Blog

BAGIKAN

Tutorial Membuat Website di WordPress

wordpress

Dengan adanya perkembangan teknologi, dapat mempermudah manusia dalam melakukan banyak hal. Banyak sekali informasi yang dapat diakses di internet. Informasi yang penting, atau tidak penting, terbaru dan sudah lama berlalu. Bahkan informasi penting yang telah terjadi puluhan tahun silam. Kita dapat mengakses informasi informasi tersebut di situs web. 

Tapi, apa itu Website? Website adalah kumpulan dari halaman-halaman situs yang terdapat dalam sebuah domain atau subdomain yang berada di dalam World Wide Web (WWW) di internet. Seseorang yang mengunjungi web tersebut tentunya memiliki alasan tersendiri. Tapi yang pasti mereka mengunjungi website tersebut karena ada yang mereka cari. Contoh website adalah Google.com dan Facebook.com.

Yang membuat website banyak digunakan adalah karena penyebaran informasinya yang begitu cepat. Apalagi tentang berita atau informasi yang sedang viral. Dengan menggunakan website, jangkauan yang dapat dijangkau oleh pengguna menjadi lebih luas, karena website dan internet tidak dibatasi oleh waktu dan jarak. 

Menurut Sholechul Azis Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui jalur internet sehingga bisa diakses di seluruh dunia selama terkoneksi dengan jaringan internet. Website merupakan komponen atau kumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi sehingga menarik untuk dikunjungi. 

Tapi sebenarnya dalam membuat website tidaklah mudah. Maka dari itu, Berikut ini adalah Tutorial Membuat Website di WordPress. 

wordpress

Apa itu WordPress?

Sebelum membahas lebih dalam tutorial membuat website menggunakan wordpress, alangkah baiknya kita mengenal apa itu WordPress. 

WordPress sendiri adalah content management system (CMS) yang diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004. Saat ini, WordPress merupakan CMS terpopuler yang menaungi lebih dari 42% website di dunia, dan angka ini diperkirakan masih terus meningkat. Dengan CMS, user bisa mengelola website dan mempublikasikan kontennya tanpa harus menguasai bahasa pemrograman terlebih dulu.

Kamu tentunya dapat menata tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di website dengan mudah. Jadi, cocok untuk digunakan untuk pemula sekalipun. Dan tentu saja gratis dikarenakan wordpress bersifat open-source. 

Namun, sebelum menggunakannya untuk membangun website, kamu perlu memilih dulu antara WordPress.com dan WordPress.org. Ternyata 2 nama tersebut memiliki fungsi yang berbeda. 

WordPress.com adalah layanan untuk membuat website dengan platform WordPress. Layanan ini sudah memberikan kamu hosting dan domain, baik versi gratis dan berbayar. Sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli domain sendiri. Tapi seperti layanan gratis pada umumnya, layanan WordPress.com memiliki banyak keterbatasan, mulai dari fitur hingga resource.

Sedangkan WordPress.org adalah website yang menyediakan platform WordPress secara gratis. Yang membedakannya dengan WordPress.com adalah, pada WordPress.org kamu perlu membeli domain dan hosting terlebih dahulu. 

Fungsi website

Pembahasan berikutnya adalah fungsi website. Tentu saja fungsi utama dari website adalah sebagai media penyampai informasi. Website juga dapat digunakan untuk mengubah pengunjung menjadi prospek. Untuk mengubah pengunjung situs web menjadi prospek, pengelola website dapat menyediakan formulir agar pengunjung dapat menyampaikan alamat email dan informasi lainnya sehingga menjadi prospek yang teridentifikasi.

Prospek ini tentunya memiliki manfaat untuk beberapa pihak, antara lainnya untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan pendapatan perusahaan, dan menjangkau lebih banyak audiens.

Berikut ini adalah fungsi website yang harus kamu ketahui:

  1. Fungsi Hiburan

Penggunaan animasi, gambar, dan elemen yang bergerak bisa menjadi daya tarik dari sebuah website. Contoh dari website ini adalah situs game online, menonton film, musik, dll.

