Blog

Apa itu Anime? Ketahui Pengertian, Sejarah, dan Faktanya

Anime

Saat ini, masyarakat dunia sangat menggemari film yang dibuat dan diperankan oleh sebuah karakter animasi. Film ini dikenal sebagai anime. Di Indonesia sendiri, penggemar film anime tidak kalah banyak. Namun, masih banyak dari mereka yang belum mengerti apa itu anime.

Artikel ini akan membahas tentang segala hal yang perlu kamu ketahui tentang apa itu anime, termasuk definisi, sejarah, dan fakta-fakta yang ada di dalam anime. Simak ulasannya sampai tuntas.

Definisi Anime

Mengutip dari laman nofilmschool.com, istilah anime mengacu pada gaya animasi yang berasal dari Jepang. Anime sangat kental dengan gayanya yang penuh warna, berkarakter energik dan plot yang berorientasi pada adegan aksi. Selain itu, anime sangat kental dengan cerita fantasi yang berorientasi pada masa depan.

Karakter anime sendiri biasanya digambarkan dengan watak yang sangat kuat dan emosional. Selain itu dari segi fisik mereka biasanya akan memiliki bentuk mata dan mulut yang sangat besar dan lebar.

Animator Jepang biasanya akan menggambarkan karakternya memiliki ekspresi yang datar dan gerak bibir yang tidak sesuai dengan dialog yang sedang dibicarakan. Keunikan anime Jepang dalam dunia film animasi membuat mereka berhasil menguasai 60 persen konten animasi di seluruh dunia.

Ditinjau dari bahasanya, kata anime sendiri merupakan kependekan dari animeshiyon, yang dalam bahasa Inggris disebut sebagai animation. Istilah tersebut mulai digunakan pada tahun 1985, dan sebelumnya mereka lebih sering menyebut istilah anime dengan sebutan ‘Japanimation’.

Secara singkat anime adalah film animasi yang diproduksi oleh Jepang yang dibuat dengan menggunakan teknologi komputer. Anime pada dasarnya menggunakan bahasa Jepang, dan pada akhirnya akan diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa di dunia.

Sejarah Anime

Setelah mengetahui apa itu anime, maka selanjutnya kamu juga perlu mengetahui sejarah anime. Dikatakan bahwa animasi Jepang sudah dibuat sejak sekitar tahun 1917, namun konsep animasi dahulu berbeda dengan anime yang sekarang kita kenal dan tonton di berbagai tayangan.

Animasi yang seperti sekarang ditonton di seluruh dunia mulai dikembangkan pada tahun 1960-an. Tokoh yang menjadi pelopor perkembangan anime modern adalah seorang kartunis bernama Osamu Tezuka. Dari dia, para kartunis lain menirukan gayanya dan hingga kemudian berkembang sampai saat ini.

Perkembangan anime di Jepang mulai merambah pada tahun 1961. Pada tahun itu, berdiri beberapa studio animasi terkemuka di Jepang yaitu Mushi Productions yang didirikan oleh Osamu Tezuka. Selanjutnya pada 1 Januari 1963 karya pertamanya muncul di stasiun televisi Jepang. Bahkan, Osamu mendapatkan julukan God of Manga atau Dewa Manga.

Seiring dengan berjalannya waktu. Orang-orang mulai menyukai anime. Anime mulai dikenal dan masuk di acara TV siang hari di Jepang sampai merambah pada komik, novel, video game, dan film yang didistribusikan secara luas.

Anime Jepang memiliki karakter yang khas dibandingkan dengan film animasi yang diproduksi oleh Barat. Anime tidak terlalu fokus pada gerakan dan lebih mengedepankan detail pengaturan dan efek kamera seperti panning, zooming, dan angle shot. Selain itu, anime Jepang juga berfokus pada warna atau grafik yang penuh aksi.

Saat ini, persebaran anime di seluruh dunia kian masif. Di Indonesia sendiri, TVRI pertama kali menayangkan anime berjudul Wanpaku Omukashi Kum Kum pada tahun 1970-an dan popularitasnya kemudian semakin meningkat. Kini anime sudah menjadi tontonan sehari-hari masyarakat Indonesia dengan berbagai genre.

Anime

Fakta-fakta Anime

Sebagai salah satu tayangan yang menjadi favorit banyak orang, popularitas anime sangat meningkat pesat. Ada beberapa fakta tentang penonton anime yang perlu kamu ketahui:

  1. Pada tahun 2021, 36 persen atau 2,88 miliar penonton menyukai tayangan anime Jepang.
  2. Pada 2020, lebih dari 100 juta rumah tangga di seluruh dunia menonton setidaknya satu dari judul-judul anime di Netflix.
  3. Anime adalah film terlaris ketiga di dunia dengan permintaan 5,5 persen.
  4. Sekitar 33 persen orang Jepang mengaku sering menonton anime atau membaca manga.
  5. 90 persen anak muda Jepang mengaku bahwa mereka semua menonton anime.
  6. Film paling laris sepanjang masa adalah Detektif Conan.
  7. Industri anime pada tahun 2020 mencapai angka 2,4 triliun yen atau 22,5 miliar USD.
  8. Pada tahun 2022, database Jepang memiliki lebih dari 136.700 judul anime yang berbeda.

Demikian adalah penjelasan tentang apa itu anime yang memuat tentang pengertian, sejarah, dan fakta-fakta penonton dan perkembangan anime. Sejauh ini, anime masih menjadi film animasi nomor satu yang paling banyak ditonton oleh orang di dunia. Hal ini masuk akal karena anime memiliki karakteristik dan cerita yang unik dan khas.

Kalau kamu tertarik dengan anime dan ingin belajar animasi, IDS | International Design School menyediakan sekolah animasi sebagai jalan kamu mendalami passion kamu dalam dunia animasi. Kamu juga bisa mendapatkan gelar bachelor dari universitas ternama di luar negeri lewat program Pathway.

Sumber: Apa itu Anime? Ketahui Pengertian, Sejarah, dan Faktanya

JOIN NOW!

Open Day - Discover your creative
Getting into film and digital vidio industry