yang diadaptasi dari buku-buku sajak anak-anak Dr. Seuss yang terkenal di dunia; serta The Lorax – seorang pria oranye terkenal dengan kumis, dan Bagaimana Grinch Mencuri Natal.

Tertarik mendalami bidang animasi? Atau bermimpi menjadi bagian dari salah satu perusahaan animasi terkemuka dunia? Kamu bisa cari tahu lebih lanjut di Program Digital Animation & Games. Yuk, wujudkan impianmu dengan belajar di di IDS | International Design School. 

JOIN NOW!

Jago Bikin Film