  1. Fungsi Komunikasi 

Situs web yang mempunyai fungsi komunikasi pada umumnya adalah situs web dinamis. Jenis situs web dinamis dibuat menggunakan pemrograman web (server side) sehingga fasilitas yang disediakan meliputi fungsi komunikasi, seperti web mail, form contact, chatting form, dan sebagainya. 

  1. Fungsi Informasi 

Pada sebuah website tentunya kita akan mendapatkan banyak informasi. Hal ini dikarenakan karena fungsi utama dari sebuah website adalah sebagai media informasi. Fungsi informasi dalam sebuah website meliputi teks dan grafik yang dapat diunduh dengan cepat. Website berita merupakan contoh penerapan fungsi informasi. 

wordpress

Langkah-langkah Membuat Website Pada WordPress

Jika kamu berniat untuk belajar dan membuat website sendiri, kamu dapat mengikuti langkah langkah berikut untuk mengetahui bagaimana proses pembuatan website menggunakan wordpress.

Berikut ini adalah tutorial atau panduan langkah demi langkah tentang cara membuat website dengan wordpress. 

  1. Persiapan

Langkah pertama atau awal ketika kamu ingin membuat website adalah harus melakukan persiapan terlebih dahulu. Untuk para pemula, sering terjadi kesalahan saat membuat website.

Sebenarnya, situs WordPress.org yang dihosting sendiri merupakan solusi yang terbaik. Karena disana terdapat banyak desain template yang dapat memudahkan kamu untuk membuat situs web yang kamu inginkan. 

Walaupun WordPress gratis, yang membuat kamu harus mengeluarkan biaya adalah kamu harus harus mengatur nama domain dan hosting kamu sendiri. Nama Domain adalah alamat website yang ada di Internet. Domain inilah yang nantinya akan diketik oleh para pengguna di browser yang mereka gunakan. 

Tidak hanya domain, tetapi kamu juga memerlukan hosting untuk situs web. Semua situs web di internet membutuhkan hosting. Inilah yang akan menjadi rumah situs web kamu di internet.

Untuk harga domain yang ada cukup bervariasi, dimulai dari .com, .id, .net, dan lain lain. Jadi kamu perlu mempersiapkan biaya dan menentukan domain yang kamu inginkan. 

  1. Instal WordPress

Setelah melakukan persiapan, menentukan domain dan nama Website, langkah berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah menginstal WordPress. Tapi pastikan jika kamu telah membeli hosting terlebih dahulu. Kamu juga akan mendapatkan  detail akun yang dikirimkan lewat email yang didaftarkan. Untuk menginstal wordpress anda harus masuk ke cPanel. 

  1. Login Cpanel

Kamu dapat login cPanel Lewat Browser

Buka Browser, lalu masuk ke https://id.cpanel.net/get/login?

Ketikkan atau copy alamat cpanel yang diberikan lewat email sebelumnya pada browser. Kemudian masukkan username dan Password dan klik Login. Kamu berhasil masuk cpanel.

  1. Softaculous Apps Installer

Setelah berhasil masuk cpanel, kamu akan menemukan banyak ikon untuk melakukan berbagai hal di dasbor akun hosting. Geserlah ke bawah dan cari Softaculous Apps Installer. Klik ikon tersebut.

  1. Memilih WordPress

Setelah itu kamu akan sampai di dashboard Softaculous. Di sana terdapat berbagai macam Content Management System (CMS), karena kamu akan menginstal wordpress maka pilih WordPress.

memilih wordpress

Kemudian klik Install

instal wordpress

  1. Mengisi Konfigurasi WordPress

Setelah selesai menginstal, kamu isilah konfigurasi yang dibutuhkan.

Mengisi Konfigurasi WordPress

Software Setup

Choose the version you want to install: silahkan pilih versi wordpress tertinggi yang tersedia dengan mengklik dropdown sebelah kanan.

