Blog

BAGIKAN

Tipografi: Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Font Comic Sans

Tipografi- Alasan Mengapa Kamu Harus Menggunakan Font Comic Sans

Anak desain grafis pasti udah nggak asing kamu pasti tahu kan tentang font Comic Sans? Sebenarnya banyak artikel dan orang-orang yang membahas kalau mereka membenci font ini. Kenapa? Apa yang dilakukan oleh Comic Sans sehingga orang-orang begitu membenci font ini? Kurang lebih alasannya karena saat tahun 1990 an, orang-orang mulai memiliki komputer di rumah mereka dan bisa memilih berbagai macam font yang mereka inginkan. Font ini menjadi pilihan favorit bagi mereka. 

Karena bentuk Comic Sans yang unik dan berbeda dibanding font kaku formal yang lainnya membuat font ini banyak dipilih. Namun sayangnya orang awam yang tidak tahu apa-apa menggunakan font ini di berbagai tempat. Seperti flyer, undangan buatan sendiri, poster, label, logo, surat, dokumen formal dan informal hingga website yang dibuat oleh non profesional. 

Sehingga orang membenci font ini karena terlalu sering melihat font ini dimanapun, bahkan di tempat-tempat yang tidak seharusnya. Masih ada juga beberapa alasan lain seperti bentuknya yang lebar, kedalaman dan hal lain tentang bentuk desain dari font ini. Namun jika kamu menggunakan font ini dalam bentuk dan tempat yang benar, juga untuk alasan yang tepat. Nilai estetiknya masih bagus kok!

Kenapa kamu harus menggunakan font Comic Sans? 

comic sans

Sudah tentu jawabannya adalah karena font ini termasuk font yang unik yang digunakan di seluruh dunia. Font ini terlihat sederhana dan seperti tulisan tangan. Sangat cocok untuk menggambarkan hal-hal yang menyenangkan, bebas, dan hangat. Font ini cocok digunakan untuk label atau logo mainan.

Ada juga font Comic Sans Day yang dirayakan setiap hari jumat di minggu pertama pada bulan Juli. Dan pada hari itu kamu harus mengirim semua email, print semua tugas sampai stiker dengan menggunakan font ini. Terlebih lagi Comic Sans merupakan font default untuk Microsoft Publisher, sehingga bisa memberikan kebebasan banyak orang di seluruh dunia untuk mendesain bahan marketing dan branding mereka sendiri menggunakan font ini. 

Alasan Comic Sans Banyak Dibenci Orang 

font comic sans

Sebenarnya alasan yang paling masuk akal kenapa font Comic Sans ini banyak dibenci orang adalah karena overused, atau terlalu sering digunakan. Padahal sebenarnya, semua kembali lagi ke konten dan tujuan yang ingin dibuat dengan menggunakan font ini. Kebanyakan kritik yang didapat adalah tentang font ini yang seharusnya tidak digunakan di tempat kerja. Namun font apa yang akan kamu sarankan untuk papan nama di ruang tunggu dokter anak atau label peralatan darurat di sekolah? Atau bagaimana kamu membuat tanda yang bertuliskan “Tolong Jaga Kebersihan Toilet Kantor” tanpa terkesan agresif? Comic Sans-lah jawabannya!

Ada banyak alasan kenapa kamu harus pakai font Comic Sans ini. Salah satunya, saat kamu ingin menyampaikan sesuatu dengan penyampaian yang lebih hangat, bahagia, dan menyenangkan. Keep that in mind, designer!