Choose Installation URL: pilih https:// atau https://www. jika ingin menggunakan www. Mengapa https, karena sekarang google menekankan semua situs menggunakan https demi keamanan pengguna.

Choose Domain: Jika kamu telah membeli hosting dengan domain gratis maka domain secara otomatis telah tersedia di kolom ini.

In Directory: Kosongkan agar website wordpress terinstall di dalam domain langsung.

Site Settings

Site Name: Isi dengan nama atau judul situs mu.

Site Description: Isi deskripsi pendek situs mu.

Enable Multisite (WPMU): centang jika kamu berencana menggunakan hosting tersebut untuk multi domain. Namun jika tidak biarkan saja.

Admin Account

Admin Username: Isi dengan username yang nantinya akan kamu gunakan untuk masuk ke situs mu.

Admin Password: Isi dengan password yang nantinya akan anda gunakan untuk masuk ke situs yang telah kamu buat sebelumnya. Gunakan generator password untuk menciptakan pasword yang rumit dengan menekan ikon kunci di sebelah kanan. Namun ingat, username dan password harus kamu simpan.

Admin Email: Isis dengan email yang kamu miliki.

Choose Language: silahkan pilih Bahasa Indonesia jika situs menggunakan bahasa Indonesia.

Select Plugin(s)

Limit Login Attempts: Centang jika kamu ingin memberikan Limit Login Attempts yang berfungsi untuk membatasi login user wordpress, agar website mu lebih aman.

Classic Editor: centang jika kamu masih ingin menggunakan editor klasik bukan gutenberg.

Select plugins/themes sets: kami menyarankan centang untuk Install LiteSpeed Cache agar website kamu lebih ngebut.

Advanced Options

Klik tanda “+” untuk melakukan pengaturan konfigurasi database wordpress.

Database Name: isikan nama database.

Table Prefix: isikan tabel prefix

Auto Upgrade: pilih jenis auto upgrade yang kamu inginkan

Auto Upgrade WordPress Plugins: centang jika ingin upgrade plugin otomatis.

Auto Upgrade WordPress Themes: centang jika ingin upgrade theme otomatis.

Backup Location: Biarkan default.

Apabila telah selesai, maka klik Install dan tunggu sampai selesai.

proses instalasi wordpress

  1. Instalasi WordPress Telah Selesai

Setelah proses instalasi wordpress selesai, selanjutnya akan muncul informasi domain yang kamu gunakan tadi. Untuk masuk website maka klik URL yang terdapat dalam informasi tersebut. Setelah itu kamu tinggal Login ke akun wordpress mu.

Instalasi WordPress Telah Selesai

Selamat! Kamu telah membuat situs WordPress pertama mu.

Klik tautan url situs kamu untuk menuju ke halaman login WordPress. URL login kamu akan terlihat seperti ini:

login wordpress

Kami dapat masuk ke situs WordPress yang telah kamu buat tadi menggunakan nama pengguna dan kata sandi admin.

Sekarang saatnya kita mendesain situs web mu dengan memilih berbagai theme yang disediakan wordpress.

  1. Pilih Theme WordPress

Berbeda dengan blogger, tampilan visual situs WordPress kamu dikontrol oleh theme atau tema WordPress. Tema WordPress adalah template yang dirancang secara profesional yang dapat kamu instal di situs web untuk mengubah tampilannya menjadi profesional.

Secara default, setiap situs WordPress hadir dengan tema dasar, ini akan secara otomatis terinstal ketika kamu menginstal wordpress.

Tetapi jika kamu tertarik untuk belajar desain UI, kamu dapat mempelajari nya di International Design School. IDS memiliki program studi Desain UI dan jika kamu tertarik belajar desain dan ingin menggapai impianmu menjadi Desainer, kamu bisa mengikuti program kuliah jurusan Desain UI di IDS. 

Pilih Theme wordpress

Theme wordpress gratis tersedia di menu Tema, kamu bisa menelusuri berbagai jenis theme menarik dengan mengklik menu Tambah Baru, kemudian Penyaring Fitur pada bagian subjek. Di sana tersedia Blog, Toko Online, Edukasi, Hiburan, Makanan & Minuman, Liburan, Berita, Fotografi, dan Portofolio. Atau anda bisa memfilternya pada sub menu Fitur dan Tata letak.

Setelah mendapatkan yang dicari klik Instal theme hingga selesai untuk kemudian lakukan pengaturan melalui menu Tampilan » Sesuaikan.

Namun, jika anda masih kurang puas silahkan beli theme premium dengan harga yang bervariasi menurut dana yang disediakan, tentunya dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

  1. Tambahkan Konten yang Menarik 

Tentunya untuk dapat menarik para audiens untuk membuka website yang telah kamu buat, kamu harus membuat konten yang menarik.WordPress sendiri hadir dengan dua tipe konten default, yaitu Pos dan Laman. Pos adalah bagian dari blog yang muncul dalam urutan kronologis terbalik. Sedangkan Laman dimaksudkan sebagai konten jenis statis seperti halaman tentang, halaman kontak, kebijakan privasi, dll.

Kamu dapat membuat halaman terpisah untuk blog atau bagian berita, bahkan kamu juga bisa membuat website tanpa bagian blog sama sekali. 

Menambahkan Laman Baru

Kamu akan mulai dengan menambahkan beberapa halaman ke situs WordPress. Jangan khawatir jika tidak memiliki cukup konten untuk halaman-halaman ini saat ini kamu bisa mengedit dan memperbaikinya kapanpun kamu mau. 

Sekarang buka menu Halaman » Tambahkan Laman baru di area admin WordPress.

tambah laman wordpress

Ini akan membawamu ke layar editor halaman, yang terlihat seperti ini:

halaman laman baru

Pertama, kamu perlu memberikan judul untuk halaman, misalnya ‘Beranda‘.

Kemudian di bawahnya “Mulai menulis atau … ” Tambahkan konten di editor teks. Kamu dapat menambahkan teks, tautan, gambar, video embed, audio, dll. Setelah dirasa cukup klik Terbitkan di pojok kanan atas.

Jika ingin menambahkan Laman lain seperti About, Kontak dan lainnya kamu tinggal mengulangi langkahnya.

Menambahkan Posting Baru

Buka Posts » Add New di area admin WordPress mu.

menambahkan posting baru di wordpress

Kemudian akan terbuka lembar kerja baru yang secara visual tidak jauh berbeda dengan ketika kamu membuat laman. Perbedaannya hanya terletak pada menu di bagian kanan untuk mengatur posting seperti Kategori, Tag, Gambar unggulan dan lain-lain.

Setelah selesai membuat posting baru, kamu hanya tinggal menerbitkan nya saja. Namun, jika kamu belum mau menerbitkan bisa disimpan menjadi Draf atau Konsep. Untuk melihat tampilannya bisa menggunakan Pratinjau di kanan atas dekat tombol Terbitkan.

pratinjau posting wordpress

  1. Menyesuaikan Situs

Setelah kamu membuat beberapa konten di situs web, dengan menggunakan menu Tampilan » Sesuaikan 

Kamu  dapat mengatur dan meletakkan semuanya agar website anda terlihat rapi dan menarik.

Menu Sesuaikan setiap template berbeda-beda, jadi pahamilah setiap theme yang kamu gunakan.

Menyiapkan Halaman Depan Statis

Kamu perlu mengunjungi halaman Pengaturan » Membaca 

di area admin WordPress. Di bawah opsi ‘Tampilan beranda kamu’ klik pada halaman depan statis dan kemudian pilih ‘Halaman Statis‘ yang kamu buat sebelumnya.

Menyiapkan Halaman Depan Statis wordpress

Jangan lupa untuk mengklik tombol ‘Simpan Perubahan‘ untuk membuat perubahan pada website kamu.

WordPress sekarang akan menggunakan halaman berjudul ‘Home‘ sebagai halaman depan situs kamu dan halaman ‘Blog‘ untuk menampilkan posting blog yang kamu buat.

Ubah Judul Situs dan Tagline

Selama instalasi, kamu bisa memilih judul situs yang kamu buat. WordPress secara otomatis menambahkan baris tag ke judul situs mu.

Kamu dapat mengubah judul dan tagline situs mu setiap saat dengan mengunjungi halaman Pengaturan » Umum.

Pengaturan umum wordpress

Judul situs kamu akan menjadi nama situs web mu. Baris tag biasanya berupa satu baris deskripsi pendek yang menggambarkan situs. Jangan lupa untuk mengklik tombol simpan perubahan untuk menyimpan pengaturan.

Siapkan Pengaturan Komentar

WordPress hadir dengan sistem komentar built-in yang memungkinkan pengguna meninggalkan komentar pada postingan web mu. Ini bagus untuk keterlibatan pengguna, tetapi juga bisa menjadi target pengirim spam, jika tak yakin lebih baik di nonaktifkan.

Membuat Menu Navigasi

Menu navigasi adalah elemen penting dalam sebuah website, karena ini akan memudahkan pengguna menjelajahi halaman yang dicari. WordPress hadir dengan sistem menu navigasi yang kuat, dan tema WordPress menggunakan sistem ini untuk menampilkan menu.

Untuk membuat menu sebuah website di wordpress Tampilan » Menu » membuat menu baru.

membuat menu wordpress

Struktur menu: Ketikkan nama menu, ini hanya untuk mempermudah kamu membedakan jika nanti kamu membuat beberapa menu, misalnya menu untuk header dan footer.

Pengaturan Menu: pilih Lokasi penayangan yang meliputi Menu Utama (Saat ini diletakkan di: Header Menu) Secondary Menu Off Canvas Menu (Saat ini diletakkan di: Header Menu). Pilih salah satu, dua, atau ketiganya sesuai keinginan dengan mencentangnya. Ingat, menu setiap theme bisa berbeda.

Tambahkan item menu

Untuk menambahkan item menu, ada beberapa pilihan yang meliputi: Laman, Pos, Taut tersesuai, Kategori, dan Format.

item menu

Kamu bisa menggeser ke bawah atau ke atas menu yang sudah jadi hanya dengan drag dan dop, tekan tahan dan pindahkan. 

  1. Menginstal Plugin

Plugin banyak disukai oleh banyak orang, hal ini dikarenakan Plugin akan mempermudah menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan praktis. Plugin WordPress mirip dengan aplikasi yang memungkinkan kamu menambahkan berbagai fitur penting ke situs WordPress, seperti formulir kontak, galeri foto, dll.

Saat ini ada lebih dari 49.000 plugin gratis yang tersedia untuk WordPress. Ada juga plugin berbayar yang dijual oleh situs web dan pengembang pihak ketiga.

Tetapi, walaupun plugin dapat membuat website semakin menarik, saya tidak merekomendasikannya. Kebanyakan dari pemula akan menginstal setiap plugin yang terlihat bagus. Namun hal ini justru akan membuat website menjadi semakin lemot. 

Hal ini tentu saja akan mengganggu para pengguna yang sedang berselancar di website mu. Bayangkan jika anda menginstal 10 plugin, maka space hosting dan database kamu akan sedikit demi sedikit mendekati penuh yang nantinya akan mengakibatkan lambatnya website. 

Itulah Tutorial Lengkap Cara Membuat Website Di WordPress. Membuat website memang sedikit sulit, tetapi ketika itu berhasil dan website mu dikunjungi oleh banyak orang. Hal ini bisa menjadi kebahagiaan tersendiri. Dan tentunya kamu dapat memanfaatkan hal ini untuk membuat suatu prospek yang dapat menguntungkan dirimu.

Sumber: hostinger.co.id